People Innovation Excellence

Lentur? Ketika Generasi Milenium Mengambil Alih

by: Sarah Alia Djohan (2101710795); Rizky Yogatama (2101690244)

 

Lentur yang dimaksud adalah perusahaan yang mempunyai struktur organisasi fleksibel dan tidak berpatokan terhadap struktur organisasi formal atau hierarki-hierarki formal yang ada di perusahaan pada umumnya. Dewasa ini masih banyak yang beranggapan bahwa hierarki atau birokrasi itu tidak sehat untuk sebuah perusahaan dan cenderung lebih banyak memberikan dampak negatif untuk perusahaan yang menggunakannya. Bahkan Gary Hamel seorang pakar Manajemen dari Amerika Serikat berpendapat bahwa birokrasi atau hierarki seharusnya ditumpaskan. Tetapi nyatanya birokrasi atau hierarki tersebut tidak dapat ditumpaskan secara keseluruhan karena sebenarnya fungsi dari birokrasi ataupun hierarki ini adalah membantu perusahaan untuk menuju lebih efisien lagi, lalu menjadikan perusahaan lebih koordinatif, dan juga mengurangi beban kognitif. Mungkin untuk generasi Baby Boomers birokrasi dinilai sangat sesuai dan cocok tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan generasi Millennials yang menilai birokrasi tidak sesuai karena perusahaan yang ingin maju dan berkembang tidak bisa menunggu senior staff untuk memunculkan ide-ide cemerlang. Solusi yang ditawarkan adalah untuk tidak menumpas keseluruhan dari birokrasi tetapi mengubah susunan organisasi menjadi “lentur”. Ubahlah susunan perusahaan menjadi lebih lentur agar perusahaan dapat maju dan berkembang.

 

 

 

Sumber: Notter, J., and Grant, M. (2015). When Millennials Take Over: Preparing for the Ridiculously Optimistic Future of Business. Ideapress Publishing.


Published at :
Written By
Sarah Alia Djohan (2101710795); Rizky Yogatama (2101690244)
Student of BBS-UP Management Program | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close