What is the difference between digital business and e commerce?

Kemajuan pesat teknologi dan penerapannya pada bisnis telah disertai oleh berbagai terminologi dan jargon baru seperti e-CRM, e-retail, dan e-procurement. Manajer dalam suatu organisasi perlu menyetujui dan mengkomunikasikan transformasi digital yang mereka usulkan melalui penggunaan teknologi digital kepada karyawan, pelanggan, dan mitra.

E‑commerce

Definisi E-commerce adalah : Ruang lingkup perdagangan elektronik (e-commerce) lebih sempit dari bisnis digital. Sering dianggap hanya merujuk pada pembelian dan penjualan menggunakan Internet; orang-orang segera memikirkan pembelian eceran konsumen dari perusahaan seperti Amazon. Tetapi e-commerce harus dianggap sebagai semua transaksi yang dimediasi secara elektronik antara suatu organisasi dan pihak ketiga yang berurusan dengannya. Dengan definisi ini, transaksi non-finansial seperti dukungan pelanggan dan permintaan informasi lebih lanjut juga akan dianggap sebagai bagian dari e-commerce.

Digital business 

Digital business lebih luas cakupannya daripada e-commerce. Ini mirip dengan istilah e-bisnis (yang pertama kali diciptakan oleh IBM), yang menggambarkannya pada tahun 1997 sebagai:

“e‑business (e’biz’nis) – the transformation of key business processes through the use of Internet technologies”.

Dikutip dari

Chaffey, Dave – Digital Business and E-commerce Management Strategy, Implementation And Practice-Pearson Education Limited (2015)

 

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD