Creative Innovative Thinking

Bagi kebanyakan orang, kreativitas sering dihubungkan dengan seni seperti menulis novel, komik, melukis, atau menciptakan  lagu.  Memang hal – hal tersebut merupakan kreativitas, namun tidak semua orang kreatif adalah seorang novelist, komikus, seniman atau komposer. Tentu saja banyak pekerjaan yang menuntut seseorang untuk berpikir kreatif meski tidak ada hubungannya dengan seni. Dengan kata lain, kreativitas bukan hanya “seni” tetapi merupakan kemampuan untuk membuat / mencipta suatu ide yang baru.

Jadi apa itu creative thinking? Artinya adalah berpikir tentang hal baru dengan cara yang baru pula. Sering diartikan dengan istilah “thinking outside the box”. Kreativitas juga sering dihubungkan dengan pemikiran lateral atau kemampuan untuk melihat pola yang tidak biasa. Tokoh fiksional yaitu detektif Sherlock Holmes menyadari bahwa anjing yang tidak menggonggong merupakan sebuah petunjuk tentang kasus pembunuhan. Beberapa orang secara natural memang lebih kreatif dari yang lain tetapi kreativitas  juga bisa diasah dengan latihan aktifitas yang melatih otak untuk berfikir seperti menyelesaikan teka – teki dan bermain catur.

Orang kreatif membawa sesuatu yang fresh bahkan kadang tidak lazim untuk membantu organisasinya dapat bergerak ke arah yang lebih produktif. Oleh karena itu, ditengah persaingan bisnis global yang ketat, para employeer lebih memilih kandidat karyawan yang memiliki tingkat kreativitas yang baik.

Berikut adalah 10 cara tak terduga yang dapat meningkatkan kreatifitas:

  1. Cahaya Redup

Dikarenakan pikiran alam bawah sadar, kita merasa bahwa kita dapat lebih bebas menjelajah di saat cahaya yang tidak terlalu terang.

  1. Otak kita menjadi lebih kreatif saat kita capek.

Dikarenakan saat lelah, pikiran kita berkelana tanpa arah yang saling berhubungan sehingga malah dapat menciptakan ide – ide baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

  1. Kreativitas itu tidak harus sesuatu yang BARU

Kreativitas bukanlah selalu membuat sesuatu yang baru tetapi menghubungkan ide – ide yang sudah ada sebelumnya.

  1. Meja yang berantakan

Menurut riset, “keberantakan” menuntun  seseorang untuk tertarik pada hal – hal baru.

  1. Olahraga

Kita tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat tetapi ternyata ada riset yang menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir lebih kreatif.

  1. Warna hijau dan biru

Identik dengan warna alam yang membuat otak lebih jernih.

  1. Ngantuk

Saat tidur, kita dapat memimpikan hal – hal unik yang tidak kita pikirkan saat tersadar. Maka saat ngantuk inilah yang paling tepat.  Sering disebut keadaan “hypnopompic”.

  1. Batasan – batasan yang diberikan

Kita sering mengira bahwa kreativitas berarti harus bebas, padahal pembatasan dapat meningkatkan kualitas output dari kreativitas itu sendiri.

  1. Tingkat kebisingan yang tepat adalah level suara lingkungan

Kita sering mengira untuk berpikir kreatif harus dengan suasana dan  keheningan,  padahal ternyata level kebisingan  yang paling efektif untuk memacu kreatifitas adalah kebisingan yang  sesuai ambience, tidak terlalu hening ataupun berisik.

  1. Jalan – jalan ke negara lain

Karena adanya perbedaan kebiasaan, kultur, dan  bahasa membuat kita mengalami pengalaman yang baru yang akan membantu kita berfikir lebih luas dan kreatif.

 

Referensi:

Cooper, B. B. (2014, 02 04). 10 Suprising Ways to Transform Your Creative Thinking. Retrieved 07 18, 2017, from www.fastcompany.com: https://www.fastcompany.com/3028465/10-surprising-ways-to-transform-your-creative-thinking

Doyle, A. (2017, 03 02). Creative Thinking Definition, Skills, and Examples. Retrieved 07 18, 2017, from www.thebalance.com: https://www.thebalance.com/creative-thinking-definition-with-examples-2063744

Olivia; Yunita Wijaya Handranata, B.Eng., M.M.