Perkembangan era revolusi industri 4.0 semakin dirasakan dan menciptakan jenjang persaingan bisnis yang beragam. Dalam kompetisi bisnis pada era ini dibutuhkan pengelolaan kegiatan bisnis secara efektif dan efisien untuk mempertahankan konsistensi pencapaian target dalam suatu perusahaan ataupun industri. Oleh sebab itu, pemahaman dan implementasi strategi dalam management kualitas sangat dibutuhkan untuk menjangkau seluruh scope dalam bisnis tersebut.

Dalam hal ini, manajemen kualitas termasuk dalam bagian besar dari ilmu total quality management (TQM). Menurut Ibrahim (2000) dalam Siahan (2007), dalam konteks falsafah, prinsip, konsep daar dan nilai-nilai inti TQM maka dapat dipahami bahwa TQM adalah suatu manejemen yang membuat perencanaan dan mengambil keputusan, mengorganisir, memimpin, mengarahkan, mengolah, memanfaatkan seluruh modal peralatan dan material, teknologi, sitem informasi, energi dan sumber daya manusia untuk membuat produk atau jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan pasar kosumen terus menerus untuk kelangsungan hidup perusahaan secara efisien, efektif dan bertanggungjawab dengan partisipasi seluruh sumber daya manusia.

Total Quality Management (TQM) terfokus pada suatu perbaikan secara terus-menerus dengan dukungan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menjalankan proses bisnis di suatu perusahaan ataupun industri, tidak hanya itu TQM pun mengacu pada pengembangan kinerja karyawan dengan peningkatan unsur dan makna utama dari Teamwork (Kerja Tim) dengan tujuan utama pada kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan. Konsep dalam TQM berdasarkan pada pengembangan kualitas kinerja karyawan yang mempengaruhi output atau hasil akhir yang tertuju pada kebutuhan pelanggan yang hendak dilayani.

Dalam konsep manajemen bisnis, Total Quality Management (TQM) menjadi salah satu ilmu dasar pengelolaan bisnis yang paling dikembangkan diberbagai perusahaan dan industri. Business Management Laboratory (BML) bekerja sama dengan HIPP BBS-UP yaitu Ibu Respati Wulandari berhasil melaksanakan International Lecture dengan mangangkat topik mengenai “Total Quality Management” dengan pembicara yaitu Mr. Mancheri Viswanath selaku General Manager PT MHE Demag, Jebsen & Jessen Indonesia Group yang dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober 2019 bertempat di ruang lounge lantai 8, BINUS @Anggrek Campus.

International Lecture diawali oleh sambutan hangat yang diberikan oleh MC yaitu Jessica  selaku asisten Business Management Laboratory, kemudian diawali oleh kata pembuka dari Ibu Respati Wulandari dan dilanjutkan ke sesi penyampaian materi oleh Mr. Mancheri Viswanath.

Penyampaian materi diawali dengan pertanyaan yang diberikan oleh beliau kepada mahasiswa/I selaku peserta mengenai makna dari total quality management. Kefasihan Bahasa yang dimiliki oleh beliau membuat para peserta semakin menikmati waktu penyampaian materi sehingga membangun antusias dan semanagat mahasiswa/I dalam mengenal lebih dalam konsep nyata dari Total Quality Management (TQM). Berdasarkan pada ilmu dan wawasan yang telah diberikan oleh Mr. Mancheri Viswanath dapat disimpulkan bahwa Total Quality Management (TQM) mengacu pada dasar pengelolaan kualitas secara menyeluruh. Peningkatan kualitas dan manajemen kinerja secara internal secara tepat guna banyak berdampak pada factor lain terutama pada kepuasan pelanggan. Pada era digital saat ini, kompetisi atau persaingan bisnis sejenis semakin ketat oleh sebab itu orientasi dasar suatu perusahaan ataupun industri tidak lagi mengenai keuntungan semata akan tetapi beralih pada fokus orientasi kepuasan pelanggan dengan dukungan dari kesejahteraan karyawan. Pembawaan beliau yang sangat komunikatif dan menarik dalam memberikan wawasan kepada peserta menciptakan suasana acara menjadi semakin hidup dan membangun antusias dan rasa ‘ingin tahu’ mahasiswa/I dalam implementasi manajamen kualitas sesuai dengan konsep Total Quality Management (TQM).

International Lecture diakhiri dengan dengan pemberian plakat dari Business Management Laboratory dan BINUS Online Learning sebagai bentuk apresiasi kepada Mr. Mancheri Viswanath selaku General Manager of PT MHE Demag, Jebsen & Jessen Indonesia Group untuk kesempatan dan materi berharga yang telah diberikan kepada mahasiswa/i BINUS. Melalui international lecture inilah, diharapkan peserta dapat memetik pelajaran dan pengetahuan berharga dalam implementasi Total Quality Management (TQM) didunia pekerjaan nanti. (MA)