Menurut buku The Sustainability Business oleh Jonathan T. Scott, ada tujuh elemen dan kriteria utama yang diperlukan sebuah organisasi atau bisnis, agar dapat berkembang dan menjadi sebuah organisasi atau bisnis yang berkelanjutan. Tujuh elemen ini biasa disebut dengan 7-P, yaitu Preparation, Preservation, Processes, People, Place, Product dan Production.

Preparation atau persiapan memberikan ruang untuk perubahan baik secara fisik maupun psikologis yang menerima implikasi dari keberlanjutan itu sendiri dengan pemahaman bahwa sustainability tidak semata-mata mengenai lingkungan. Pada tahap ini memahami apa yang dilakukan oleh pelaku bisnis saat coba menerapkan praktik bisnis jangka panjang yang menguntungkan dengan mengimplikasikan sesuatu. Sebagai contoh mengimplikasikan finansial yang berkelanjutan.

Preservation atau pelestarian mencakup dua area, yaitu internal dan eksternal. Area internal mengumpulkan dan menampilkan pengukuran waktu yang sebenarnya. Sedangkan area eksternal menjaga undang-undang, trend dan perkembangan yang tertunda. Processes atau proses merupakan sistem kepercayaan, filosofi, model bisnis dan pola pikir berkelanjutan yang membantu menemukan titik singgung antara bisnis dan permintaan pelanggan, termasuk kemampuan bisnis dan praktik terbaik yang diberikan.

People atau orang-orang yang menerima pelatihan dan pendidikan serta bekerja dengan tekun untuk menghindari pemborosan sumberdaya manusia. Orang-orang disini khususnya karyawan (yang mencari keamanan dan motivasi), stakeholders (yang menginginkan pengembalian atas investasinya), pelanggan (yang menginginkan keamanan dan nilai dari produk), dan juga masyarakat dunia. Place atau tempat yang dimaksud adalah bangunan dan tempat kerja dan/atau produk yang dijual.

Product adalah memastikan barang dan jasa bebas dari limbah yang tidak perlu, yang dirancang sehingga bahan, energi dan tenaga kerja dari produk tersebut dapat digunakan sebagai investasi dan terus digunakan kembali. Production atau produksi adalah proses fisik, mekanik, biologis dan kimia yang digunakan untuk mengubah bahan baku menjadi produk atau layanan yang ditawarkan.

Dari ketujuh elemen ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu strategy, the catalyst dan tactics. Preparation, Preservation dan Processes masuk dalam bagian strategi. Sedangkan people termasuk dalam bagian the catalyst. Lalu dalam tactics terdapat Place, Product dan Production. Semua elemen dapat mencapai tujuan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Sumber : Scott, J. T. (2013). The Sustainable Business 2nd Edition. UK: Greenleaf Publishing Limited