Kreatifitas Dalam Berbisnis

Persaingan bisnis yang ketat, berani mengambil resiko saja tentu tidak cukup untuk bisa membuat suatu usaha bisa berhasil bersaing di pasar. Dalam membuat sebuah bisnis kita juga perlu untuk menjadi kreatif. Tidak bisa dipungkiri juga hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam berhasilnya membangun sebuah bisnis.

Kita harus mempunyai pemikiran yang kreatif dan unik untuk pengembangan bisnis kita dan segera mengiplementasikannya, karena kalau tidak ide yang kita miliki bisa saja langsung diambil dan digunakan oleh orang lain. Di era teknologi yang sudah berkembang dengan pesat, orang-orang dapat dengan mudah menemukan dan mencari inspirasi ide-ide kreatif yang sudah banyak tersedia di internet.

Dalam membangun bisnis kita juga dituntut untuk berpikir kreatif karena di jaman yang modern ini, persaingan bisnis makin besar, masalah yang kita hadapi juga semakin beragam, jadi kita akan dihadapkan pada masalah yang membuat kita harus berpikir lebih kreatif dibanding pesaing bisnis kita. Tetapi masalahnya adalah kebanyakan orang berpikir bahwa diri mereka tidak kreatif, padahal itu hanya persepsi mereka saja. Sebenarnya semua orang kreatif, tetapi tergantung dari diri kita sendiri. Kreatifitas sama seperti keahlian lainnya, jika kita sering melatihnya tentu kita akan menjadi lebih kreatif.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan kreatifitas yang bisa diterapkan oleh entrepreneur untuk dapat mengembangkan usahanya:

  1. Berpikir positif

Harus berpikir positif dan dilarang berpikir negatif! Semakin kita berpikir positif kita akan semakin percaya diri dan optimis dalam menghadapi masalah yang ada, sehingga kita akan semakin kreatif dalam mencari solusi permasalahan yang ada.

  1. Selalu bertanya

Kita juga harus berlatih untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yang berbeda. Dengan semakin banyak kita bertanya dan membuat pertanyaan, maka kita akan semakin terpacu untuk semakin kreatif mencari solusinya.

  1. Take action

Kita harus bertindak, terus bergerak dan menyibukkan diri lalu tentukan prioritas tujuan kita. Semakin cepat dan semakin jelas tujuannya, maka kita akan semakin kreatif dalam mencapai tujuan. Kita juga akan semakin banyak memiliki energi dan waktu untuk belajar. Semakin banyak belajar maka semakin cepat kita mengembangkan kapabilitas diri kita dan mencapai sesuatu yang lebih baik.

  1. Mencari sudut pandang yang lain

Salah satu latihan untuk mengasah kreatifitas kita adalah dengan mencoba memandang segala sesuatu dari perspektif lain yang sama sekali baru. Misalnya kita membayangkan sebuah pensil, lalu kita membayangkan fungsi pensil tersebut selain buat menulis seperti sumpit makan, tusuk konde, dll.

  1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya

Salah satu kunci kreatifitas adalah penguasaan informasi. Contohnya jika kita ingin menggambar dengan warna ungu dan cat warna ungu kita habis, kita sudah mempunyai informasi seperti bisa mencapur warna biru dan merah untuk menjadi ungu, tentu itu akan sangat bermanfaat.

  1. Disiplin

Kata disiplin disini dimaksudkan untuk diri sendiri. Kita harus memaksa diri kita untuk menyelesaikan proses melatih kreatifitas kita, dan kita melakukannya dengan target yang tertentu.

 

Referensi :

Setiawan, A. (2012, 12 07). Cara Meningkatkan Kreativitas. Retrieved 07 12, 2017, from jalurwirausaha.blogspot.co.id: https://jalurwirausaha.blogspot.co.id/2012/12/cara-meningkatkan-kreativitas.html

Hansen Handoko; Yunita Wijaya Handranata, B.Eng., M.M.