Manajemen merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam pengelolaaan suatu perusahaan, oleh karena itu kita perlu memerhatikan apa fungsi dari manajemen tersebut fungsi dari manajemen dikenal sebagai POAC yaitu Planning Organizing Actuating Controlling. Fungsi Pertama yaitu Planning (Perencanaan), perencanaan merupakan dasar yang harus dibentuk oleh perusahaan sebelum perusahaan menentukan apa yang akan mereka lakukan, melalui perencanaan, perusahaan membentuk visi dan misi, tujuan perusahaan dan strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan dasar penting yang harus dibentuk oleh perusahaan.

Setelah perencaan yang baik telah dibuat oleh perusahaan maka selanjutnya fungsi yang akan dilakukan adalah organizing. Organizing merupakan proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan seluruh sumber daya yang perlu digunakan untuk mencapai tujuan dari perusahaan telah tersedia. Selain sumber daya, organizing juga berfokus pada pembentukan struktur organisasi didalam perusahaan, struktur organisasi diperlukan agar setiap anggota didalamnya mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka, sehingga perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Fungsi selanjutnya adalah Actuating atau pengarahan, setelah adanya perencanaan yang dibuat oleh perusahaan, dan pembagian tugas kepada para anggota didalamnya maka langkah selanjutnya adalah pelaksanaan dari rencana yang telah dibuat tersebut. Fungsi manajemen terakhir adalah Controlling, setelah para anggota mengerjakan tugas mereka masing-masing, maka perlu dilakukan pengontrolan terhadap kinerja mereka, apakah telah sesuai dengan prosedur yang berlaku, apakah program kerja yang dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan perusahaan, oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi secara terus menerus, apabila ada proses kerja yang masih tidak sesuai dan kurang efisien dapat diperbaiki untuk ke depannya. (Created by: Vincent Andrianto)

Sumber:

https://medium.com/@TERRAITB/poac-planning-organizing-actuating-and-controlling-manajemen-organisasi-ea982e20529

http://nichonotes.blogspot.com/