5 KIAT SUKSES DALAM BERBISNIS CLOTHING LINE BERBASIS ONLINE
Di era yang semakin maju, semakin banyak pula bisnis yang bermunculan. Hal ini membuat kita semakin bingung untuk memulai bisnis di industri apa. Manusia memiliki 3 (tiga) kebutuhan dasar pokok yaitu sandang, pangan, dan papan. Oleh karena itu, salah satu industri bisnis yang tidak pernah ada matinya adalah industri fashion.
Dewasa ini industri fashion sudah banyak bermunculan, mulai dari brand lokal sampai internasional. Hal ini membuat pebisnis baru yang memulai bisnisnya di bidang fashion khususnya clothing line semakin kecil peluangnya untuk bisa mencapai kesuksesan yang sejati. Bersaing dengan brand-brand yang sudah sukses dan mendunia tentunya merupakan tantangan yang tidaklah mudah.
Berikut adalah 5 (lima) tips kiat sukses untuk berbisnis clothing line:
- Sebelum memulai bisnis, rumuskan dahulu target pasar dan cara memasarkan produk Anda!
Memulai bisnis bukanlah suatu hal yang hanya untuk dicoba-coba , melainkan harus ada perencanaan yang matang di dalamnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan segmenting, targeting, dan positioning dalam brand yang Anda miliki. Anda harus mengetahui dengan jelas untuk siapa produk Anda dibuat supaya apa yang dibuat sesuai dengan target pasarnya. Selain itu, Anda harus mengetahui juga bagaimana strategi untuk memasarkan dan mempromosikan produk tersebut agar bisa sampai ke target pasar. Mengingat bisnis ini berbasis online, maka Anda harus digunakan strategi yang sesuai dengan bisnis online pada umumnya. Kemudian, analisis juga apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan brand Anda jika dibandingkan dengan brand lain. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengambil kesempatan dan menghindari ancaman yang ada. Jadi, perencanan dan riset pasar merupakan salah satu hal yang paling penting sebelum melakukan hal lainnya.
- Buatlah pakaian yang unik untuk menarik simpatik!
Cukup banyak konsumen yang mencari pakaian di toko online dikarenakan desainnya yang unik atau tidak pasaran. Keunikan sebuah desain baju memang jadi modal utama jika ingin produk Anda dilirik konsumen. Keinginan dari konsumen untuk tampil modis dan berbeda dari yang lain merupakan salah satu nilai tambah untuk memenangkan hati mereka. Maka, carilah referensi desain sebanyak-banyaknya di Internet agar dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi untuk mendapatkan desain baru yang lebih unik dan menarik.
- Pilihlah artis yang siap dijadikan sebagai endorser atau brand ambassador produk Anda!
Menggunakan artis atau pun selebgram (selebriti instagram) merupakan salah satu cara jitu untuk meningkatkan jumlah penjualan Anda. Pasalnya, memanfaatkan popularitas orang yang sudah terkenal dan memiliki banyak pengikut akan mempermudah kita untuk memperkenalkan produk yang kita. Anda dapat menghubungi artis yang karakternya sesuai dengan produk yang Anda miliki, kemudian menyuruh mereka untuk memposting foto atau video mereka ketika sedang menggunakan produk Anda ke media sosial yang mereka miliki. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk yang dipakai oleh banyak clothing line.
- Jika modal pas-pasan, gunakanlah sistem pre–order agar usaha Anda tetap jalan!
Tidak memiliki cukup modal merupakan salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh pengusaha di awal bisnisnya. Namun untuk bisnis clothing line, hal ini masih bisa diatasi dengan cara pre–order. Pre–order adalah cara untuk menjual suatu produk dengan mengumpulkan terlebih dahulu pembeli yang ingin membeli produk yang Anda jual, kemudian menyuruh mereka untuk membayar terlebih dahulu barang yang mereka inginkan. Setelah pembayaran dilakukan, barulah Anda memesankan atau memproduksi produk yang konsumen Anda inginkan. Jadi kalau dihitung-hitung, berarti Anda melakukan bisnis tanpa menggunakan modal karena sudah dimodalkan oleh konsumen Anda sendiri.
- Pebisnis yang sukses adalah mereka yang dapat melihat peluang!
Sebagai pebisnis yang cerdas, Anda harus dapat memanfaatkan momen-momen yang ada dan sedang terjadi di sekeliling Anda. Misalnya saja sekarang ini sedang terjadi momen-momen menjelang bulan suci Ramadhan, maka Anda dapat membuat pakaian dengan ‘edisi khusus’ bulan Ramadhan. Hal ini dapat menarik simpatik konsumen untuk membeli pakaian di tempat Anda karena konsumen juga membutuhkan pakaian tersebut untuk momen yang sedang terjadi. Selain itu, hal-hal yang sedang happening dan banyak dibicarakan orang dapat Anda tuangkan lewat desain pakaian Anda.
Demikinlah 5 (lima) cara untuk dapat mendongkrak popularitas brand Anda. Selamat Mencoba.
Sumber :
Silaen, P. (2015). 7 Strategi Jitu Mengembangkan Bisnis Clothing Line Milikmu. Retrieved 06 02, 2017, from Hipwee Web site: http://www.hipwee.com/sukses/7-strategi-jitu-mengembangkan-bisnis-clothing-line-milikmu/
Comments :