HIBAH COMPETITION 2020
Setiap perguruan tinggi mewajibkan mahasiswa/i-nya untuk menulis suatu karya tulis ilmiah dalam menjalankan maupun menyelesaikan studinya. Dimana karya tulis ilmiah adalah sebuah tulisan ilmiah seorang atau beberapa peneliti dari hasil riset pada bidang keilmuan tertentu. Karya tulis ilmiah memegang peranan penting dalam pengembangan dan penyebaran keilmuan. Melalui karya tulis ilmiah, sebuah ilmu terus terbaharukan. Maka dari itu, setiap peneliti secara terus menerus memperbaharui hasil temuannya baik oleh peneliti itu sendiri atau oleh peneliti yang lain dan temuan-temuan terbaru tersebut dapat disebarkan melalui jurnal dan tulisan-tulisan. HIBAH Competition adalah salah satu kegiatan yang setiap tahun secara rutin diselenggarakan oleh Business Management Laboratory. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengumpulkan dan mengapresiasi berbagai karya tulis ilmiah terbaik yang dimiliki oleh BINUSIAN khususnya fakultas BINUS Business School Undergraduate Program. Dari tahun ke tahun pelaksanaan HIBAH Competition ini memberikan manfaat bagi peserta melalui hadiah yang diberikan sebesar lima juta untuk lima pemenang dan juga bagi Business Management Laboratory dimana paper tersebut dapat menjadi arsip untuk dapat mendukung penelitian dalam kebaharuan pengetahuan melalui karya ilmiah yang di oleh mahasiswa/I di setiap tahunnya. Maka pada dasarnya yang menjadi target dari perlombaan ini adalah mahasiswa/I tingkat akhir yang telah menyelesaikan masa skripsi dan sidangnya. Sehingga hasil dari penelitian atau karya tulis ilmiah yang diciptakan memang dengan betul dan benar dilaksanakan. Tetapi dengan proses pelaksanaan perlombaan seperti ini hanya memberikan manfaat yang terputus di kedua pihak, dalam artian bahwa tidak ada hal yang menjadi legacy bagi peserta maupun BML. Oleh karena ini, departemen Research and Development BML merancangkan sistem perlombaan HIBAH Competition 2020 dengan mengarahkan hasil riset peserta khususnya para pemenang untuk disebarkan dan dipublikasikan melalui jurnal dalam skala nasional maupun internasional yang tidak terlepas dengan dibutuhkannya bimbingan dari dosen pembimbing masing-masing. Sehingga dengan begitu, hal ini akan memberikan dampak/ manfaat lebih bermakna dan menjadi kebanggaan bagi peserta pemenang, Business Management Laboratory, dosen pembimbing dan juga BINUS University.
Pelaksanaan HIBAH Competition 2020 telah mulai diselenggarakan pada 17 Februari 2020 sebagai tahap awal dibukanya pendaftaran bagi para Binusian BBS UP yang ingin mendaftarkan dirinya dan papernya. RnD BML melakukan publikasi melalui Official Account dan social media BML serta secara internal dan individual melalui staff dan asisten BML pada berbagai group dan akun social media mereka hingga pada tanggal 15 Maret 2020 dan yang terdaftar sebagai peserta sebanyak 17 peserta/tim. Pada tahapan selanjutnya yaitu semifinal, kami melakukan pengumpulan paper peserta untuk dapat kami revisi pada bagian formatting dan memberikan penilaian atas paper yang dikumpulkan. Pada rentang waktu yang diberikan (16 Maret – 20 Maret 2020) hanya 10 paper yang terkumpul dan terjadi seleksi alam. Sehingga sebagai kelanjutan perlombaan maka 10 paper tersebut kami terima untuk masuk pada tahap selanjutnya yaitu tahap final.
