Gunakan Kata Kunci di Baris Perihal Email Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Saat Anda mengirim email, hal pertama yang dilihat oleh penerima Anda adalah baris subjek, jadi pastikan itu sejelas mungkin: Apa tujuan email Anda? Apa yang Anda ingin sipenerima lakukan? Ambil halaman dari personil militer. Baris subjek mereka menggunakan kata kunci dalam semua huruf besar untuk diperhatikan tujuan email. Sebagai contoh:

  • INFO – Untuk tujuan informasi saja
  • PERMINTAAN – Mencari izin atau persetujuan dari penerima
  • TINDAKAN – Penerima harus mengambil tindakan

Kerangka ini mungkin tampak jelas atau tidak perlu, namun email-email Anda menonjol di kotak masuk penerima. Jadi jika Anda perlu mengirim laporan langsung Anda pembaruan status, cobalah menggunakan baris subjek: INFO – Update Status. Jika Anda memerlukan manajer Anda untuk menyetujui permintaan liburan Anda, Anda bisa menulis REQUEST – Vacation. Menggunakan kata kunci ini juga memaksa Anda untuk memikirkan apa yang Anda inginkan dari seseorang sebelum Anda berkontribusi pada kekacauan email mereka.

Diadaptasi dari “How to Write Email with Military Precision,” by Kabir Sehgal

 

Sumber: Sehgal, K. (2016). How to Write Email with Military Precision. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/11/how-to-write-email-with-military-precision?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16540896&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=960897061&spReportId=OTYwODk3MDYxS0. Retrieved on February 13, 2017.

Nugroho J Setiadi, PhD
  1. saya sangat setuju dengan artikel ini dimana mengisi subjek email memang sering dilupakan karena di anggap tidak penting (yang dianggap lebih penting adalah isi emailnya aja) padahal sebenarnya subjek itu juga penting, dimana menentukan orang yang menerima email mau buka/tidak email tsb. saya sendiri merasa masih jarang mengisi subjek email sehingga saya berniat untuk mulai membiasakan diri.

    • menurut saya, saya sangat setuju dengan artikel ini karena dizaman sekarang anak muda cenderung malas untuk mengisi subject padahal sebenarnya dengan kita mengisi subject orang yang menerima email kita jadi mengetahui isi dari email yang kita kirimkan. dan orang yang menerima email kita dapat memilah apakah email kita penting atau tidak, dapat didahulukan atau tidak

  2. Saya setuju dengan ini,karena dengan menulis subjek email juga sangat penting,karena subjek merupakan umpan yang harus ditangkap. Tidak peduli seberapa baik dan banyak nya isi email,kriteria dari sebuah email adalah bagaimana cara agar penerima email mau membuka email yang kita kirim kirim atau sebaliknya. Jadi subjek menandakan bahwa subjek juga penting dalam email agar penerima dapat mengetahui pentingnya email tersebut dan membukanya.

  3. saya sangat setuju dengan artikel di atas. mengisi subjek email sangatlah penting karna subjek email itu sendiri akan menentukan isi email tersebut. Biasanya ada beberapa orang yg dikirimkan email tetapi tdk ada subjeknya tdk dibaca karna dianggap tdk penting dan tdk formal. Maka dari itu mulai sekarang sy biasakan untuk mengisi subjek email.

  4. Saya setuju dengan artikel ini, menulis subjek email sangat penting karena subjek email dapat memberikan informasi kepada penerima bahwa email yang di kirim bersifat penting, dan pengirim mau membuka email tersebut

  5. saya setuju dengan isi artikel di atas. mengisi subjek email sangatlah penting karna subjek email itu sendiri akan menentukan isi email tersebut. Biasanya ada beberapa orang yg dikirimkan email tetapi tdk ada subjeknya tdk dibaca karna dianggap tdk penting dan tdk formal. Maka dari itu mulai sekarang sy biasakan untuk mengisi subjek email.

