People Innovation Excellence

Jangan salahkan kerjasama untuk kolaborasi

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Manajer harus berkolaborasi dalam berbagai fungsi. Namun meski bersahabat dan mau berbagi informasi, mereka sering gagal melakukannya. Prioritas tidak selaras, jadi miskomunikasi memperlambat proyek. Hal ini terjadi karena manajer keliru melakukan kerjasama mereka untuk menjadi kolaboratif. Untuk mulai benar-benar berkolaborasi, mengidentifikasi tujuannya, kemudian memetakan karya end-to-end yang dibutuhkan. Apa yang akan membuat tim Anda bertanggung jawab? Apa yang akan Anda butuhkan dari tim lain? Buat sketsa urutan aktivitas. Ketika orang tahu apa yang dibutuhkan, dalam bentuk apa, dan kapan, mereka kemudian dapat memberi tahu Anda apakah itu mungkin – dan Anda bisa benar-benar berdialog tentang apa yang bisa dilakukan. Alih-alih pergi dari satu departemen ke departemen berikutnya dan mencoba menyelesaikan sebuah kesepakatan, mintalah semua manajer di ruangan bersama untuk mengerjakan rencananya, melakukan penyesuaian, dan menemukan cara untuk berbagi sumber daya dan menyelaraskan insentif.

 
Diadaptasi dari
“There’s a Difference Between Cooperation and Collaboration,” by Ron Ashkenas

 

Sumber: Ashkenas, R. (2015). There’s a Difference Between Cooperation and Collaboration. Harvard Business Review.  From: https://mail.google.com/mail/u/1/#label/Management+Tip+of+the+Day/14eb4cb83623f7ae.    Retrieved on July 22, 2015


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Kegiatan dalam tim akan berhasil jika
    1. Membuat rencana dan tentukan goal nya
    2. Ber kolaborasi dengan tim untuk mencapai tujuan
    3. Ambil kesepakatan
    4. Lakukan bersama team (Action)
    5. Lakukan kontrol atau apa yang dikerjakan bila belum maximal adakan diskusi lanjutan buat perusahaan.

  2. apa yang dijelaskan di artikel pendek ini menurut saya sangat tepat, karena seharusnya seorang manajer harus memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, sehingga dapat menjelaskan tentang rencana-rencana yang akan dibangun serta berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik dengan pihak lainnya agar terhindar dari miskomunikasi yang menyebabkan suatu proyek terhambat atau bahkan gagal.

  3. Thank you For great article sir

  4. I just found out about this article and it makes me think, correct me if im wrong sir, but i have this analogy in my head about what actually happens in both cooperation and collaboration. but, i think cooperation is more of working together while walking front-to-back. you are either cooperating with the ones whose in front of you, or the ones on your back. while you still give them your resources in order to cooperate, the amount of work per person might vary. but, in terms of collaboration, its more of working side by side and moving forward at the same time. the amount of work is more even and the resources given by each person are also equal.

  5. Saya setuju dengan artikel diatas, karena manajer yang baik harus bisa beradaptasi dengan keadaan sekitar sehingga ia harus bisa bekerjasama dengan sesamanya agar semuanya lancar

  6. Menurut saya, manajer adalah seseorang yang mengatur dan mengelola sumber daya, jadi seorang manajer wajib menguasai sikap dan sifat serta karakteristik bagaimana menjadi seorang manajer yang sesungguhnya dengan kepemimpinan yang baik

  7. I just found out about this article and it makes me think, correct me if im wrong sir, but i have this analogy in my head about what actually happens in both cooperation and collaboration. but, i think cooperation is more of working together while walking front-to-back. you are either cooperating with the ones whose in front of you, or the ones on your back. while you still give them your resources in order to cooperate, the amount of work per person might vary. but, in terms of collaboration, its more of working side by side and moving forward at the same time. the amount of work is more even and the resources given by each person are also equal.

