Selang dua  hari setelah acara seminar metodologi penelitian yang diadakan di Auditorium Binus Alam Sutra, Laboratory of Business Management kembali mengadakan acara seminar metodologi penelitian dengan judul yang sama yaitu “Design Your Own Research” pada tanggal 19 Mei 2017. Seminar metodologi penelitian ini di adakan di Ruang M2CD Binus University Kampus Syahdan.Pada kesempatan ini pembicara yang memberikan materi adalah Agustinus Bandur, S.Pd., Ph.D. (Binus Doctor of Research in Management Lecturer), Dr. Haryadi Sarjono, S.T., M.M., M.E. (Head of International Marketing Program) dan Prof. Dr. Sasmoko, M.Pd. (Lecturer of Pendidikan Guru Sekolah Dasar Binus University).

Seminar ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan langsung dilanjutkan ke sesi materi pertama yang dibawakan oleh Bapak Agustinus Bandur.Sebelum beliau memulai sesi materi, Bapak Agustinus meminta para peserta seminar untuk mengisi kusioner yang telah beliau siapkan sebelumnya. Setelah para peserta seminar selesai mengisi kuisioner, beliau memulai seminar dengan menjelaskan metodologi di dalam penelitian skripsi. Pada kesempatan ini,Beliau menjelaskan cara menerapkan metode kualitatif  beserta software yang di gunakan didalam penelitian kualitatif  kepada para peserta seminar. Untuk memperjelas materi presentasinya, beliau mendemonstrasikan cara mengolah kuisioner yang telah diisi oleh para peserta seminar.Setelah itu,sesi materi pertama ditutup dengan sesi tanya jawab.

Pembicara kedua yang selanjutnya memberikan materi seminar adalah Bapak Haryadi Sarjono.  Pada sesi materi yang kedua ini, Bapak Haryadi memulai seminar dengan memperkenalkan pergantian nama dari fakultas School of Business Management menjadi Binus Business School (BBS) kepada para peserta seminar. Pada sesi ini, Beliau menjelaskan mengenai cara membuat latar belakang masalah suatu penelitian. Setelah Beliau memberikan materi seminar, terdapat beberapa mahasiswa yang antusias mengajukan pertanyaan kepada Bapak Haryadi. Semua pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dijawab dengan baik oleh Bapak Haryadi.

Pembicara ketiga yang memberikan materi seminar adalah Professor Sasmoko. Pada sesi ini, Beliau menjelaskan metodologi di dalam suatu penelitian. Pada kesempatan ini, Beliau menjelaskan mengenai model penelitian neuroresearch yang biasa diimplementasikan di bidang ilmu sosial. Model ini merupakan perpaduan antara metode penelitian kualitatif dengan kuantitatif (mix method).

Setelah ketiga pembicara selesai memberikan materi seminar, acara pun dilanjutkan ke sesi pembagian doorprize kepada peserta seminar yang beruntung. Pemberian doorprize diserahkan oleh Professor Sasmoko kepada para peserta yang beruntung menerima hadiah.

Terima kasih kepada Bapak Bandur, Bapak Haryadi dan Professor Sasmoko yang telah bersedia menjadi pembicara dalam seminar metodologi penelitian “Design Your Own Research”, para asisten Laboratory of Business Management dan para peserta seminar tersebut. Semoga ilmu dan pengetahuan yang disampaikan oleh ketiga pembicara dapat bermanfaat bagi para peserta seminar khususnya didalam penyusunan penelitian skripsi.