People Innovation Excellence

CARA MEMPENGARUHI LAWAN BICARA TANPA BERBICARA

by:Amat Pujianto 2101687640; Hensa Naomi  2101701916

 

Perbedaan pendapat dan pemikiran setiap orang sangat wajar ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Gak jarang kamu akan menghadapi secara langsung lawan bicara yang cukup menguras energimu karena gak peduli sepanjang apapun kamu bicara, informasi yang kamu sampaikan gak diserap olehnya. Tapi, tahukah kamu ada 9 cara efektif mampu mempengaruhi lawan bicaramu tanpa menggunakan kata – kata. Yuk simak pembahasan berikut!

  1. Tingkatkan kepercayaan diri

Anda bisa mempengaruhi orang lain dengan meningkatkan kepercayaan diri anda dengan  memberikan mereka dukungan serta menghindari kata – kata yang meragukan. Maka, orang lain akan percaya kepada anda dengan solusi dan jawaban yang anda berikan kepada mereka sehingga mereka akan menemukan jawaban yang mereka inginkan. Dengan begitu, anda dapat mempengaruhi orang lain dan orang lain akan mengikuti anda.

  1. Ingin mendorong seseorang untuk memiliki pemikiran yang sama? Coba berperanlah seperti cermin baginya

Jika kamu melihat orang lain secara gak sadar meniru bahasa tubuhmu, kamu bisa dipastikan bahwa mereka suka atau setuju denganmu. Dengan anda memiliki pemikiran yang sama dengan mereka maka kamu akan mengerti apa yang mereka inginkan. Sehingga, anda tidak memberikan jawaban mengecewakan baginya.

  1. Pastikan Anda tampak jujur tanpa kebohongan

Jika anda memberikan jawaban dengan kebohongan maka akan menjadi masalah besar dan jika anda memberikan informasi yang salah maka orang lain tidak akan mempercayai anda lagi. Karena, syarat mempengaruhi orang lain memperoleh kepercayaan orang lain kepada diri kita.

  1. Miringkan kepalamu ke arah depan atau belakang untuk mengubah sikap lawan bicaramu

Penelitian membuktikan bahwa semakin kamu menundukkan kepalamu, kamu akan dinilai semakin merendah. Sedangkan semakin kamu mendongakkan kepalamu, kamu akan dinilai semakin dominan.

  1. Ingin terlihat lebih penting? Bentangkan gerak tubuhmu lebih luas

Orang yang powerful membutuhkan ruang yang lebih besar. Mereka akan “merentangkan” lengan dan kaki mereka, membuat gestur yang luas dan cenderung memenuhi ruang yang ada. Fakta ilmiahnya, orang yang tinggi secara statistik cenderung lebih lancar dalam profesi mereka daripada orang yang pendek.

    6.  Kalau kamu ingin seseorang jatuh cinta padamu, tatap matanya

kontak mata sederhana mampu membuat seseorang jatuh cinta padamu. Dalam penelitian ini, beberapa pasang orang asing diminta untuk dengan serius menatap mata satu sama lain dalam-dalam selama dua menit. Mayoritas mereka menyatakan akhirnya timbul perasaan tertarik pada satu sama lain.

  7.  Bagaimana caramu menilai apakah seseorang berbohong? Lihat tubuhnya

Perhatikan kontradiksi pada tubuhnya. Terlepas dari mata dan wajahnya, lihat apakah bagian badannya menghadap secara aneh. Jika wajah seseorang terlihat kalem tapi tangan ataupun jarinya gelisah, waspadalah. Perhatikan juga kakinya. Jika kakinya menghadap atau menyilang secara aneh, besar kemungkinan ia berbohong.

    8.  Ketika kamu kalah dalam sebuah permainan, bersikaplah seperti seorang pemenang

Ada bahasa tubuh yang berhubungan dengan kekalahan yang bisa dibaca secara mudah oleh orang lain. Dalam dunia olahraga, sikap tersebut bisa menurunkan “harga jual” atlit yang bersangkutan. Ingin berkarir lebih baik? Busungkan dada dan berjalan selayaknya pemenang. Mengakui kekalahan dalam sebuah perlombaan menandakan jika anda memiliki hati yang besar dan bersikap seperti pemimpin yang dewasa

    9.  Kamu bisa mendominasi percakapan dengan memajukan badanmu mendekati lawan bicaramu

Kamu bisa memimpin obrolan dengan mencondongkan badanmu ke depan ketika kamu ingin lawan bicaramu berhenti mengoceh. Atau gunakan gestur tangan untuk mengisi ruang di antara kalian. Gestur tersebut sama dengan berdiri di dalam kelas saat sekolah ketika kamu ingin dipilih ketika menjawab sesuatu.

 

Sumber: Wicaksono, B. D. (2018). 22 Cara Ini Terbukti Secara Sains Bisa Pengaruhi Orang Tanpa Berbicara. Diunduh dari: https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/science/experiment/amp/bayu/24-cara-yang-terbukti-secara-sains-bisa-mempengaruhi-orang-lain-tanpa-berkata-kata


Published at :
Written By
Amat Pujianto 2101687640; Hensa Naomi  2101701916
Student of BBS-UP Management Program | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close