Pemimpin Terbaik Memelihara Pikiran Terbuka

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Kita sering memikirkan pemimpin besar karena keyakinan keyakinan mereka-mereka bukan orang bodoh. Namun pemimpin yang paling sukses sebenarnya menunjukkan kesediaan untuk diyakinkan. Bagaimana Anda bisa melakukan ini, terutama pada masalah di mana Anda tidak objektif?

  • Melatih ketrampilan sesering mungkin. Ketika memperdebatkan sebuah keputusan, membayangkan mengubah sebuah tombol: semua jalan ke kanan mewakili kepastian yang mutlak, dan sepanjang jalan ke kiri tidak berarti sama sekali.
  • Ingat sejenak keburaman, saat Anda tidak dapat melihat situasi dengan jelas, atau bila sesuatu yang Anda yakin benar ternyata salah. Kapan pun Anda merasa terlalu percaya diri, ingatkan diri Anda akan saat itu, dan ingat nasihat.
  • Cepat beralih. Sulit untuk mengubah pikiran Anda tentang keyakinan lama. Tapi semakin cepat Anda mengetahui bahwa sebuah gagasan (bahkan yang dicintai) tidak bisa dijalankan, semakin cepat Anda beralih ke tindakan yang benar.

Diadaptasi dari “The Best Leaders Allow Themselves to Be Persuaded,” by Al Pittampalli

 

Sumber: Pittampalli, A. (2016). The Best Leaders Allow Themselves to Be Persuaded. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/03/the-best-leaders-allow-themselves-to-be-persuaded?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14212438&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=760906902&spReportId=NzYwOTA2OTAyS0.  Retrieved on April 13, 2016.

Nugroho J Setiadi, PhD
  1. Sebagai seorang pemimpin kita harus memiliki pemikiran yang terbuka.Tidak selamanya rencana dan pemikiran kita berjalan dengan baik oleh karena itu diperlukan nasihan nasihat serta saran dari orang yang terdekat atau orang yang bisa dipercaya.Karena siapa tahu saja pemikiran dari orang orang terdekat kita justru sangat berguna bagi seorang pemimpin ketika mengambil suatu keputusan ARIQ RIZKI.P 2101722694 LE21