The main types of online revenue model (Part 2)

Jenis utama dari model pendapatan online adalah:

  1. Transaction fee revenue. Perusahaan menerima biaya untuk memfasilitasi transaksi.
  2. Subscription access to content or services. Sejumlah dokumen dapat diakses dari penerbit untuk jangka waktu tertentu. Ini sering disebut sebagai layanan premium di situs web.
  3. Pay‑per‑view access to documents. Di sini pembayaran terjadi untuk akses tunggal ke dokumen, video, atau klip musik yang dapat diunduh. Itu mungkin atau mungkin tidak dilindungi dengan kata sandi atau manajemen hak digital.
  4. Subscriber data access for email marketing. Data yang dimiliki pemilik situs tentang pelanggannya juga berpotensi berharga karena dapat mengirim berbagai bentuk email kepada pelanggannya jika mereka telah memberikan izin bahwa mereka senang menerima email dari penerbit atau pihak ketiga. Pemilik situs dapat membebankan biaya untuk iklan yang ditempatkan dalam buletin atau dapat mengirimkan pesan terpisah atas nama pengiklan (kadang-kadang dikenal sebagai ‘sewa daftar’). Pendekatan terkait adalah melakukan riset pasar dengan pelanggan situs.

Dikutip dari

Chaffey, Dave – Digital Business and E-commerce Management Strategy, Implementation And Practice-Pearson Education Limited (2015)

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD