Apa itu Entrepreneurship

Entrepreneurship adalah keyakinan kuat yang ada dalam diri seseorang untuk mengubah dunia melalui ide dan inovasinya. Keyakinan ini kemudian ditindaklanjuti dengan keberanian mengambil risiko mewujudkan ide dan inovasinya tersebut melalui organisasi yang didirikanya, mulai dari membangun, memelihara, dan mengembangkannya sampai menghasilkan dampak nyata bagi dunia.

Terdapat beberapa kriteria seseorang entrepreneurship, yaitu:

  • Memiliki keyakinan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik
  • Suka berinovasi dan menemukan ide – ide baru yang membuat kehidupan lebih baik
  • Mendirikan organisasi, lembaga, perusahaan sendiri (dikenal sebagai founder)
  • Berani mengambil risiko untuk mewujudkan ide dan inovasinya
  • Berorientasi pada value daripada

Ada juga teori dari para ahli yang mendefinisikan entrepreneurship, seperti:

  1. Menurut Drs. Joko Untoro kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atas dasar kemauan, dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
  2. Menurut Ahmad Sanusi (1994) kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.
  3. Menurut J. Leach Ronald Melicher kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga).
  4. Menurut Soeharto Prawiro (1997) kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.
  5. Menurut Eddy Soeryanto Soegoto kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya berguna bagi orang lain.
  6. Menurut Peter F Drucker (1959) kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
  7. Menurut Tomas W Zimmerer (1996) kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.
  8. Kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup. (Soeparman Spemahamidjaja, 1977).
  9. Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. (S. Wijandi, 1988).
  10. Kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment). (Richard Cantillon, 1973).
  11. Menurut Siswanto Sudomo (1989) Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.
  12. Kewirausahaan menurut  Savary adalah, asal kata kewirausahaan adalah Entrepreneur, seperti yang terdapat dalam bukunya yang berjudul “kamus dagang”, definisi dari entrepreneur adalah orang yang membeli suatu barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa guna ekonomisnya akan dijual.
  13. Menurut Harvey Leibenstein kewirausahaan mencakup berbagai kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan dan menciptakan perusahaan pada saat dimana pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen fungsi produksinya belum teridentifikasi secara penuh.
  14. Definisi kewirausahaan menurut A. Pekerti (1999) adalah kemampuan seseorang dalam mendirikan, mengatur, mengembangkan dan melembagakan perusahaan yang dimilikinya.
  15. Menurut Robin (1997) definisi dari kewirausahaan yaitu suatu proses yang dilalui oleh seseorang yang bertujuan untuk mengejar peluang/kesempatan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui suatu inovasi, tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka atur.

Referensi :

Safitri, E. (2016). Entrepreneurship menurut para ahli.

Rahmawan. A. (2018). Apa itu entrepreneurship?

Rusmiwati. (2018). Apa yang dimaksud entrepreneurship?

Bayu, L. (2017). Pengertian Kewirausahaan (entrepreneurship).

Kiswahyu. (2018). Entrepreneurship.