Chief Operating Officer

COO suatu perusahaan adalah orang yang memastikan bahwa operasinya berada di jalur yang benar dan sejalan dengan strategi dan visi perusahaan. COO melapor langsung ke Chief Executive Officer (CEO) dan mengkomunikasikan pesannya. Dengan demikian, Chief Operating Officer adalah yang kedua di dalam perusahaan.

Sementara daftar tugas yang ditugaskan untuk petugas operasi sangat bervariasi dengan industri dan struktur organisasi yang berbeda, beberapa tugasnya meliputi:

  • Terus memberi tahu CEO tentang operasi dan acara harian
  • Membuat dan menerapkan strategi dan kebijakan
  • Menjaga tenaga kerja sejalan dengan visi / sasaran bisnis perusahaan
  • Memastikan komunikasi yang tepat dalam organisasi
  • Lengkapi CEO sesuai kebutuhan

Seorang Chief Operating Officer (COO) adalah anggota tim eksekutif organisasi. Mereka menangani administrasi sehari-hari dan operasi bisnis. Dengan pelatihan, pengalaman, dan keterampilan yang tepat, seorang individu dapat mengisi peran ini dalam berbagai organisasi, seperti bisnis nirlaba, organisasi nirlaba, entitas pemerintah, atau sekolah. COO biasanya memiliki tanggung jawab pengawasan keseluruhan untuk semua operasi entitas.

COO dapat juga disebut Wakil Presiden Operasi. Sebagai yang kedua dalam komando kepada CEO, posisi COO ditugaskan untuk memberikan kepemimpinan, manajemen, dan visi untuk memastikan bahwa bisnis memiliki orang-orang yang efektif, kontrol operasional, dan prosedur administrasi dan pelaporan yang berlaku. COO harus membantu menumbuhkan perusahaan secara efektif dan memastikan kekuatan keuangan dan efisiensi operasinya.

Chief Operating Officer atau COO yang berpengalaman untuk mengawasi operasi dan prosedur organisasi yang sedang berlangsung. Posisi ini akan menjadi orang kedua di perusahaan dan bertanggung jawab atas efisiensi bisnis.

Peran COO adalah anggota kunci dari tim manajemen senior, yang hanya melapor kepada Chief Executive Officer (CEO). Mempertahankan kendali atas operasi bisnis yang beragam, jadi diharapkan jika anda diposisi ini harus menjadi pemimpin yang berpengalaman dan efisien. Juga memiliki keahlian orang-orang hebat, ketajaman bisnis.

Referensi :

http://idemotivasibisnis.blogspot.com/2019/06/apa-itu-chief-operating-officer-coo.html

https://id.techinasia.com/sifat-penting-coo-perusahaan

https://resources.urbanhire.com/chief-operating-officer-job-description/

https://www.investopedia.com/terms/c/coo.asp

https://id.quora.com/Apa-yang-dilakukan-COO-Apa-perbedaannya-dengan-CEO