    2201837365
    AO-LF21

  8. Mantap

  9. harus adanya kominikasi yang baik antar semua pihak yang menjalin kerjasama. komunikasi diperlukan agar dapat menyelesaikan suatu kesepakantan.

  10. setuju banget pak!

  11. Terima kasih atas artikel yang penuh informasi yang bagus dan berharganya pak

  12. jika ingin melakukan kerjasama maka kita harus membangun komunikasi yang baik satu sama lainnya, hargai pendapat atau kebutuhan orang lain agar kerjasama menjadi lancar dan dapat menghasilkan hasil yang baik. karena bekerja dalam satu tim dengan orang yang berbeda pikiran ataupun pendapat dengan kita tidaklah mudah.

  13. namun jika ingin berkolaborasi kitapun harus mencari partner yang selaras bukan? kita tidak selalu bisa berkolaborasi dengan setiap orang karna pasti setiap orang punya ego yang berbeda beda dalam sebuah kepemimpinan. terimakasih.

  14. Terima kasih atas informasinya pak

  15. Benar sekali kolaborasi memang tidak menghambat kerja sama

  16. Saat kita mau berkolaborasi dengan siapapun itu, mau sahabat kita sendiri atau keluarga kita harus menetapkan sebuah konsistensi yang selaras. Kolaborasi berjalan lancar karena adanya keselarasan, satu pemikiran antara keduanya. Banyak yang gagal karena mereka tidak selaras, mereka mau menang sendiri seolah olah ide mereka menjadi yang terbaik sehingfa tidak mencapai sebuah kesepakatan antara satu dengan yang lain.

  17. Dalam proyek jika gagal dalam sebuah rencana tak perlu mempersalahkan siapa pun.Yang penting di perhatikan apa penyebab kegagalan tersebut.Jika sudah ditemukan Manajer dan semua anggota kembali lagi menyusun sebuah rencana yang lebih bagus lagi.

  18. Dalam bekerja sama kolaborasi itu penting. Karen kita bisa menyelesaikan semua permasalahan, serta berdiskusi untuk bisa mendapatkan ide-ide baru.

  19. Saya sependapat dengan artikel diatas bahwa dalam kerjasama itu kita harus sering berinteraksi dengan kelompok kita sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan apabila mendapat kendala jangan sekali-kali kita menyalahkan sesama anggota kita

  20. iya benar, untuk menjadi manajer kita harus berkolaborasi dan berdiskusi sesama team atau pendapat orang lain. dengan kerja sama dengan team lain urusan permasalahan lebih gampang

  21. Dalam artikel ini saya belajar kalau Kita harus punya tujuan yang jelas untuk tidak miskomunikasi

  22. Dalam Aktivitas suatu pekerjaan haruslah jelas dan tepat secara terperinci

    Dalam kolaborasi pun harus ada tujuan yang sama dan achievment yang sama

    Begitulah dalam berkolaborasi, Kerjasama yang paling sangat terpenting dalam kolaborasi

    “kiri kana harus sama depan belakang”

  23. Kenyataannya, memang masih banyak orang yang tidak bisa membedakan antara Kolaborasi dan Kerjasama, artikel ini sangat membantu untuk membuka pikiran orang-orang yang masih menganggap hal tersebut adalah hal yang sama, memang dua hal tersebut serupa tapi tetap saja tidak sama. Artikel ini juga membantu untuk mengingatkan kepada orang-orang untuk selalu menyusun apa-apa saja yang akan mereka lakukan agar tidak ada kegagalan dalam baik dalam pelaksanaan maupun kegagalan miskomunikasi.

