Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah semua aktivitas atau kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, dan mengelola keuangan perusahaan.

Financial management adalah kegiatan manajemen yang bertujuan untuk mengelola dana maupun aset-aset yang dimiliki perusahaan untuk dimanfaatkan pada hal-hal atau kegiatan yang membantu tercapainya tujuan utama perusahaan tersebut, yaitu profit.

Dalam perusahaan atau bisnis, manajemen keuangan memiliki 3 aktivitas utama yang dilakukan oleh manajer keuangan yaitu:

  1. Perolehan dana
  2. Aktivitas penggunaan dana
  3. Pengelolaan aktiva

Ketiga hal tersebut berkaitan dengan sumber dana internal maupun eksternal perusahaan. Modal kerja dan kepemilikan saham juga termasuk tugas dalam manajemen keuangan. Lebih dalam tentang tujuan dan peran financial management dalam bisnis akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.

Menurut Bambang Riyanto, pengertian manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan dengan biaya minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan, serta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

Menurut J. L. Massie, pengertian manajemen keuangan adalah aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan menggunakan dana yang diperlukan untuk kegiatan operasional yang efektif dan efisien.

 

Referensi:

  • Manroe. (2017). Pengertian,fungsi,dan tujuan manajemen keuangan.
  • Anitasari, N. (2017). Pengertian Manajemen Keuangan.
  • Rustika, A. (2016). Pengertian, fungsi, tujuan,dan ruang lingkup manajemen keuangan.
  • Wadiyo. (2019). Pengertian Manajemen keuangan:   konsep, aplikasi dan  perkembangannya.
  • Budi, O. (2019). Pentingnya Manajemen Keuangan.