Cara Memulai Bisnis Online

Saat ini  bisnis online berkembang pesat.  Hal ini dikarenakan bisnis online telah membuat penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan praktis. Penjual dapat berinteraksi langsung secara online sehingga tercipta sebuah pasar yang lebih terbuka dan tidak terbatas oleh waktu dan tempat.

Bisnis online juga memiliki kelebihan, yaitu memotong rantai distribusi, hal ini yang membuat customer dapat membeli segala sesuatu secara online dengan lebih murah, nyaman dan mudah. Dalam transaksi semua harga telah tertera tanpa perlu tawar menawar. Dengan adanya transparansi harga pembeli dapat membandingkan harga dari semua penjual dalam waktu singkat, sehingga sangat kecil kemungkinan penjual dapat mempermainkan harga.

Beberapa tips yang harus dipersiapkan sebelum memulai sebuah bisnis online:

  1. Lakukan persiapan yang matang

Persiapkanlah segala sesuatu dengan matang. Buat perencanaan untuk segala aspek dari bisnis Anda, mulai dari supplier, target pelanggan, media online yang sesuai, cara berkomunikasi dengan pelanggan, dan kebijakan-kebijakan lainnya.

  1. Mencari informasi sebanyak mungkin

Anda harus banyak mencari tahu apakah bisnis online itu, serta mengetahui cara kerja bisnis online tersebut.

  1. Fokus di dalam pengelolaan

Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan maintenance dan update media online (e.g: blog, website) yang Anda gunakan untuk melakukan bisnis online.

  1. Kreatif dalam pengelolaan bisnis

Dalam membuat bisnis online, Anda harus kreatif, sehingga bisnis online Anda bisa mendapatkan advantage dibandingkan kompetitor lainnya. Tanpa kreatifitas pelanggan akan merasa “bosan” dan berpindah pada penjual lainnya.

  1. Lakukan hubungan yang baik dengan pelanggan

Dalam berbisnis online Anda perlu membangun hubungan yang baik dengan pelangan. Review yang baik adalah “emas” dalam bisnis online.  Layanilah customer dengan baik dan Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

  1. Melakukan review

Anda setidaknya harus melakukan review dalam bisnis online Anda, karena Anda harus mengetahui tentang perkembangan maupun penurunan dalam bisnis online Anda.

  1. Identifikasi penyebab sukses dan gagalnya transaksi

Dengan mengidentifikasi, Anda dapat mengetahui alasan mengapa customer membeli sebuah produk, misal karena adanya sebuah promo, atau mungkin barang yang Anda tawarkan belum ada di pasaran.

Demikian sekilas pembahasan tentang “cara memulai untuk berbisnis online”. Sebenarnya ini tidak berbeda jauh dengan bisnis konvensional pada umumnya, tetapi ada beberapa perbedaan di bidang teknis. Semoga dari penulisan artikel ini dapat membantu Anda untuk memulai sebuah bisnis online dan bisa membawa Anda menjadi salah satu orang yang sukses.

Referensi:

Fakta Tentang Bisnis Online Yang Tidak Diketahui Banyak Orang. (n.d.). Retrieved 07 10, 2017, from https://www.maxmanroe.com: https://www.maxmanroe.com/fakta-tentang-bisnis-online-yang-tidak-diketahui-banyak-orang.html

Sitompul, N. (2014, 11 15). 9 Cara Sukses Mengelola Bisnis Online. Retrieved 07 10, 2017, from https://www.kotausaha.com: https://www.kotausaha.com/cara-bisnis-online.html

Suryowati, E. (2016, 01 27). Kemendag Akan Pasar Online untuk Potong Rantai Distribusi. Retrieved 07 10, 2017, from http://bisniskeuangan.kompas.com: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/01/27/175507726/Kemendag.Akan.Bikin.Pasar.Online.untuk.Potong.Mata.Rantai.Distribusi

Jackson Kurniawan; Yunita Wijaya Handranata, B.Eng., M.M.