Mengubah Tanggapan Negatif rekan kerja menjadi sebuah hubungan yang lebih baik

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Tidak ada yang suka mendapatkan umpan balik negatif – terutama dari rekan kerja – tapi demonizing rekan kerja Anda yang jujur dengan Anda tidak akan membawa Anda kemana saja. Bagaimanapun, mereka meluangkan waktu untuk memberi umpan balik karena mereka peduli dengan Anda dan kesuksesan Anda. Jadi minta bantuan mereka. Jadwalkan waktu untuk menindaklanjuti apa yang mereka katakan kepada Anda. Itu tidak harus segera, terutama jika Anda masih memikirkan bagaimana memperbaiki tingkah laku Anda dengan lebih baik. Tapi begitu Anda siap, jangkau. Duduklah bersama, katakan kepada mereka bahwa Anda bermaksud memperbaiki diri, dan jelaskan bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan. Mintalah masukan mereka atas rencana Anda dan apakah mereka memiliki saran untuk tindakan tertentu yang dapat Anda lakukan. Mereka tidak hanya akan berada di sana untuk mendukung Anda sepanjang perjalanan, tapi juga akan lebih banyak dicurahkan dalam perbaikan Anda – dan hubungan Anda.

Diadaptasi dari “Using Harsh Feedback to Fuel Your Career,” by William Treseder

 

Sumber: Treseder, W. (2016). Using Harsh Feedback to Fuel Your Career. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/10/using-harsh-feedback-to-fuel-your-career?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16456066&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=960046247&spReportId=OTYwMDQ2MjQ3S0.  Retrieved on February 1, 2017.

Nugroho J Setiadi, PhD
  1. Kita sebagai rekan kerja, harus mengubah rekan kerja kita untuk menjadi lebih baik, baik dari segi sifat, sikap, dll. Kita juga harus bisa memperbaiki rekan kerja kita jika mereka melakukan kesalahan supaya tidak terjadi lagi hal yang tidak diinginkan dan dengan mengubah tanggapan rekan kerja kita menjadi lebih baik, akan membawa perusahaan menjadi lebih baik pula serta dapat mencapai suatu tujuan perusahaan yang belum tercapai serta kita juga mendapatkan timbal balik yang baik dari rekan kerja kita yang lain.

  2. Kita sebagai rekan kerja juga harus mengubah tanggapan rekan kerja yang lain untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi sehingga kesejahteraan perusahaan juga lebih baik dan apabila ada rekan kerja yang masih memliki tanggapan yang tidak baik, kita harus memperbaikinya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan lagi serta kita mendapatkan umpan balik yang baik juga dari rekan kerja yang lain.

  3. Saya sangat setuju dengan artikel ini, karena menurut saya jika kita di kritik oleh orang lain itu akan membuat kita menjadi lebih bisa memperbaiki diri sehingga akan membantu kita dalam mencapai kesuksesan dalam karir, lalu setelah itu kita bisa melakukan pendekatan dengan rekan kerja tersebut sehingga kita bisa meminta saran kepada mereka tentang sikap apa yang harus di perbaiki sehingga kita bisa memikirkan lagi apa yang harus dilakukan, maka jika ada rekan kerja yang berpikiran negatif tentang kita ada baiknya kita bertanya ke mereka tentang yang mereka pikirkan dan ajak mereka untuk mengeluarkan pendapat tentang diri kita dan jangan marah jika pendapat yang mereka keluarkan akan sangat tidak enak untuk di dengar namun saran dari mereka adalah hal penting dalam melakukan perbaikan diri. Terima kasih

  4. saya setuju dengan artikel ini, sebab ketika kita di kritik oleh rekan kerja kita itu akan menjadikan kita lebih semangat untuk memperbaiki diri kita kedepannya agar lebih baik lagi, jika rekan kerja berpendapat negatif kepada kita juga harus koreksi diri kita kenapa dia berpikiran negatif terhadap kita mungkin dari segi kerja kita yang kurang baik atau kurang maksimal .

  5. Saya setuju denvan artikel ini.Karena apabila mendapatkan umpan balik negatif,maka kita bisa mengetahui apa saja kekurangan yang masih dimiliki.Dan juga kita bisa memperbaiki kekurangan tersebut.Contohnya dengan meminta saran dan solusi dari orang yang memberikan kritik tersebut apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang masih dimiliki ARIQ RIZKI.P 2101722694 LE21

  6. saya sangat setuju dengan artikel ini karena saran/masukan dari teman/rekan kerja itu penting dan baik untuk kita sehingga kita bisa memperbaiki diri. Kita seharusnya bersyukur bila memiliki teman/rekan kerja seperti itu, bukan malah sebaliknya marah/tidak bisa terima. Justru, teman/rekan kerja yang baik adalah mereka yang mau terbuka sepenuhnya dengan kita dan ingin kita memperbaiki diri agar bisa menjadi individu yang lebih baik lagi. Kita pun harus melakukan sebaliknya, bila memang merasa bahwa ada sikap dari teman/rekan kita yang buruk maka kita bisa memberitahukannya tapi dengan cara yang baik.