Pada tanggal 17 Mei 2017, Laboratory of Business Management kembali mengadakan seminar metodologi penelitian yang berjudul “Design Your Own Research”. Seminar ini merupakan seminar lanjutan yang sempat diadakan pada bulan Maret lalu. Seminar kali diadakan di ruang Auditorium Kampus Alam Sutera Binus University. Seminar metodologi penelitian merupakan seminar yang diadakan dalam rangka membantu mahasiswa Binus University dalam melakukan penelitian guna kepentingan skripsi maupun menambah pengetahuan mengenai metodologi penelitian. Pembicara di dalam seminar kali ini adalah Ibu Dr. Lim Sanny, S.T., M.M. (Head of International Business Management Program) dan Bapak Dr. Sambudi Hamali, S.T., M.M. (Lecturer Specialist Management Science).

Pada sesi pertama, materi seminar disampaikan oleh Ibu Lim Sanny. Pada awal sesi seminar, beliau memperkenalkan pergantian nama dari fakultas School of Business Management menjadi Binus Business School (BBS) kepada para peserta seminar. Pada sesi tersebut, beliau menjelaskan mengenai cara membuat latar belakang masalah yang benar dalam skripsi kepada para peserta seminar. Setelah menjelaskan mengenai penulisan latar belakang masalah, beliau mulai menjelaskan mengenai landasan teori yang dipergunakan di dalam skripsi. Selama kurang lebih 45 menit, Ibu Lim Sanny membawakan materi seminar dengan sangat baik. Setelah sesi penyampaian materi seminar selesai, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta seminar pun mengajukan beberapa pertanyaan mengenai materi seminar. Semua pertanyaan yang diajukan para peserta seminar dapat dijawab dengan baik oleh Ibu Lim Sanny.

Setelah 45 menit penjelasan yang diberikan oleh Ibu Lim Sanny, dilanjutkan dengan penjelasan materi kedua yang diberikan oleh Bapak Sambudi Hamali. Pada materi kedua ini lebih membahas mengenai metodologi yang dalam sebuah penelitian. Beliau menjelaskan beberapa metode di dalam penelitian skripsi dengan topik operasional. Setelah membahas metodologi di dalam penelitian, beliau juga membahas mengenai penggunaan jurnal internasional di dalam penelitian. Setelah beliau selesai menyampaikan materi, beliau mencoba berinteraksi dengan para peserta seminar. Para peserta seminar pun sangat berantusias bertanya kepada beliau. Beliau pun menjawab setiap pertanyaan peserta seminar dengan sangat baik.

Setelah pemberian materi seminar oleh kedua pembicara, acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada dua orang peserta seminar yang beruntung.

Seminar metodologi penelitian ini pun berjalan dengan lancar dan maksimal. Seminar yang sama akan diadakan kembali pada tanggal 19 Mei 2017 di Binus Kemanggisan.

Terima kasih kepada Ibu Lim Sanny dan Bapak Sambudi Hamali yang telah bersedia menjadi pembicara dalam seminar metodologi penelitian “Design Your Own Research”, para asisten Laboratory of Business Management dan para peserta seminar tersebut. Besar harapan Laboratory of Business Management agar ilmu dan pengetahuan yang disampaikan oleh kedua pembicara yang hebat ini dapat bermanfaat bagi para peserta seminar khususnya di dalam penyusunan penelitian skripsi.