Action Figure-preneur (Part 1)

Dalam bukunya Introduction to Entrepreneurship, Barringer dan Ireland menulis tentang definisi dari entrepreneurship.

Menurut Academic Definition (Stevenson &Jarillo)

Entrepreneurship is the process by which individuals pursue opportunities without regard to resources they currently control.

Menurut Venture Capitalist (Fred Wilson)

Entrepreneurship is the art of turning an idea into a business.

Saat ini adalah era dimana entrepreneurship menjadi fenomena yang berkembang secara global, banyak cerita tentang perjalanan entrepreneur entrepreneur sukses di berbagai belahan dunia, dan diberbagai bidang industry. Saat membaca konsep entrepreneurship dari Barringer dan Ireland, sebagai seorang penggemar pop culture, saya teringat tentang perjalanan dari seorang entrepreneur di bidang industry mainan, ya industry mainan, produk dari perusahaan nya adalah mainan, lebih tepat nya adalah collectable action figure, dengan brand Hot Toys.

Sosok entrepreneur dibalik Hot Toys adalah Howard Chan. Karir Howard Chan sebelum nya adalah screen writer di stasiun TVB Hong Kong. Tahun 1998 , Howard Chan dengan berbekal hobi nya sebagai kolektor action figure, dia membuka toko di Causeway Bay, Hong Kong dengan nama Cool Toys, dimana dia menjual  figure figure militer dan Star Wars. Saat itu di pasar action figure sudah banyak brand brand terkenal yang memproduksi action figur 1/6, seperti Hasbro, Ultimate Soldier, dan lainnya. Howard Chan sebagai penggemar action figure, melihat bahwa saat itu belum ada action figure 1/6 dengan detail realistis, dan kesan realistis yang seperti ia kehendaki.  Action figure 1/6 dengan detail realistis dan kesan realistis ini yang menjadi opportunities yang dilihat oleh Howard Chan saat itu, dan masih sedikitnya produsen mainan local di Hong Kong, juga Howard Chan memprediksi bahwa market dari figure kolektor ini nantinya kan berkembang dan bertumbuh dengan besar .  Tahun 2000, Howard Chan mencoba untuk  mengejar opportunities yang dia lihat dengan mencoba untuk mem produksi sendiri figure mainan nya sendiri, produksi pertamanya adalah action figure pilot pesawat militer F-14 Tomcat dengan skala 1/6 dengan detail yang luar biasa mirip dengan aasli, dan kesan realistis yang bagus dibandingkan mainan acton figure yang ada saat itu. Howard Chan mengambil risk dengan membuat lini produksi mainan action figure nya sendiri, lini produk pertamanya diproduksi sebanyak 5.000 pieces, biaya dari produksi nya diambil dari segala tabungan yang ada saat itu. Dalam produksi lini produk pertamanya, Howard Chan sampai menginap 3 hari 3 malam di pabrik di Dong guan, agar produknya mendapatkan detail visual seperti yang ia harapkan. Lini produk pertama nya mempunyai detail visual yang baik, bahkan salah satu bagian nya, yaitu walkie talkie dari action figure pilot pesawat militer F-14 Tomcat didesain dengan presisi detail yang mirip dengan aslinya. Kerja keras dan pertaruhan dari Howard Chan membuahkan hasil , dimana 5.000 action figure pertamanya habis terjual di pasaran. Howard Chan mengubah bisnis nya dari toko penjual figure menjadi produsen figure dengan nama perusahaan Hot Toys,  action figure pilot pesawat militer F-14 Tomcat tersebut menjadi lini produk pertama dari Hot Toys. Saat ini action figure tersebut menjadi barang yang dicari para kolektor.

Referensi:

http://www.starwars.com/news/the-art-of-action-figures-an-interview-with-hot-toys-founder-and-ceo-howard-chan

https://onesixthsociety.com/hot-toys/founder-howard-chan

 

Ignatius EndaPanggati, S.Kom., M.M.