Different types of sell side e commerce

Different types of sell side e commerce

 

E-commerce sisi penjualan tidak hanya melibatkan penjualan produk secara online tetapi juga melibatkan penggunaan teknologi digital untuk memasarkan layanan menggunakan berbagai teknik.

Tidak setiap produk cocok untuk dijual secara online, jadi cara penggunaan situs web untuk memasarkan produk akan bervariasi. Penting untuk meninjau kelima jenis utama kehadiran online ini untuk e-commerce dari sisi penjualan, yang masing-masing memiliki tujuan berbeda dan sesuai untuk pasar yang berbeda. Ini bukan kategori situs web yang jelas karena perusahaan mana pun dapat menggabungkannya jenis, tetapi dengan perubahan dalam penekanan sesuai dengan pasar yang mereka layani. Saat Anda meninjau situs web, perhatikan bagaimana organisasi memiliki bagian berbeda dari situs yang fokus pada lima fungsi ini:

1 Transactional e-commerce sites.  Ini memungkinkan pembelian produk secara online. Kontribusi bisnis utama situs ini adalah melalui penjualan produk-produk ini. Situs ini juga mendukung bisnis dengan memberikan informasi bagi konsumen yang lebih suka membeli produk secara offline. Ini termasuk situs ritel, situs perjalanan, dan layanan perbankan online.

2 Services-oriented relationship-building websites..Memberikan informasi untuk merangsang pembelian dan membangun hubungan, khususnya di mana produk tidak cocok untuk dijual secara online. Informasi disediakan melalui situs web dan buletin elektronik untuk menginformasikan keputusan pembelian. Kontribusi bisnis utama melalui penjualan offline dan menghasilkan pertanyaan atau prospek dari pelanggan potensial, yang dikenal sebagai generasi pemimpin.

3 Brand-building sites. Memberikan pengalaman untuk mendukung merek. Produk biasanya tidak tersedia untuk pembelian online. Fokus utama mereka adalah mendukung merek dengan mengembangkan pengalaman online merek tersebut. Uuntuk barang-barang konsumen yang bergerak cepat dan bernilai tinggi, bervolume tinggi.

4 Publisher or media sites. Berikan informasi, berita, atau hiburan tentang berbagai topik. Ini adalah informasi di situs dan melalui tautan ke situs lain. Situs media memiliki beragam pilihan untuk menghasilkan pendapatan, termasuk iklan, penjualan berbasis komisi, dan penjualan data pelanggan (daftar).

5 Social network sites (SNS). Social network dapat dianggap berada dalam kategori sebelumnya karena mereka sering didukung oleh iklan, tetapi pengaruh jaringan sosial seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter pada komunikasi perusahaan dan pelanggan menunjukkan bahwa mereka membentuk kategori yang terpisah.

Dikutip dari

Chaffey, Dave – Digital Business and E-commerce Management Strategy, Implementation And Practice-Pearson Education Limited (2015)

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD