Seperti apa orang lain mendeskripsikan diri anda? Apakah deskripsi yang baik ataupun sebaliknya? Deskripsi atau gambaran yang ada dalam benak seseorang tersebut dikenal dengan istilah reputasi atau citra. Menurut Bill Canton, citra adalah kesan, perasaan, gambaran dari publik terhadap perusahaan, kesan yang dengan sengaja diciptakan suatu objek, orang ataupun organisasi.

Pada digital era saat ini, reputasi menjadi kunci utama menuju kesuksesan diri anda. Reputasi yang dikenal baik akan memberikan kesempatan dan keuntungan lebih. Reputasi atau citra merupakan karakter yang dibangun untuk memperoleh persepsi yang baik dan penilaian positif oleh publik.

Lalu bagaimanakah cara membangun reputasi yang baik ? Pertama, kenali terlebih dahulu kepribadian anda. Pengenalan diri sendiri menjadi dasar untuk membangun citra diri, mau seperti apa anda dikenal oleh publik? Misalnya, anda adalah seseorang yang mudah bersosialisasi maka bangunlah lingkungan sosial yang positif untuk membangun citra diri anda. Kedua, bangunlah kepribadian diri yang pantas anda “pamerkan” dan mencerminkan kualitas diri anda, semakin anda membentuk kepribadian yang baik dan positif maka akan menjadi nilai tambah untuk membangun reputasi diri anda. Ketiga, implementasi sikap dan perilaku dalam lingkungan anda. Reputasi yang baik dihasilkan dari implementasi yang konsisten melalui aktivitas sehari-hari misalnya seperti anda ingin dikenal sebagai seseorang yang professional maka implementasikan kebiasaan disiplin dan berintegritas dalam setiap perbuatan anda.

Pada intinya semua kembali pada diri anda. Bagaimana anda ingin digambarkan oleh publik ? Bagaimana anda dikenal dan seperti apa persepsi orang lain mengenai diri anda ? bangunlah reputasi atau citra diri sejak dini melalui lingkungan sekitar maka reputasi anda akan mencapai puncak kedewasaan yang sesuai dengan goals hidup anda, bentuklah diri anda sesuai dengan keinginan dan tujuan anda. Bila anda ingin sukses, bangunlah reputasi yang baik, konsisten dan berkualitas.