Pemahaman dalam Unrelated Diversification

Oleh : Ami Fitri Utami, SE., MSM

Sumber : Concepts and Techniques for Crafting and Executing Strategy (Thompson, Peteraf, Gamble, Strickland)

Diversifikasi yang tidak saling berhubungan bisa mencerminkan minat atau niat perusahaan untuk melakukan diversifikasi pada industri apapun yang berbeda dengan bisnis mereka pada awalnya. Dalam hal ini, perusahaan dengan diversifikasi bisnis tidak berhubungan seringkali uga dijuluki sebagai perusahaan konglomerasi karena jenis bisnisnya yang berseberangan satu dengan lainnya.

Dalam menjalankan strategi diversifikasi yang tidak berhubungan atau unrelated diversification kemudian biasanya membutuhkan proses akuisisi dalam pelaksanaannya. Menurut Thompson et al dinyataka baha, terdapat beberapa kriteria dalam melakukan proses tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Apakah bisnis yang aka diakuisisi dapat memenuhi target korporasi untuk sisi keuntungan dan ROI ?
  • Apakah bisnis yang akan diakuisisi berada didalam industri yang memiliki pertumbuhan dan potensi yang menarik ?
  • AApakah bisnis yang akan diakuisisi cukup besar untuk berkontribusi secara signifikan bagi perusahaan induk ?

Ketiga pertimbangan diatas dapat membantu perusahaan dalam mengevaluasi target akuisisi yang akan dilakukan. Namun pada intinya, Thompson et al juga menjelaskan bahwa industri atau bisnis apapun yang diakuisisi harus mampu memberikan pertumbuhan pada keuntungan, bukan hanya keuntungan pada momentum akuisisi saja,

  1. Terimakasih atas sharing ilmunya Bu, kebetulan saat ini saya sedang mengerjakan tugas mengenai akuisisi Imasco.