People Innovation Excellence

Untuk pertemuan virtual yang lebih baik, fokus pada hubungan

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Karena semakin banyak karyawan bekerja di luar kantor, pertemuan virtual menjadi kebutuhan. Karena lebih sulit untuk “membaca ruangan” saat Anda tidak berada di ruangan yang sama dengan tim Anda, pertemuan ini bisa sulit dinavigasi. Kuncinya adalah fokus pada membangun hubungan. Biarkan 10 menit di awal setiap pertemuan agar orang bisa terhubung dan saling mengejar. Anggap ini sebagai waktu watercooler virtual Anda, saat Anda dapat melakukan percakapan informal. Ajukan pertanyaan tentang kehidupan pribadi dan keluarga untuk saling mengenal di luar konteks pekerjaan. Setelah Anda memulai rapat secara resmi, pastikan untuk merujuk ke masing-masing kontributor berdasarkan nama sehingga setiap orang merasa dikenali dan menjadi bagian dari masyarakat. Bila bisa, bertemu muka dengan anggota tim. Teknik-teknik ini membantu meletakkan fondasi untuk percakapan dan koneksi otentik, yang pada akhirnya menghasilkan pertemuan virtual yang lebih efektif.

Diadaptasi dari “What Everyone Should Know About Running Virtual Meetings,” by Paul Axtell

 

Sumber: Axtell, P. (2016). What Everyone Should Know About Running Virtual Meetings. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/04/what-everyone-should-know-about-running-virtual-meetings?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14996710&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=821409566&spReportId=ODIxNDA5NTY2S0.   Retrieved on July 20, 2016.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Sangat setuju dengan artikel ini. Perilaku-perilaku seperti yang disampaikan diatas sangat benar adanya. Selain pertemuan virtual yang efektif, dapat juga menjadikan pertemuan tersebut menjadi awal dari pertemuan selanjutnya yang akan membawa ke tujuan positif lainnya di masa depan.

  2. Mengenali tim dengan baik adalah kunci bekerja sama mencapai tujuan maximal. walaupun tanpa pertemuan rutin organisasi tetap dapat bekerja dgn baik apabila manager tau dan kenal dengan benar masing2 individu dari tim nya .

  3. I very much agree to what Mr. Nugroho said about not being able to read the room in virtual meeting. i mean, it is hard enough already for those who does not have the experience to read people in the room and act accordingly, it would be much harder to do in virtual room. but i think the time spent on the earlier phase might be good to get the feel even if its not as optimal as doing a face to face meeting.

    2201837365
    AO-LF21

  4. Dengan adanya pertemuan virtual membuat kita diuji untuk lebih bisa mengenal orang lain dengan memberi waktu lebih untuk mengenal dan mempelajari gaya bicara lawan kita nanti. Gunanya untuk meletakkan sebuah fondasi untuk percakapan yang nantinya menghasilkan pertemuan virtual yang lebih efektif

  5. Menurut saya, membangun hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja adalah sebuah kewajiban. Pertemuan-pertemuan yang dilakukan baik bertatap wajah langsung ataupun percakapan virtual berperan penting dalam menjalin komunikasi yang baik. Selain itu, komunikasi yang baik ini pula dapat mempererat tali persaudaraan antarsesama rekan kerja.

  6. kalau menurut saya mempertanyakan pertanyaan yg bersifat pribadi seharusnya dikurangi mungkin orang lain akan tersinggung

  7. Thank you sir for a nice article

  8. mengenal lebih dalam lagi dengan sesama tim dapat membuat hubungan kerjasama dapat berjalan lebih baik lagi karena dapat lebih mengenal satu sama lain. pertemuan secara virtual terbilang cukup baik karena bisa melakukan pertemuan dengan jarak jauh, tetapi di butuhkan juga pertemuan secara langsung agar kita tahu lebih baik dengan siapa kita melakukan pertemuan.

  9. Betul sekali. Jika kita menggunakan cara pertemuan virtual tersebut, kita bisa menghemat biaya operasional serta menghemat waktu.

  10. Hubungan dengan rekan kerja, baik dalam sebuah pekerjaan maupun di luar pekerjaan sangatlah penting. Karena semakin baik/eratnya hubungan dengan rekan kerja, maka semakin cepat dan mudah dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sebaliknya, apabila hubungan dengan rekan kerja kurang akrab, maka pekerjaan akan semakin sulit diselesaikan. Untuk itu hubungan di luar pekerjaan harus terus dilakukan agar bisa saling mengenal lebih jauh lagi dengan rekan kerja.

  11. ya pertemuan virtual lebih mempermudah cara kita berkomunikasi dan belajar non book. dimana pun kapan pun sangat berguna untuk berdiskusi pendapat maupun belajar. hanya bermodalan laptop maupun handphone .

  12. Dalam pertemuan virtual sangat di butuhkan untuk saling mengenal.Apalagi saat memulai sebuah pertemuan.Jika para sesama peserta tidak saling mengenal, pertemuan akan menjadi kurang lancar. Ada baiknya terlebih dahulu perkenalan .

