MEMENANGKAN KONSUMEN MELALUI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI BULAN RAMADHAN
Ramadhan menjadi bulan yang penuh dengan makna bagi kaum Muslim Indonesia. Ramadhan menjadi bulan dimana umat muslim diberikan waktu istimewa bagi Tuhan Yang Maha Esa untuk merefleksikan diri dan menumbuhkan sisi spiritualnya. Ramadhan ini dijalanakan dengan melaksanakan puasa selama sebulan penuh (Ramadahan tahun ini berlangsdung dari 5 Mei hingga 4 Juni). Ramadhan pun diakhiri dengan merayakan Idul Fitri yang menandakan akhir bulan Ramadhan. Akan tetapi Ramadhan juga menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk menawarkan produk/jasa pada kaum Muslim Indonesia.
Bulan Ramadhan sebenarnya memiliki dampak yang cukup besar bagi perilaku dan pola belanja kaum Muslim di Indonesia. Ramadhan tahun 2018 membantu mendorong pertumbuhan GDP dan konsumsi rumah tangga Indonesia sebesar 5%. Bagi perusahaan, ini menjadi sebuah kesempatan yang besar karena konsumen akan cenderung berbelanja produk yang dapat memaknai bulan Ramadhan, dan pada akhirnya konsumen pun juga akan berbelanja lebih banyak untuk merayakan Idul Fitri. Kesempatan ini menjadi kesempatan yang tidak boleh buang begitu saja, oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran digital untuk memenangkan konsumen di bulan Ramadhan.
Dilihat dari Laporan “Winning Ramadhan with Digital” oleh Google, strategi pemasaran digital memiliki 3 langkah yang harus dilakukan yakni:
- Find Your Audience (Mencari Konsumen Anda)
- Capture Their Attention (Menarik Perhatian Mereka)
- Convert Your Customers (Konversi Pelanggan Anda)
Find Your Audience (Mencari Konsumen Anda)
Bulan Ramadhan mendorong kaum Muslim Indonesia untuk mencari barang/jasa yang penuh makna saat bulan Ramadhan. Pemasar (Marketeer) harus dapat memahami motivasi konsumen saat bulan Ramadhan dan dampaknya pada perilaku digital mereka agar dapat membuat strategi pemasaran yang efektif. Laporan Google pun mengidentifikasikan 5 Audience yang sebaiknya dijangkau pada bulan Ramadhan, keterangannya sebagai berikut :
Audience |
The Devoted Faster | The Home Maker |
Search | Mencari konten yang terkait agama atau ibadah | Mencari peralatan rumah tangga dan resep masakan |
Youtube Content | Menonton konten yang terkait agama dan lagu agama | Menonoton vlog makanan dan tutorial memasak |
Used Apps | Menggunakan aplikasi Holy Quran dan Muslim Pro | Menggunakan aplikasi terkait makanan seperti Zomato, Qraved dan Cookpad |
Location | Umumnya mengunjungi masjid berdasarkan peta | Umumnya mengunjungi supermarket dan mini market |
Audience | The Ramadhan Groomer | The Tech Follower | The Homecomer (Mudik) |
Search | Mencari hal terkait fashion dan kecantikan | Mencari informasi terkait gadget terbaru | Mencari informasi terkati mode transportasi dan akomodasi untuk mudik |
Youtube Content | Menonton tutorial make up, hijab, hairstyle atau konten fashion | Menonton ulasan produk terutama Gadget tebaru | Menonton Vlog travelling dan berita terkait lalu lintas |
Used Apps | Menggunakan Beautyplus, Facetune, Youcam Apps | Mengunduh aplikasi E-Commerce | Menggunakan aplikasi untuk travelling |
Location | Mengunjungi toko kosmetik dan salon kecantikan | Mengunjungi toko elektronik dan toko kopi | Mengunjungi bandara, stasiun, terminal bus, hotel dan lokasi wisata |
Dari uraian yang diberikan di atas, seharusnya anda sudah memiliki gambaran mengenai segmen konsumen mana yang menarik untuk dipasarkan. Setelah menentukan yang mana terbaik maka lanjut ke langkah berikutnya.
Capture Their Attention (Menarik Perhatian Mereka)
Pemasaran secara digital itu tidak mudah karena sudah banyak informasi yang beredar dan konsumen belum tentu mampu menerima semua informasi yang diberikan, untuk memastikan pemasaran digital anda efektif maka perhatikan 5 tips berikut dari Google:
- Story tell your brand Message, usahakan membuat cerita yang bermakna terakit merk/brand yang ingin dipasarkan
- Make your story heard, buat cerita anda ingin didengarkan oleh konsumen dengan pembukaan yang menarik
- Execute differently, sampaikan pesan anda dengan cara yang mengejutkan dan tidak terduga pada konsumen. Pesan yang disampaikan pun dapat dilebih-lebihkan agar lebih mudah diingat
- Be seamless and be useful, konsumen mencari informasi yang berguna saat Ramadhan maka anda harus bisa menyesuaikan waktu dan lokasi suatu pesan sebaiknya disampaikan
- Drive for Performance, bulan Ramadhan menjadi kesempatan mendorong suatu kampanye marketing baik aplikasi atau pesan suatu brand
Convert Your Customers (Konversi Pelanggan Anda)
Langkah terkahir yang perlu dilakukan adalah mengkonversikan atau mendorong konsumen untuk membeli barang/jasa setelah dilakukan pemasaran. Konversi ini dapat dilakukan melalui berbagai channel digital, misalnya di Google dapat memanfaatkan Google Shopping atau Truview Shopping di Google. Pada tahap ini anda harus mampu menarik konsumen untuk membeli suatu produk dengan sedikit dorongan tambahan.
Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda untuk membuat strategi pemasran digital dan memenangkan hati konsumen di Bulan Ramadhan! (Re-Upload Article – Created by: Matthew)
Laporan aslinya (Versi Inggris) dapat dilihat di link berikut:
www.thinkwithgoogle.com/intl/en-apac/trends-and-insights/winning-ramadan-with-digital-2019/
Comments :