3 Cara untuk Terhubung via Media Sosial dengan Bos Anda yang canggung

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Semua orang ingin memiliki hubungan baik dengan atasan mereka, tapi itu bisa menjadi tantangan untuk membentuk ikatan jika manajer Anda tidak tahu bagaimana mengobrol, tidak akan melakukan kontak mata, atau kadang-kadang mengatakan hal yang tidak pantas. Ada strategi yang bisa Anda gunakan untuk melewati kecanggungan sosial dan membangun koneksi.

 

  • Kenali dia. Ini akan membutuhkan usaha ekstra pada akhir Anda, tapi kenali hobi, minat, dan gairah bos Anda, dan kemudian berusaha untuk terhubung dengannya mengenai topik tersebut.
  • Gunakan kecerdasan emosional. Carilah cara Anda dapat memfasilitasi hubungan interpersonal atasan Anda di tempat kerja. Gunakan kecerdasan emosional Anda untuk membantu atasan Anda berkomunikasi dengan rekan kerja, menerjemahkan visinya, dan menghaluskan bagian kasarnya.
  • Tawarkan perspektif. Menggunakan empati, dengan lembut memberikan umpan balik untuk meningkatkan kesadaran dirinya. Misalnya, Anda mungkin berkata, “Komentar itu mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda.”

Diadaptasi dari  “What to Do When Your Boss Is Socially Awkward,” by Rebecca Knight

 

Sumber: Knight, R. (2016). What to Do When Your Boss Is Socially Awkward. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/12/what-to-do-when-your-boss-is-socially-awkward?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16751717&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=980803958&spReportId=OTgwODAzOTU4S0. Retrieved on March 13, 2017.

Nugroho J Setiadi, PhD