People Innovation Excellence

ANALISIS HASIL SIMULASI SISTEM ANTRIAN TELLER BANK

Simulasi base case scenario dibuat berdasarkan keadaan sesungguhnya dari sistem antrian teller Bank, dengan melakukan replikasi sebanyak delapan kali. Selanjutnya, hal yang dilakukan untuk memvalidasi base case scenario ialah dengan menganalisis confidence interval dari output average time in system dan average time in waiting. Model base scenario dapat dikatakan valid apabila data actual kedua input masuk ke dalam interval.

Setelah dihitung dan didasarkan pada replikasi sebanyak 8 kali maka dapat dilihat bahwa data actual masuk ke dalam confidence interval dengan tingkat keyakinan 95%.

Tabel 1. Validasi :

Skenario

Penyusunan skenario terhadap model. Setelah model dianggap valid, maka berikutnya adalah membuat beberapa skenario atau eksperimen untuk memperbaiki kinerja sistem sesuai dengan keinginan. Berikut parameter yang dibuat pada sekenario simulasi sistem antrian bank.

Tabel 2. Parameter Skenario Simulasi

Berdasarkans skenario-skenario tersebut dibuat dengan asumsi akan memiliki pengaruh yang besar besar terhadap sistem antrian yang terjadi di Bank. Adapun untuk mengetahui pelayanan teller yang paling optimal, objek yang dibandingkan adalah scheduled time, current quantity in system, utilization,idle, dan average time in system Berdasarkan pada skenario yang dibuat, dapat diketahui ouput dari skenario sebagai berikut:

Author :
Rama Leo Batra – 1801435736

Diajeng Tiara Vashti Sarita – 1801450176

Rahmat Danata Putra Surbakti – 1801448316

Haryadi Sarjono – D1574


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close