Natallya | Analysis of Inflation Rate, US Dollar Exchange Rate, and Coffee Production in Indonesian Coffee Exports |
Kent Samuel, Gerry Limiardi, Leander Federic Alvindra | LELANGINAJA |
Audrie Gabriella Vincenthio, Adama Renardi | A Conjoint Analysis of MBA Market Preferences When Choosing a University in Indonesia |
Febiyana Aditya, Nabila Rachma, Dicky Mikhael Kosasih | Indonesian Mom-Influencers The New Representative Face of Corporate Through Instagram |
Katharina Hendrawan | Brand Positioning Employing Factor Analysis And Multidimensional Scaling: An Application To Indonesian Led Bulb Brands |
I Gde Surya Putra Ariawan, Josephine Jesslyne Helbert | Factors Influencing Impulsive Buying Behavior among Mobile Payment Users in Indonesia |
Muamar Nico Vibhavadi, Slyvia, Tommy | Why Lazada Failed to Approach Market in Indonesia ? |
Putu Peggy Pritiani | Perancangan Digital Marketing Plan pada Exquisite Connection Pte Ltd |
Andre Zilbardo Marpaung | Aplikasi Treach-Eve |
Kenny Wijaya, Rohmat Hidayatulloh Hazim Habibi | Analisis dan Preventive Maintenance pada Mesin Gas di PT. Surya Mitra Kenyan |
Pada tahap final ini, para peserta di minta untuk mempresentasikan dan menjelaskan hasil karya tulis ilmiahnya di depan para juri dan akan diberikan pertanyaan dari para juri sebagai feedback, masukan, dan pendapat dari segi keilmuan dan teknis penulisan untuk pengembangan paper yang lebih baik. Pada tahun ini kami melaksanakan dengan cara dan teknis yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana untuk menghormati dan menanggapi keadaan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia dan kebijakan dari BINUS University untuk setiap mahasiswa/i dirumahkan, sehingga terdapat beberapa perubahan dalam teknis pelaksanaan HIBAH Competition 2020 yaitu kami melakukan final presentation melalui video conference pada Ms. Teams yang dimana jadwal tersebut disesuaikan dengan para juri. Juri yang kami undang untuk ikut terlibat dalam final presentation adalah
- Yuli Eni, S.E., S.Kom., M.M.
- Annetta Gunawan, S.E., M.M.
Pelaksanaan ini kami bagi menjadi dua hari yaitu pada tanggal 2 April dan 3 April 2020 yang dilaksanakan dari pukul 13.00-16.15 WIB. Setiap hari terdapat lima peserta yang melakukan presentasi dengan diberikan durasi waktu 30 menit di setiap pesertanya. Untuk menjelaskan isi paper diberikan waktu 10 menit dan 20 menit diberikan kesempatan bagi juri untuk memberikan tanggapan terkait presentasi dan isi paper yang ada. Dari sesi presentasi ke sesi presentasi yang lain, peserta melakukan dengan begitu baik dan berusaha memberikan tanggapan yang menjawab atas setiap pertanyaan juri. Berdasarkan hasil survey yang ada menyatakan bahwa pertanyaan dan tanggapan yang diberikan juri sangat memberikan input baik bagi paper peserta dan memberikan kesan, pembelajaran, dan pengalaman yang berharga bagi setiap peserta. Sehingga pada tanggal 4 April 2020 diumumkannyalah hasil penilaian para juri, dan peserta yang menjadi pemenang HIBAH Competition 2020 adalah
Natallya | Analysis of Inflation Rate, US Dollar Exchange Rate, and Coffee Production in Indonesian Coffee Exports |
Katharina Hendrawan | Brand Positioning Employing Factor Analysis And Multidimensional Scaling: An Application To Indonesian Led Bulb Brands |
Putu Peggy Pritiani | Perancangan Digital Marketing Plan pada Exquisite Connection Pte Ltd |
Febiyana Aditya, Nabila Rachma, Dicky Mikhael Kosasih | Indonesian Mom-Influencers The New Representative Face of Corporate Through Instagram |
Audrie Gabriella Vincenthio, Adama Renardi | A Conjoint Analysis of MBA Market Preferences When Choosing a University in Indonesia |
Setelah itu para pemenang diwajibkan untuk mendaftarkan atau men-submit paper karya tulis ilmiahnya kepada salah satu jurnal baik secara Nasional (terindeks SINTA 2) ataupun Internasional (terindeks SCOPUS), sehingga setelah paper pemenang telah diterima oleh salah satu jurnal maka para pemenang dapat mengirimkan dan melampirkan bukti Acceptance Letter ke email BML setelah itu para pemenang baru bisa mendapatkan haknya dengan mendapatkan hadiah dari HIBAH Competition 2020 ini senilai satu juta setiap pemenang. Oleh karena itu, tahap selanjutnya untuk mempublikasi paper tersebut akan diberikan kembali otoritas tersebut secara penuh kepada peserta pemenang dengan dapat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing masing-masing.
Melalui proses pelaksanaan perlombaan ini, sangat memberikan pengalaman bagi setiap pihak bahwa dengan kondisi permasalahan yang ada dan mungkin menghalangi jalannya perencanaan yang telah dibuat, kita harus tetap melihat bahwa terdapat jalan lain atau pun alternatif lain yang mampu dilakukan dan mungkin dapat dijadikan awal yang baik untuk kedepannya. Selanjutnya, perlombaan yang dilakukan ini sangat memberikan pengalaman berharga bagi setiap pihak yang melakukannya untuk dapat mengembangkan potensi dari segi hard skill maupun soft skill masing-masing. (Created by : Febiyana Aditya)
Comments :