Kemajuan teknologi pada era digital menghadirkan inovasi produk menarik yang menghubungkan berbagai macam benda disekitar kita dengan jaringan internet. Internet of Things (IoT) adalah trend masa kini yang menghubungkan benda-benda mati dengan akses internet yang menawarkan berbagai manfaat bagi penggunanya. Salah satu wujud nyata trend Internet of Things (IoT) di Indonesia adalah Spekun yang telah diluncurkan oleh Telkomsel Indonesia. Spekun adalah salah satu implementasi teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) dengan konsep bike-sharing di Universitas Indonesia.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk hadir sebagai creativepreneur dengan pendekatan persuasif dan menciptakan pengalaman pelanggan (Customer Experience) untuk membangun brand image dan meningkatkan brand awareness bagi pelanggan. Saat ini inovasi pemasaran suatu produk baik barang maupun jasa semakin variatif diantaranya yaitu Viral Marketing dan Augmented Reality (AR).

Viral Marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan ataupun menyampaikan pesan mengenai produk maupun jasa dengan cara memberikan dorongan pada si penerima pesan agar ia mau mengirimkan dan meneruskannya kepada orang lain. Viral marketing terdiri dari salah satu komponen utama yaitu Word of Mouth (WoM). Sedangkan, Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata yang menggambarkan benda-benda digital seolah-olah hadir dalam dunia nyata sehingga memberikan pengalaman pelanggan (Customer Experience) yang menarik dan berkesan.

Saat ini, implementasi Augmented Reality (AR) sudah diterapkan oleh berbagai perusahaan multinasional salah satunya yaitu perusahaan IKEA. IKEA adalah perusahaan penyedia produk perabot rumah tangga yang berasal dari Swedia. IKEA berhasil meluncurkan alat pemasaran produk ke pangsa pasar melalui IKEA Place. IKEA Place merupakan salah satu aplikasi menarik dengan konsep Augmented Reality (AR), dimana pelanggan dapat menghadirkan furniture atau perabot rumah tangga seolah berada di lingkungan atau dimensi nyata.

Augmented Reality (AR) menjadi solusi imajinasi konsumen untuk mewujudkan atau menggambarkan produk digital kedalam dunia nyata. Tidak hanya itu, Augmented Reality (AR) dijadikan alat pemasaran dan pendekatan antara perusahaan dengan konsumen dengan strategi membangun orientasi pasar dengan konsep pengalaman konsumen (customer experience). Pemanfaatan teknologi yang tepat sasaran dan aplikatif sesuai dengan porsinya akan menjadi alat multifungsi dalam membangun brand awareness dan menciptakan persepsi konsumen yang baik dan menguntungkan bagi perusahaan. (MA)

References

Place, I., 2017. [Online] Available at: https://highlights.ikea.com/2017/ikea-place/

Sharing, T. d. U. I. I. N.-I. B., 2018. [Online] Available at: https://www.telkomsel.com/about-us/news/telkomsel-dan-ui-implementasikan-inovasi-nb-iot-bike-sharing