BINUS University Sapu Bersih Juara di Marketing Plan Competition 2024 yang diadakan oleh Universitas Negeri Semarang!
Pada bulan Oktober 2024, BINUS University kembali menunjukkan prestasinya dengan meraih juara 1, 2, dan 3 pada Marketing Plan Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang pada 12-13 Oktober 2024. Tim-tim yang berkompetisi terdiri dari anggota BINUS Business Consulting Group (BBCG) dan Asisten Management Laboratory, yang berhasil mengembangkan strategi bisnis inovatif untuk berbagai merek terkemuka. Berikut adalah rincian prestasi yang diraih.
- 1st Winner Marketing Plan Competition 2024.
Tim Buzplan Consulting, Anggota dari BBCG, mengangkat studi kasus dari brand Mustika Ratu, dimana brand Mustika Ratu menghadapi tantangan penjualan produknya yang stagnan. Untuk menjawab tantangan ini, Tim Buzplan Consulting merancang strategi sebagai berikut:
- Awareness: Beauty Contest Challenge, Diary Queen, Mustika Ratu Fact
- Experience: Be The Real Queen, Beauty Gamification
- Loyalty: Personalized Package, Retail Promotion
Strategi ini diproyeksikan dapat meningkatkan profit per kuartal hingga 20% dan meningkatkan engagement rate sebesar 2,3 kali lipat.
Peserta:
Student ID | Name | Major |
2501989683 | Najah Najmia Halim | Management |
2540127692 | Calvin | Management |
2602171110 | Angelica Virginevra Malina More | Global Business Marketing |
- 2nd Winner Marketing Plan Competition 2024
Tim TibaTiba, Anggota dari BBCG, menawarkan solusi untuk mengurangi dampak negatif fast fashion dan mendorong mode berkelanjutan dengan aplikasi inovatif bernama RE-VOUGE. Aplikasi ini mendukung konsep circular fashion dan bertujuan mengurangi limbah mode, menciptakan ekosistem fashion berkelanjutan, dan memberdayakan brand lokal untuk berkompetisi di pasar e-commerce. Strategi pemasaran mereka terbagi dalam beberapa tahapan:
- Awareness Stage: Influencer campaign, iklan digital, kolaborasi brand lokal, dan kampanye Give & Swap
- Consideration Stage: Event Give & Swap, fitur Virtual Try-On, dan kampanye Fashion with a Second Chance
- Purchase & Loyalty Stage: Kolaborasi eksklusif, kontes desain ulang, program tantangan mingguan, dan sistem penghargaan
- Advocacy Stage: Kerja sama dengan komunitas & NGO, serta ulasan produk dari konsumen
Dengan strategi ini, mereka menargetkan 11.200 konsumen per tahun dan kolaborasi dengan 894 brand lokal setiap tahun, serta membantu mengurangi limbah fashion secara signifikan.
Peserta:
Student ID | Name | Major |
2501995111 | Nurlita Agustiningsih | Creativepreneurship (Bandung) |
2540135870 | Felicia Josevine | International Business Management |
2540102733 | Jesslyn Cahyani Christjia | Global Business Marketing |
- 3rd Winner Marketing Plan Competition 2024.
Tim MAVERICK, terdiri dari Asisten Management Laboratory mengajukan strategi pemasaran inovatif untuk membantu brand kuliner Tesate Nusantara. Mereka fokus mengatasi kurangnya strategi pemasaran digital dan minimnya pendekatan baru untuk meningkatkan customer engagement, loyalitas, dan penjualan.
Mereka mengembangkan ERA Strategy (Engage, Refresh, dan Appeal) yang berfokus pada:
- Engage: Social Media Development, Content Development, Influencer Recommendation, Post to get Free Food dan Penggunaan Ads.
- Refresh: Membuat Menu Seasonal
- Appeal: Membuat konsep restoran “Theoretical Dining” pertama di Jakarta
Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan popularitas Tesate dan menghadirkan pengalaman makan otentik yang belum ada di Jakarta.
Peserta:
Student ID | Name | Major |
2602151393 | Venny Marcella The Gek Eng | Business Management |
2602085164 | Kenrick Saccadhitthana Soegiarto | Business Management |
Comments :