Dalam hidup kita, masalah, peristiwa, fenomena, dan proses baru terjadi setiap hari. Secara praktis, solusi dan saran yang dapat diterapkan diperlukan untuk mengatasi masalah baru yang muncul. Para ilmuwan harus melakukan penelitian tentang mereka dan menemukan penyebab, solusi, penjelasan, dan aplikasinya. Justru penelitian membantu kita untuk memahami alam dan fenomena alam. Tidak peduli apa bidang karir Anda atau seberapa tinggi Anda, selalu ada lebih banyak untuk dipelajari. Hal yang sama berlaku untuk kehidupan pribadi Anda. Tidak peduli berapa banyak pengalaman yang Anda miliki atau seberapa beragam lingkaran sosial Anda, ada hal-hal yang tidak Anda ketahui. Penelitian membuka hal-hal yang tidak diketahui, memungkinkan Anda menjelajahi dunia dari perspektif yang berbeda, dan mendorong pemahaman yang lebih dalam. Di beberapa bidang, penelitian adalah bagian penting dari kesuksesan. Pada orang lain, mungkin tidak mutlak diperlukan, tetapi memiliki banyak manfaat.

Manfaat dari melakukan penelitian antara lain seperti anda akan belajar lebih banyak. Selalu ada lebih banyak untuk dipelajari tentang suatu topik, bahkan jika Anda sudah berpengalaman di dalamnya. Jika tidak, penelitian memungkinkan Anda membangun pengalaman pribadi apa pun yang Anda miliki dengan subjek tersebut. Proses penelitian membuka peluang baru untuk pembelajaran dan pertumbuhan. Selain itu, Penelitian mendorong Anda untuk menemukan informasi terbaru yang tersedia. Di bidang-bidang tertentu, terutama bidang ilmiah, selalu ada informasi dan penemuan baru. Tetap diperbarui mencegah Anda ketinggalan dan memberikan info yang tidak akurat atau tidak menggambarkan keseluruhan gambar. Dengan info terbaru, Anda akan lebih siap untuk berbicara tentang suatu subjek dan membangun ide.

Penelitian pun berguna dalam berbagai bidang dalam kehidupan seperti bisnis. Dalam bisnis, Anda akan memiliki persaingan. Meneliti pesaing Anda dan apa yang mereka lakukan membantu Anda merumuskan rencana dan strategi Anda. Anda dapat mengetahui apa yang membedakan Anda. Dalam jenis penelitian lain, seperti kedokteran, penelitian Anda mungkin mengidentifikasi penyakit, mengklasifikasikan gejala, dan menemukan cara untuk mengatasinya. Bahkan jika “musuh” Anda bukan orang atau pesaing yang sebenarnya, selalu ada semacam kekuatan antagonis atau masalah yang dapat Anda tangani dengan penelitian.

Setelah melihat pentingnya pemahaman akan penelitian, Business Management Laboratory (BML) mengadakan sebuah workshop dengan tema Research Methodology yang dibawakan oleh Ibu Dr. Yuli Eni, S.E., S.Kom., M.M, CDMS., CBV yang merupakan lulusan Doctor of Research in Management. Workshop diawali oleh sambutan hangat yang diberikan oleh MC yaitu Nyiayu Olivia Miranda Bakrie selaku asisten Business Management Laboratory, kemudian kata sambutan oleh Dr. Ir. Hardijanto Saroso, M.MT., M.M dan dilanjutkan ke sesi penyampaian materi oleh Dr. Yuli Eni, S.E., S.Kom., M.M, CDMS., CBV.

Penyampaian materi diawali dengan perkenalan diri dari beliau dan dilanjutkan dengan pembacaan agenda serta penjelasan dasar mengenai research methodology. Diakhir sesi juga diadakan studi kasus yang berguna untuk melihat pemahaman peserta workshop terhadap materi yang dibawakan. Workshop Research Methodology diakhiri dengan kata-kata penutup serta ucapan terima kasih kepada Ibu Yuli Eni serta Bapak Hardijanto Saroso untuk kesempatan dan materi yang telah diberikan kepada mahasiswa/i BINUS. Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan mahasiswa/i dapat memetik pelajaran dan pengetahuan berharga yang berguna kedepannya. (Created by: Trimanto)