LAUNCH

Artikel ini menyambung pembahasan sebelumnya mengenai langkah-langkah yang sebaiknya diambil oleh calon pengusaha dalam memulai berbisnis. Bertujuan agar para calon pengusaha setelah menggunakan langkah ini dapat memulai membuka dan menjalankan bisnis yang diinginkan dengan baik dan lancar. Langkah-langkah sebelumnya yang sudah dibahas adalah Focus, Observe, Redo, Modify dan Analyze. Sekarang langkah terakhir yang diambil adalah langkah Launch atau meluncurkan. Langkah ini menceritakan bahwa saat calon pengusaha mempunyai ide dan minat untuk membuka beserta menjalankan sebuah bisnis, mereka mengalami kendala dimana apa yang sudah dilakukannya mengalami kebuntuan, dalam arti kebanyakan calon pengusaha terhenti langkahnya dalam mengkonseptualkan bisnis yang diinginkan, tidak lebih dari itu. Kebanyakan calon pengusaha hanya berangan-angan dan tidak melakukan langkah berikutnya.

 

Langkah berikut ini banyak ditakuti oleh para calon pengusaha dikarenakan langkah ini mengharuskan ide bisnisnya menjadi kenyataan, tidak hanya dalam bentuk produk akan tetapi juga pelaksanaannya meliputi tidak lagi hanya fokus membuat sebuah prototipe produknya saja, akan tetapi untuk memastikan produk tersebut berfungsi dan siap diproduksi secara masal. Atau untuk yang berfokus dalam jasa, jasa tersebut harus bisa dijalankan. Langkah berikutnya mereka sudah harus menjalankan kegiatan pemasaran yang sudah disiapkan seperti kegiatan pemasaran, media pemasaran, bentuk pemasaran itu sendiri dan sebagainya. Berikutnya mengatur kegiatan operasional dalam menjalankan usahanya, seperti mengatur jam operasional usaha tersebut dibuka, pembuatan dan penetapan Standart Operational Procedure (SOP) sehingga pelaksanaannya tertata rapi dengan harapan berjalan dengan baik di lapangan.

Bagi yang membuka usaha yang menggunakan tempat, maka diharuskan sudah memiliki tempat untuk usahanya tersebut, tidak mengapa harus membukanya dan menjalankannya di rumah sendiri, sehingga menekan biaya, waktu, mudah dijangkau dan kegiatan operasional yang dibutuhkan. Banyak pengusaha-pengusaha ternama dan besar juga memulai usahanya dari rumah sendiri. Apalagi didukung dengan lokasinya yang dekat dengan sumber bahan baku produknya, begitu juga dengan pangsa pasar yang ditujukannya. Kegiatan promosi yang dilakukan juga bertujuan untuk mengenalkan produk atau jasa kepada para calon pembeli dan lokasi dari usaha tersebut.

Akan tetapi lain hal apabila anda membuka usaha secara online, maka diharuskan mempunyai situs online yang menggunakan alamat yang mudah diingat bagi pengunjung dan calon pembeli. Situs online yang dimiliki dengan fungsi-fungsi sebagaimana sebuah situs berbelanja online dimana berjalan tanpa ada gangguan. Penerapan sambungan khusus ke bagian customer service, apabila ada calon pembeli yang ingin menanyakan perihal produk atau jasa yang diperjual-belikan. Atau apabila tidak sanggup membangun situs berbelanja online sendiri, terdapat alternatif lainnya dengan cara bergabung menjadi salah satu vendor di situs berbelanja online lainnya yang sudah besar. Tentunya berarti dengan bergabung ke situs berbelanja online besar, maka harus melakukan juga promosi-promosi untuk bersaing dengan vendor-vendor lainnya yang mungkin menjual produk atau jasa yang sama, dan juga persaingan harga yang dilakukan untuk mendapatkan pelanggan.

Dengan melakukan langkah terakhir ini, maka calon pengusaha telah menaikkan dirinya dari hanya seoarang calon pengusaha, yang hanya melakukan perencanaan dari awal, persiapan, sekarang menjadi seorang pengusaha, yang telah memiliki usaha berikut menjalankannya sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkannya.