Tanggal 9 September 2018 (9-9-2018) merupakan tanggal dengan deretan bilangan yang terbilang unik. Di kalangan masyarakat tanggal ini termasuk tanggal dengan nomor yang cantik untuk mengadakan event seperti pesta pernikahan. Tak hanya masyarakat, perusahaan-perusahaan juga memahami bahwa tanggal dengan angka ini dapat dimanfaatkan untuk mengadakan event serupa. Pada tanggal tersebut berbagai perusahaan E-Commerce mengadakan Acara 9.9 Super Shopping Day.

Perusahaan E-Commerce yang menawarkan diskon spesial pada tanggal (9.9) tersebut adalah Shopee, Berrybenka, Bhinneka, e-mas, Fabelio, Happyfresh, Hijabenka, Honestbee, Jakmall, Lemonilo, ORORI, Ruparupa, Shopback, Fave, dan VIP Plaza. Lazada pun juga memeriahkan  tanggal 9.9  dengan mengadakan acara serupa tetapi cakupan yang lebih luas seluruh wilayah Asia Tenggara. Setiap E-Commerce memberikan penawaran spesial pada tanggal tersebut yang dapat berupa diskon, harga spesial, cashback atau voucher belanja.

Acara 9.9 Super Shopping Day ini di Indonesia digagas oleh Shopee yang memberikan berbagai penawaran menarik pada tanggal tersebut. Penawaran yang diberikan oleh Shopee  dapatt berupa flash sale yang diadakan 24 kali dalam sehari, voucher cashback atau gratis ongkir, diskon 99% dan diselenggarakannya acara Shopee TV di ANTV yang menjadi puncak acara shopping day Shoppe. Lazada pun tidak mau kalah juga mengadakan promo serupa dengan mengadakan flash sale dan diskon besar-besaran hingga harga barang menjadi Rp 99 saja serta peluncuran LazMall (Lazada Mall) pada tanggal tersebut. Setiap E-Commerce memberikan penawaran yang yang unik dan berbeda dengan E-Commerce lainnya yang tergantung oleh bidang E-Commerce tersebut. Tujuan utamanya adalah menarik konsumen untuk melakukan belanja secara online.

Acara 9.9 Super Shopping Day oleh berbagai E-Commerce adalah untuk memperkenalkan belanja online terutama pada orang-orang yang belum pernah melakukan belanja online dengan penawarkan menarik.  Pengguna baru memperoleh kemudahan karean E-Commerce melakukan kerjasama dengan PT Bank Mandiri untuk mendukung proses pembayaran ketika belanja online. Para pembeli pun diharapkan memperoleh pengalaman belanja yang baik sehingga ke depannya ingin melakukan belanja online kembali. Acara yang diadakan memberikan kontribusi cukup signifikan untuk belanja online di Indonesia.

Hasil Acara 9.9 Super Shopping Day bagi para E-Commerce pun cukup memuaskan. Shopee pada tanggal tersebut mampu memperoleh transaksi hingga 5.8 juta dalam satu hari Sedangkan Lazada juga mendapatkan hasil serupa, karena pada tanggal 9 September  Lazada berhasil memperoleh 10 Juta Pembeli dari wilayah Asia Tenggara dalam satu hari. E-Commerce Indonesia yang lainnya tentu juga menikmati hasil yang serupa. Di waktu akan datang acara sejenis akan diselenggarakan lagi oleh berbagai E-Commerce Indonesia untuk kembali memperkenalkan orang ke E-Commerce sekaligus menarik orang untuk belanja secara online.