  13. Dalam Menghadapi Suatu kerjasama dalam rekan kerja harus juga seperti menjalin hubungan dengan teman, Jadi peru sekali untuk mengetahui bagaimana menjalin pertemanan sesama rekan kerja

    Jika hubungan itu sudah muncul, Makan sangat mudah untuk bekerja dengan rekan tim tersebut

  14. menurut saya dengan adanya virtual meeting sebenarnya tidak akan berjalan dengan efektif, tapi melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih di jaman sekarang akan memudahkan juga untuk para karyawan yang sedang tidak dikantor atau sedang berada diluar kota untuk tetap dapat mengikuti meeting walaupun secara virtual,tapi juga harus melakukan pertemuan secara langsung dengan rekan kerja atau tim agar hubungan antar tim dan rekan kerja semakin terjalin dengan baik

  15. Menurut saya, pertemuan virtual memang menjadi salah satu alternatif untuk berbisnis atau bekerja jarak jauh karena sekarang semakin banyak pekerjaan yang dikerjakan diluar perkantoran dan bertambah majunya tehnologi mempengaruhi hal ini. Namun, pertemuan tatap muka tidak kalah sama pentingnya, karna biasanya percakapan bertatap muka jauh lebih efektif menghasilkan ‘sesuatu’ dari pada pertemuan virtual. Menurut saya, dalam berbisnis atau berkerja secara virtual dan tatap muka adalah hal yang seharusnya menjadi kesatuan. Bicara melalui visual tanpa pernahh bertatap muka sekalipun terkadang menjadikan hal hal canggung terjadi dan kurang sampainya penyampaian topik pertemuan tersebut.

  16. Saya setuju, karena saat pertemuan virtual memang mempererat hubungan adalah yang terpenting. Karena tidak langsung bertatap muka. Sehingga, meskipun tidak bertatap muka secara langsung, sesama anggota bisa saling mengenal dan saling akrab satu sama lain.

  17. Saya setuju dengan artikel ini karena walaupun teknologi sudah dipakai di mana-mana, kita masih harus bertemu secara langsung untuk membangun hubungan lebih dalam kerjasama.

  18. Iya menurut saya pertemhan virtual sangat di butuh kan agar mengenal satu sama lain dan bisa saling akrab

  19. Saya sangat setuju pada artikel “membaca ruang” saat anda tidak berada di ruangan yang sama dengan tim anda.
    Di era teknologi saat ini semua orang berkomunikasi malalui gadget . jarang sekali kita menemuinya dengan secara langsung. Berkomunikasi secara langsung terhadap orang lain sangatlah penting yaitu
    1. Kita bisa memahami semua informasi yang lebih kompleks .
    2.mendapat hal baru
    3.mempererat tali persaudaraan antara pribadi dan golongan
    4. dapat memberi solusi yang bermanfaat .
    Komunikasi secara langsung ini sangat berguna dalam bidang pendidikan , pekerjaan ,dan kehidupan sehari – hari. Dalam dunia perkerjaan komunikasi harus selaras dan konsisten dengan hasil kerja kita . Sehingga dalam hungungan kerja kita terhadap tim yang lain bisa berjalan dengan efektif dan efisien

  20. Sangat mengingatkan untuk membangun koneksi terlebih dan menyamakan frekuensi pembicaraan sebelum masuk ke pembicaraan yang lebih intens dan fokus. Pertemuan virtual adalah salah satu cara yang cukup efektif karena bisa dilakukan kapan saja dengan menyesuaikan jadwal antara satu dan lainnya dan hanya membutuhkan ruangan yang tidak berisik. Sebenarnya, menyatukan frekuensi pembicaraan juga perlu dalam perjumpaan fisik, namun biasanya hal ini sudah terjadi sebelum pembicaraan yang intens dan lebih fokus dimulai.

  21. Ya artikel ini sangat baik karena memang tak semua mahasiswa bisa nyambung atau mengerti suatu pembelajaran dalam waktu yang sangat singkat jadi biarkan mereka mengejar atau membiasakan dulu terhadap materi yang dijelaskan

  22. Pertemuan memang sangat penting Untuk memulai suatu hubungan tertentu.

  23. Sangat membantu menunjukan dan membuka pikiran untuk memulai perjumpaan virtual dalam rapat.

  24. Mengutip artikel diatas kita bisa memahami bahwa, penting sekali pertemuan tidak selalu bertatap muka atau face to face karena tidak setiap anggota/ karyawan dapat hadir dan dengan adanya virtual meeting akan berdampak baik pada kasus tersebut. Sehingga apabila sudah dilaksanan virtual meeting, maka pada saat pertemuan langsung akan menjadi lebih efektif.

  25. Membangun hubungan saat bertemu secara langsung dengan orang2 baru sangat penting karena saat kita bisa membangun hubungan dengan baik, tujuan yg akan dicapai bersama juga akan semakin baik.

  26. Menurut pendapat saya sebaiknya kita memlakukan komunikasi jangan lewat virtual

  27. Penggunaan virtual untuk komunikasi sangat cepat dan efektif

  28. Terima kasih pak,sangat menambah wawasan saya

  29. Menurut pendapat saya saat melakukan rapat atau pertemuan virtual kita tidak perlu melakukan pertanyaan mengenai kehidupan pribadi. Karena menurut saya ini akan membuang waktu. Belum tentu saat rapat resmi di mulai, keputusan rapat belum bisa di ambil karena masih banyak ketidak setujuan antar kelompok. Oleh sebab itu apabila kita ingin mendekatkan diri antar kelompok tidak perlu di adakan saat rapat virtual berlangsung. Bisa dilakukan dimana saja, bahkan ketika saat kita berpapasan biasa dengan teman rekan kerja, kita bisa mengajaknya berbincang sebentar atau bisa juga di lakukan dengan cara makan siang bersama. Yang terpenting adalah tiap anggota kelompok harus sadar bahwa peran aktifnya sangat dibutuhkan untuk kepentingan kelompok.

  30. Saya sangat setuju dengan artikel diatas, jika misalnya ada rapat penting dan berhalangan hadir percakapan secara virtual memang sangat dibutuhkan, tetapi ada baiknya jika bisa bertemu langsung agar bisa lebih fokus dan mencapai target yang sesuai
    Nama: Rafi Maulana Muhammad
    Nim: 2201831203

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close