  24. Seharunya seorang manajer memiliki tingkat komunikasi yang baik. Sehingga dalam penyampaian informasi tidak terjadi kesalahan. Dan yang lebih tepat adalah manajer harus dapat menguasai informasi yang akan diberikan ke orang lain dengan bahasa yang komunikatif agar dapat dimengerti oleh orang lain. Dengan menguasai informasi tersebut, manajer tersebut akan dengan luwes menyampaikan informasi tersebut. Dan jika manajer pandai dalam hal berkomunikasi, manajer tersebut dapat dengan mudah menyampaikan informasi tersebut dengan bahasa yang komunikatif sehingga dapat dimengerti oleh orang banyak. Sekian dan Terima kasih.

  25. Harus sering melakukan komunikasi yang jelas agar lebih baik dan tidak salah dalam melakukan langkah-langkah

  26. Harus berkomunikasi lebih jelas agar tidak salah mengambil langkah-langkah atau keputusan

  27. Saya sependapat dengan artikel yang bapak buat diatas, bahwa dalam bekerjasama itu kita harus sering berkomunikasi dengan sesama anggota kelompok kita dalam menjalankan tugas sehingga tidak terjadi miskomunikasi atau salah paham di dalam kelompok

  28. Menurut saya , artikel yang bapak buat sangat bermanfaat. Saya setuju karena banyak terjadi miskomunikasi antara kesepakatan.

  29. Artikel ini sangat membantu untuk membuka pikiran orang-orang yang selalu gagal dalam menyelesaikan suatu masalah ataupun menuju suatu tujuan baik gagal dalam pelaksanaan maupun gagal dalam komunikasi. Artikel ini sangat mengingatkan kepada kita untuk selalu menyusun apa-apa saja yang akan kita lakukan kedepannya dan memperkirakan masalah apa saja yang akan kita hadapi untuk meminimalisir kegagalan dalam mencapai tujuan ataupun menyelesaikan masalah.

  30. menurut saya, misskomunikasi tidak hanya karna prioritas yang tidak selaras serta manajer yang keliru dalam membuat suatu kerjasama untuk berkolaborasi . Tetapi juga kurangnya kedekatan dari berbagai aspek antara pihak bersangkutan dalam kerjasama. aspek yang bagaimana? aspek dalam chemistry contohnya. Karena dengan adanya chemistry yang baik akan menghasilkan kerjasama yang baik, menghasilkan tim yang lebih bertanggung jawab, serta anggotapun bertindak lebih terbuka. disitulah peluang berkurangnya misskomunikasi. Kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya ke pada manajer ataupun atasan kita. karna mereka juga manusia memiliki kesalahan dan kekhilafan.sebagai anggota yang aktif,sadar akan hal itu pasti dia akan memberikan masukan ke manajer agar kolaborasi pun berjalan dengan baik. gimana cara meningkatkan kesadaran dan keaktifan anggota dalam kedekatan? ya dengan membangun chemistry dari awal terbentuknya kolaborasi atau sebuah tim.

  31. Menurut saya artikel di atas memang benar terjadi apa adanya di kehidupan sehari, memang tak etis jiga manajer tidak bisa di ajak kerja sama dengan alasan yang tidak bisa di pertanggung jawabkan, manajer harus bisa kerjasama kepada pihak yang membutuhkan seorang manajer dalam berbagai aspek kerjasama

  32. menurut saya banyak orang yang mempunyai pandangan berbeda antara kerjasama dan kolaborasi, kerjasama lebih menju kepada tujuan dan timbal balik yang sepadan tetapi kolaborasi lebih menuju kepada eksistensi dan timbal balik yang menurut saya tidak setara.

  33. Saya sangat setuju dengan artikel ini, karena seorang manajer harus memiliki kemampuan Komunikasi yang baik sehingga dapat berkolaborasi dengn pihak lain sehingga Sebuah proyek dapat dilaksanakan dengan baik.

  34. Artikel nya sangat baik karena menjelas kan tentang kerjasama dan kolaborasi bisa saja menghambat jalan kelompok kalau melakukan nya dengan tidak benar

  35. Menurut saya, manajer harus memperhatikan yang namanya kerjasama dalam sebuah perusahaan. Bila kerjasama tidak berjalan dengan baik maka sebuah perusahaan akan sulit maju. Sebaliknya, bila kerjasama terjalin dengan baik maka perusahaan akan sukses.

