Microsoft office merupakan sebuah paket perangkat lunak yang diciptakan atau dikembangkan oleh perusahaan Microsoft itu sendiri. Didalam paket software tersebut, terdapat software-software yang mendukung aktivitas sehari hari khususnya dalam dunia kerja. Aplikasi-aplikasi dari Microsoft office yang sering digunakan dan paling familiar adalah Microsoft word untuk mengelolah huruf, misalkan seperti dalam membuat surat, proposal ataupun laporan. Selain itu terdapat Microsoft powerpoint yang tujuan utamanya adalah untuk mempresentasikan hasil laporan yang sudah dibuat. Untuk software terakhir yang cukup sering digunakan adalah Microsoft excel yang berfungsi untuk membuat sebuah laporan dalam bentuk angka.

Dilihat dari fungsi masing-masing aplikasi tersebut, tentu saja aplikasi tersebut sangatlah bermanfaat dan sangat penting bagi kebanyakan orang. Hal ini dapat dilihat dimana mulai dari jenjang pendidikan SMP bahkan SD sekalipun sudah mulai diperkenalkan setidaknya salah satu dari ketiga aplikasi ini. Hal ini disebabkan karena semakin majunya teknologi pada zaman ini mendorong banyak orang untuk melakukan aktivitas pekerjaan menggunakan komputer dan lebih condong menggunakan salah satu atau lebih dari ketiga aplikasi ini, seperti menyajikan data, membuat surat dan presentasi.

Sebagai contoh pada saat seseorang yang ingin melamar sebuah pekerjaan, hampir sebagian besar salah satu syaratnya adalah mengerti bagaimana cara mengoperasikan Microsoft office, khususnya Microsoft word, excel dan powerpoint. Dimana hal ini mencerminkan bagaimana pentingnya peranan ketiga aplikasi tersebut atau paket aplikasi tersebut dalam berjalannya perusahaan. Contoh lain adalah ketika sudah bekerja disuatu perusahaan, untuk mempermudah seseorang dalam menganalisa data maka data tersebut akan ditampilkan menggunakan Microsoft excel untuk mempermudah dalam menganalisanya, atau misalkan ketika seseorang ingin menyebarkan surat pemberitahuan dengan jumlah yang banyak dengan tujuan yang berbeda beda, maka orang tersebut tentu saja dapat menggunakan Microsoft word untuk membuat surat tersebut.

Dengan kata lain penggunaan dan pengetahuan tentang Microsoft office tentu saja sangat berguna hampir diseluruh aspek, khususnya didalam lingkungan kerja, seperti misalnya dalam membuat surat, proposal, laporan, presentasi, Analisa data atau data entry dan sebagainya, sehingga dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam memajukan perusahaan itu sendiri.