People Innovation Excellence

Tantang cara Anda mengukur data

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Data dapat memberikan informasi yang mencerahkan kepada pemimpin perusahaan, membimbing keputusan mereka. Tapi pengukuran bisa menyesatkan, yang akan mendorong Anda ke arah yang salah. Mengidentifikasi apakah data Anda bisa dipercaya tidak sesulit yang Anda duga. Mulailah dengan mengklarifikasi apa yang ingin Anda ketahui. Jika Anda melakukan proses multistep, misalnya, apakah Anda ingin tahu berapa lama setiap langkah individu atau berapa lama keseluruhan proses? Keduanya memiliki kegunaan yang valid namun sangat berbeda. Kemudian lihat seberapa dekat pengukuran sejajar dengan apa yang sebenarnya ingin Anda ketahui. Berusahalah untuk membedakan “cukup dekat” dari “indikator yang cukup bagus” dari “bukan yang ada dalam pikiran saya.” Anda mungkin harus menyelesaikan pengukuran yang kurang sempurna, tapi setidaknya Anda akan tahu persis seperti apa adanya. Anda menetap. Dan pastikan untuk mencoba “tes bau.” Bila hasilnya sepertinya tidak tepat, gali lebih dalam.

 
Diadaptasi dari
“4 Steps for Thinking Critically About Data Measurements,” by Thomas C. Redman

 

Sumber: Redman, T. C. (2016). 4 Steps for Thinking Critically About Data Measurements. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/03/4-steps-for-thinking-critically-about-data-measurements?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14955402&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=820959212&spReportId=ODIwOTU5MjEyS0.    Retrieved on July 14, 2016.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Menurut Saya pengukuran tidak semuanya berujung kesalahan pak.

    Dalam mengukur sesuatu, itu berarti dia memperhitungan seberapa sesuatu itu layak untuk dipakai atau layak untuk digunakan

    Dalam konteks, Jika ada sesuatu data berarti ada sesuatu yang harus diukur
    Apakah itu layak atau tidak

  2. Mengukur berarti memperhitungan sebuah kelayakan dan kegunaan suatu barang ataupun jasa tersebut

    Tidak semua mengukur itu berujung kekesalahan ataupun keluar dari kelayakan

    Sebuah data harus diukur sebaik mungkin agar data tersebut bisa berguna

    NIM : 2201832660

  3. Data bisa saja menjerumuskan kita kejalan yang tidak benar. Jadi sebaiknya kita bisa mempelajari atau mencerna data data tersebut dengan teliti supaya kita bisa menentukan mana yang baik dan benar agar tidak terjerumus kejalan yang salah. Kita harus menyelesaikan sebuah penelitian terhadap data tersebut yang kurang sempurna, dan pastikan untuk mencoba gali lebih dalam agar hasilnya tepat.

  4. Menurut saya, pengukuran data secara akurat memang sangat penting. Jangan sampai, data yang diukur lalu dibagikan kepada orang lain adalah data yang tidak dapat dipastikan kebenarannya.

  5. Agar hasil dari pengukuran data yang telah kita lakukan valid, kita harus mengetahui tentang data itu terlebih dahulu. Sehingga kita sudah benar benar menguasai data yang kita ukur. Seperti tema data dan isi data. Kita juga harus mengecek ketepatan data tersebut dengan sumber yang ada. Sehingga kita dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi. Sekian & Terima kasih.

  6. Dalam pengukuran data, memang diperlukan klarifikasi dari apa yang sudah kita ketahui untuk menghindari membuat data yang salah

  7. Dalam mengukur data kita harus melakukan klarifikasi secara menyeluruh dan harus mengetahui setiap langkah individu maupun keseluruhan proses.

  8. memang data memberikan informasi yang mencerahkan

  9. Saya sangat setuju dengan artikel ini karena dalam mengukur data itu kita harus mengklarifikasi setiap langkah individu maupun keseluruhan proses agar kita bisa mendapat informasi yang lebih akurat

  10. Menurut saya, data itu sangat penting dalam sebuah perusahaan. Data yang baik dapat memberi kita informasi kepada pemimpin perusahaan. Untuk itu, kita harus memperhatikan dengan baik data tersebut. Apabila salah langsung lakukan perbaikan.

  11. Setelah menentukan indikator, gali lebih dalam data tsb sampai mendapatkan data yang valid

  12. cara mengukur data memang sangat diperlukan.

  13. Ketepatan data sangat penting untuk menunjang kepercayaan pemimpin perusahaan kepada kita sendiri, walaupun data tersebut tidak jelas namun kita harus menyajikan data tersebut dengan jelas, tanpa mengurangi dan melibih-lebihkan ke validan data tersebut. Keaslian data sangat diperlukan untuk mencegah penyimpangan dan kesalahan dalam hal sekecil apapun.

  14. Data sangat membantu memulai sebuah usaha.Dengan adanya data usaha akan berjalan dengan lancar

  15. Menemukan indikator

  16. Menentukan indikator, gali data tersebut sampai valid

  17. Artikel ini sangat menarik dan bermanfaat untuk mengasah cara kita mengukur data

  18. Saya sangat setuju dengan “tantangan cara anda mengukur data” . Data menjadi acuan yang untuk mencapai sebuah target dengan maksimal. Data yang konkrit dapat memperlancar segala aktifitas dalam bidang pekerjaan. Setiap data harus di gali lebih dalam sehingga secara terus- menerus boleh miningkatkan hasil kerja.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close