People Innovation Excellence

Mengatur emosi Anda selama negosiasi

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Anda berada di tengah negosiasi yang memanas dengan rekan Anda. Anda ingin tampil sebagai percaya diri, tapi di dalam diri Anda merasa malu-malu. Selama situasi sulit ini, sebenarnya ada dua percakapan yang terjadi pada saat bersamaan. Yang jelas: Percakapan Anda dengan orang lain. Yang lainnya adalah percakapan yang Anda alami dalam diri Anda sendiri tentang seberapa besar keinginan dan kemampuan Anda untuk melakukan peregangan di luar zona nyaman Anda. Untuk bernegosiasi dengan sukses, Anda perlu mempertanyakan posisi Anda dalam kedua percakapan tersebut. Saat Anda bernegosiasi dengan orang lain, lihatlah melampaui posisi Anda untuk menemukan kesamaan. Dan saat Anda bernegosiasi dengan diri sendiri, “posisi” Anda mungkin berarti Anda tidak ingin bersikap lebih asertif. Gali sedikit lebih dalam dan tanyakan pada diri Anda mengapa. Apakah ini merupakan tantangan emosional? Apakah kamu takut bersikap tegas? Atau apakah itu tantangan berbasis keterampilan? Sampai di bagian bawah mengapa Anda tidak mau melangkah keluar dari zona nyaman Anda adalah langkah pertama untuk menjadi negosiator yang lebih baik.

 
Diadaptasi dari
“The Two Conversations You’re Having When You Negotiate,” by Andy Molinsky

 

Sumber: Molinsky, A. (2016). The Two Conversations You’re Having When You Negotiate. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/04/the-two-conversations-youre-having-when-you-negotiate?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14964677&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=821049806&spReportId=ODIxMDQ5ODA2S0.   Retrieved on July 15, 2016.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close