People Innovation Excellence

Untuk pertemuan virtual yang lebih baik, fokus pada hubungan

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Karena semakin banyak karyawan bekerja di luar kantor, pertemuan virtual menjadi kebutuhan. Karena lebih sulit untuk “membaca ruangan” saat Anda tidak berada di ruangan yang sama dengan tim Anda, pertemuan ini bisa sulit dinavigasi. Kuncinya adalah fokus pada membangun hubungan. Biarkan 10 menit di awal setiap pertemuan agar orang bisa terhubung dan saling mengejar. Anggap ini sebagai waktu watercooler virtual Anda, saat Anda dapat melakukan percakapan informal. Ajukan pertanyaan tentang kehidupan pribadi dan keluarga untuk saling mengenal di luar konteks pekerjaan. Setelah Anda memulai rapat secara resmi, pastikan untuk merujuk ke masing-masing kontributor berdasarkan nama sehingga setiap orang merasa dikenali dan menjadi bagian dari masyarakat. Bila bisa, bertemu muka dengan anggota tim. Teknik-teknik ini membantu meletakkan fondasi untuk percakapan dan koneksi otentik, yang pada akhirnya menghasilkan pertemuan virtual yang lebih efektif.

Diadaptasi dari “What Everyone Should Know About Running Virtual Meetings,” by Paul Axtell

 

Sumber: Axtell, P. (2016). What Everyone Should Know About Running Virtual Meetings. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/04/what-everyone-should-know-about-running-virtual-meetings?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14996710&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=821409566&spReportId=ODIxNDA5NTY2S0.   Retrieved on July 20, 2016.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close