  36. Saya setuju dengan artikel diatas memang banyak kita temui manajer yang kurang bisa berkerja sama dengan bawahannya maka dari itu sebuah perusahaan harus menempatkan orang yang tepat untuk menduduki posisi tersebut

  37. Menurut saya, mengidentifikasi dan memetakan end to end yang diinginkan adalah sesuatu yang setiap manajer seharusnya harus bisa biasakan. Dengan memetakan apa yang ingin dituju memudahkan kedua pihak untuk mencari tujuan akhir dan mencapai sebuah sepakat. Jika tujuan kedua belah pihak sama maka proses kesepakatan bisa berlangsung lebih cepat dan tidak membuang waktu terlalu banyak untuk mengetahui hasil akhirnya.

  38. artikel dengan anologi sederhana tetapi mendalam maknanya. sesuatu yang kita ketahui dan sering kita jumpai tetapi tidak pernah kita sadari artikel ini sangat membuka pemikiran saya

  39. Memang dalam sebuah proyek diperlukan sekali manajer yang pandai dalam bekerja sama tanpa memaksakan kehendak pribadi. Dimana dari artikel diatas sangat jelas bahwa hal tersebut akan berpangaruh pada kinerja dan keberhasilan proyek tersebut

  40. Manager suatu perusahaan harus mengetahui perbedaan kerjasama dan kolaborasi dalam konteks yg benar, sehingga saat waktu untuk berkolaborasi mereka bisa langsung menempatkan diri. Dan cara-cara yang ditempuh bisa dengan menetapkan visi&misi bersama dahulu, lalu mengerjakan sesuai rencananya.

  41. Saya setuju, karena dalam menyelesaikan sesuatu kita belum tentu dapat menyelesaikannya sendirian, tentu kita akan membutuhkan bantuan orang lain yang memiliki skill yang bermacam – macam, sehingga kita dapat berkolaborasi untuk menghasilkan hal yang baik, dan dalam berkolaborasi membutuhkan kerjasama yang baik

  42. Sebaiknya kita dengan orang lain harus saling menjaga komunikasi supaya terciptanya kerja sama yang terbaik

  43. Kolaborasi dan kerjasama itu bukanlah sesuatu yang sama, namun memang serupa.

  44. Dalam bekerja sama diperlukan kolaborasi agar banyak variasi-variasi ide (ide yg beragam) dari banyak orang

  45. Sangat berguna buat kita untuk menambah wawasan

  46. Saya setuju dengan artikel ini karena manajer harus dapat menyatukan anggotanya dengan baik

  47. Saya sangat setuju dengan artikel ini

  48. Karena kerjasama merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama sedangkan kolaborasi maka dari itu kita harus saling berkomunikasi dan berdiskusi agar bisa trrcapai tujuan bersama

  49. Berkolaborasi itu sangat penting di dalam kehidupan saat ini . Dimana setiap manusia tidak dapat hidup dengan sendirinya . BerKolaborasi sangat banyak manfaatnya dimana kita bisa saling melengkapi dan saling menghargai setiap usaha dan tujuan kita. Dimana setiap manejer dan bawahannya boleh menemukan cara untuk berbagi sumber daya dan melaraskan insentif

  50. Banyak kelompok yang memang gagal untuk berkolaborasi, dan memang hal tsb. Sangat menghambat jalannya aktfitas untuk mencapai target, jika ada kontroversi di suatu kelompok memang harus bertukar pikiran demi mencapai target, setiap orang memang berbeda, karena itu kita harus pandai beradaptasi dengan situasi tsb.

    Nama: Rafi Maulana Muhammad
    Nim: 2201831203

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close