BINUS TV TOPIK: SEM SEBAGAI ALAT UNTUK PENELITIAN DI SOBM

Kamis, 20 Juni 2013, Bapak Iskandar Putong SE., MM (FM. SoBM) yang telah banyak mengarangberbagai buku ajar dan juga sebagai pembicara dalam berbagai seminar internal maupun ekternal telah diminta sebagai narasumber dengan topic SEM (Structural  Equation  Model) sebagai alat untuk penelitian di SoBM di event Binus TV, yang disiarkan secara screeming dengan didampingi oleh  bapak Haryadi Sarjono (SCC SoBM) sebagai narasumber ke dua dan dipandu oleh Host SoBM, Ibu Retno Dewanti (Deputy Head SoBM).

 

Kegiatan “masuk TV” (istilah kerennya) adalah kegiatan yang dirancang oleh SoBM bekerja sama dengan Binus TV selama 13 kali pertemuan, setiap minggunya, dimana setiap pertemuan “masuk TV” akan dibahas suatu pengetahuan dan pengalaman dari para nara sumber yang ada kaitannya dengan SoBM.  Dalam diskusi kali ini dengan topic SEM, nara sumber memberikan penjelasan, apa itu SEM?, apakah SEM bisa digunakan untuk siswa SoBM dalam menyelesaikan Tugas Akhir? Bagaimana kesiapan dosen sebagai pembimbing dan penguji karya mahasiswa tugas akhir tersebut? Dan bagaimana perkembangan SEM dimasa mendatang, khususnya yang berhubungan dengan dunia penelitian.

1

Sekilas tentang SEM

Mengapa Kita Perlu SEM?

Seiring dengan makin meningkatnya persaingan bisnis, proses riset pemasaran dengan menggunakan SEM yang dibantu dengan software LISREL 8,8 ini menjadi sangat penting.  Perusahaan, Institusi akademik dan praktisi akan merasakan urgensi implementasi SEM dalam memodelkan berbagai problem yang kompleks dalam rangka mendukung pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun dalam kaitannya dengan penelitian akademis.  SEM merupakan pendekatan statistic/multivariate yang didasarkan atas kombinasi antara psikometri, sosiometri dan ekonometri.  Selain bidang pemasaran dan bidang-bidang manajemen yang lain, SEM juga banyak digunakan di psikologi, sosiologi, pendidikan, biologi, kedokteran dan lain-lainnya.

 

 

Salam

Haryadi Sarjono

Dosen Manajemen – SoBM