  6. Subjek dalam pengiriman email sangat penting seperti pada dijelaskan dalam artikel diatas karna subjek sendiri menggambarkan isi email tersebut. Biasanya jika formal mengisi subjek email, serta ada juga sebagian besar orang tidak menghiraukan email tidak bersubjek. jonathan caleb - 2101692956

  7. Mengisi subjek email sangatlah penting karna untuk memberi informasi kepada penerima email tentang isi email tersebut. bila subjek email kosong biasa email tersebut diabaikan. lebih baik mulai sekarang biasakan mengisi subjek email.

  8. Saya setuju karena dengan memaksimalkan penggunaan subjek dapat mempercepat respon dari penerima email yng kita kirim

  9. Email yang tidak ada subjeknya biasanya akan diabaikan, oleh karena itu biasakan menulis subjek agar penerima membaca email yang di kirim dan mengerti mengenai apa isi email tersebut melalui subjek yang ditulis

  10. Saya setuju dengan artikel tersebut.karena subjek email sebenarnya merupakan informasi kepada penerima email apa isi dan tujuan email tersebut.Terkadang orang-orang menganggap subjek email tidak diperlukan.Padahal Subjek email bisa menjadi informasi awal bagi penerima email ARIQ RIZKI.P 2101722694 LE21

  11. Writing in all caps, block capital letters is indeed one of the surefire way to grab the attention of a reader; after all, nothing is more eyecatching than a sentence written in ALL CAPS in the sea of normally-written text. Basically, writing in all caps is the written equivalent of SHOUTING, and just like shouting it will easily grab anyone's attention. In that regard, I agree with the article; using it not only will grab your reader's attention, but also convey a sense of urgency and importance. If there is anything I want to add, it's that one must be careful in using all caps; there is a reason that it is so rare to see them, and wrong use of it can annoy a reader enough to ignore whatever you wrote because it is seen as rude. That's why in emails one should typically only use it on the subject; any more and the recipient might get offended or annoyed. M Arial Fauzan Pane 2101671812 - (LE21)

  12. Artikel ini membahas hal yang sering dilupakan oleh orang orang. Saya setuju bahwa menulis subjek email merupakan hal yang penting. Kita harus menjelaskan tujuan kita menulis email karna bisa jadi orang yang kita tuju merupakan orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk membaca semua pesan. Jika kita tidak mencantumkan judul, penerima tidak dapat tahu seberapa penting kah dan apa tujuan email kita. Apabila kita menuliskan judul, semakin besar kemungkinan email kita akan dibaca dan mendapatkan feedback dari orang tersebut.

  13. Saya setuju mengenai adanya pengenalan subjek tentang adanya kata kunci personil militer juga dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari yang dapat menyadarkan bahwa email tersebut memiliki pesan yang berisikan tujuan berbeda.

  14. Dalam mengirim email kepada seseorang, kita harus mengetahui subjek dari email yang akan kita tuju. Agar orang yang menerima email dapat mengerti dari pesan yang kita kirim, dan kita pun mengerti juga. Agar tidak terjadi kesalahpahaman Muhammad rifqi zulfikar 2101664864 LE 21

  15. Ya cara ini cukup ampuh dan dapat memudahlan kita dalam mengategorikan subjek yang ada agar tidak salah Velvin naufal caesar taqi latief 2101719756 LE21

  16. Saya setuju dengan artikel di atas, sangat informatif agar tidak akan ada kesalahan dalam pengiriman email lagi. Dengan memberikan serta mengkateregorikan subjek email lebih memudahkan penerima email, dan tata cara pengiriman email yang baik akan diterim oleh penerim email tersebut.

  17. saya sangat setuju karena subjek itu sangat penting karena hal itu memudahkan kita untuk menyampaikan tujuan dan maksud kita mengirim email tersebut , dan subjek juga mempermudah penerima untuk membaca email kita.