Pada era saat ini, perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat siapapun untuk mengikuti perkembangan yang ada. Sehingga setiap manusia yang berada didalamnya harus turut berperan aktif dalam memajukan teknologi yang digunakan. Kemajuan inilah merupakan keuntungan bagi para pembisnis serta perusahaan untuk meningkatkan nilai unggul dari yang lain. Dalam mewujudkan hal tersebut, perusahaan memerlukan informasi yang terintegrasi untuk dapat menganalisa perkembangan perusahaan baik secara internal maupun eksternal. Analisa merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan menjadi optimal serta untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat dan akurat didukung dengan infomasi yang lebih mendalam mengenai kondisi dan kebutuhan perusahaan. Dalam analisa sangat diperlukan data atau fakta yang dapat mendukung keakuratan penganalisaan tersebut. Maka dari itu, dibutukannyalah alat yang dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu Business Intelligence (BI).

Business Intelligence menurut Gartner 1989 adalah suatu informasi yang digunakan secara efektif untuk membuat keputusan yang lebih baik. Dapat dikatakan BI merupakan konsep dan metode berupa alat, teknologi, aplikasi, dan praktik untuk mengumpulkan, mengintergasikan, menganalisis dan menyajikan data mentah organisasi untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis berdasarkan sistem berbasis data yang dapat menjadi informasi dan pengetahuan bisnis. Pada mulanya Bunisess Intelligence dimulai dari Management Information System (1970) dan Executive Information System (1980) hanya berguna memberikan informasi mengenai operasional perusahaan dan bagaimana menyajikan data untuk manajemen eksekutif, tetapi pada 20 tahun terakhir ini Business Intelligence telah berkembang menjadi Analytics dan Big Data yang menggunakan data untuk memprediksi perubahan (trend) yang akan terjadi sehingga berguna untuk perancangan keputusan bisnis selanjutnya. Terdapat beberapa fungsi dan peran Business Intelligence yaitu untuk memberikan informasi mengenai keefektifan operasional bisnis, melihat jejak customer behavior dan pola penjualan dikarenakan semakin berkembangnya teknologi, gaya hidup manusia/customer juga berubah sehingga bisnis perusahaan perlu menyesuaikan dengan trend yang terjadi, memahami perubahan dan hubungan yang terjadi didalamnya sehingga dapat memprediksikan langkah bisnis selanjutnya, mengukur dampak pengaruh metode pemasaran yang strategis, dan dapat memberikan penjelasan/ menceritakan mengenai data bisnis perusahaan yang telah dianalisis.

Kesimpulannya, dalam bisnis yang dibutuhkan adalah kecepatan dan data sehingga mencapai competitive advantage. Dengan artian bahwa Business Intelligence dapat membantu para pebisnis untuk mendapatkan data secara akurat, mengambil keputusan secara cepat tepat dan memiliki keunggulan kompetitif. (Created by : Febiyana Aditya)

Reference:
Ferdianto. (2017, May 15). SEKILAS TENTANG BUSINESS INTELLIGENCE. Retrieved from BINUS School of Information Systems: https://sis.binus.ac.id/2017/05/15/sekilas-tentang-business-intelligence/

Noviyanto. (n.d.). Sekilas mengenai Business Intelligence. Retrieved from Koinworks: https://koinworks.com/blog/sekilas-mengenai-business-intelligence/