11.11 PESTA BELANJA E-COMMERCE LEBIH BESAR & LEBIH MERIAH
Tanggal cantik tentu memiliki daya tarik sendiri bagi para E-Commerce dan masyarakat untuk menyelenggarakan suatu acara. Sebelumnya tanggal 9.9 dan 10.10 juga telah diselenggarakan acara diskon dan promo oleh berbagai E-Commerce. Kini tanggal cantik 11.11 akan menjadi hari untuk melaksanakan pesta Belanja yang lebih besar dah heboh. Pesta belanja 11.11 ini diikuti oleh berbagai E-Commerce, di mana jumlah E-Commerce yang berpartisipasi jauh lebih banyak dibandingkan pesta belanja sebelum-sebelumnya.
Pada tanggal 9.9 yang lalu pesta E-Commerce yang dilakukan cukup meriah, namun jika dibandingkan pesta E-Commerce tanggal 11.11 maka dapat dilihat jumlah E-Commerce yang berpartisipasi lebih banyak terutama pemain-pemain besar lainnya. Berikut ini list E-Commerce yang berpartisipasi:
Tanggal 9.9 | Tanggal 10.10 | Tanggal 11.11 |
Shopee | Shopee | Shopee |
Lazada | Lazada | Lazada |
Berrybenka | Blibli | Blibli |
Happyfresh | Jd.id | Jd.id |
Hijabenka | Bukalapak | Bukalapak |
Honestbee | Tiket.com | Hijabenka |
Bhinneka | Bhinneka | Bhinneka |
E-mas | Orami | Orami |
Fabelio | Pegipegi | Pegipegi |
Jakmall | Berrybenka | Berrybenka |
Lemonilo | Elevania | Elevania |
ORORI | Fave | Fave |
Shopback | Shopback | Shopback |
Fave | Jakmall | Jakmall |
Fabelio | Fabelio | |
Matahari Mall | Matahari Mall | |
Ruparupa | Ruparupa | |
iLotte | Zalora | |
iLotte | ||
Blanja.com |
Dapat dilihat bahwa jumlah partisipan E-Commerce untuk setiap Event bertambah terus dan promo yang diberikan setiap E-Commerce pada setiap event juga semakin baik. Pada tanggal 10.10 dan 11.11, pemain besar E-Commerce Indonesia seperti Blibli, Jd.id dan Bukalapak sudah mulai ikut bepartisipasi. Jumlah E-Commerce kecil-sedang yang berpartisipasi meningkat pada setiap event. List di atas pun belum mencakup semua E-Commerce yang berpartisipasi, sebab jumlah website E-Commerce di Indonesia cukup banyak untuk berbagai bidang.
Promo Pemain E-Commerce Besar di 11.11
Blibli.com
Blibli pada tanggal 11.11 menjalankan kampanye Blibli Histeria. Di mana para pembeli dapat menikmati produk dengan harga Rp 11, Cashback 100%, Diskon ekstra 11%, dan Permainan Game menggunakan QR Code untuk mendapatkan Voucher Promo.
Jd.id
Jd.id pada tanggal 11.11 menjalankan kampanye dengan sebutan Amazing 11.11. Para pembeli dapat menikmati diskon 99%, Flash sale dengan diskon besar setiap harinya (Pada periode 9-11 Nov 2018), dan event Golden Ticket di mana pembeli dapat menggunakannya pada acara Harbolnas (12.12) untuk membeli produk dengan harga yang murah.
Shopee
Shopee menjalankan event 11.11 Big Sale dengan berbagai acara dan games untuk menarik para pembeli untuk belanja. Shopee untuk event ini menjalankan game khasnya yakni Goyang Shopee, selain itu Shopee juga memiliki game lainnya berupa Kuis Shopee yang dibawakan seorang host. Di Shopee pun tetap diadakan flash sale harian dengan diskon besar-besaran serta acara Daily Prize bagi pembeli yang ingin menukarkan koin Shopee miliknya.
Bukalapak
Bukalapak pada tanggal 11.11 menjalankan event dengan sebutan November Epic. Pembeli yang menggunakan aplikasi Bukalapak dapat menikmati cashback hingga Rp111.000. Gratis Ongkir, membeli produk digital dengan harga 11% dari harga aslinya dan tentu flash sale dengan harga fantastis 11 Rupiah.
Lazada
Lazada juga menjalankan acara 11.11 sebagai Pesta Diskon Terbesar. Di mana pembeli dapat menikmati gratis ongkir, barang dengan harga 11 Rupiah, voucher potongan hingga 1.1 juta rupiah dan tentu flash sale dengan diskon yang besar. Lazada pun juga mengadakan game seperti Slash it dan Shake it untuk membuat penggunanya lebih tertarik menggunakan aplikasinya.
Tokopedia
Berbagai promo yang ditawarkan E-Commerce Indonesia besar bertema seputar angka 11, E-Commerce yang lebih kecil pun melakukan hal serupa yakni membuat promo dengan tema angka 11. Tapi jika diperhatikan baik-baik ada satu pemain besar E-Commerce Indonesia yang partisipasinya minim jika dibandingkan yang lain. E-Commerce itu pun adalah Tokopedia. Tokopedia memiliki kampanye berupa “Mulai aja dulu” dan “Kebut Resolusi 2018” untuk menarik orang untuk belanja di Tokopedia. Tokopedia pun sepertinya tidak ada rencana memeriahkan acara 11.11 dan akan tetap menjalankan kampanye miliknya.
Pesta Diskon di Negara Lain
Pesta Diskon 11.11 ini tidak hanya berlangsung di Indonesia saja dan juga diselenggarakan di negara lain. Shopee dan Lazada menjadi E-Commerce yang ikut menjalankan pesta diskon di negara lain untuk wilayah Asia Tenggara. Shopee menjalankan pesta diskonnya di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand, di mana tiap negara memiliki promo dan permainannya masing-masing. Lazada pun juga menjalankan event ini di berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura. Jd.id pun juga tidak kalah dari Shopee atau Lazada, Jd.id pun menjalankan pesta diskon 11.11 di negara asalnya (China) dengan label Singles Day di negara tersebut.
Pesta diskon seperti 9.9, 10.10, dan 11.11 memiliki tujuan untuk menarik konsumen dan memperkenalkan konsumen untuk belanja secara online. Konsumen pun menikmati berbagai keuntungan dari Pesta Diskon ini. Pesta Diskon pun 11.11 bukan yang terkahir karena masih ada tanggal 12.12 yang menjadi Hari Belanja Online Nasional Indonesia (Harbolnas) untuk menjadi pesta diskon untuk menutup tahun 2018.
Comments :