People Innovation Excellence

Dapatkan umpan balik mengenai kasus bisnis yang gagal

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Apa yang Anda lakukan jika kasus bisnis Anda gagal untuk menang atas pengambil keputusan? Pertama, jangan putus asa bahwa proyek Anda tidak disetujui. Anda telah berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan dengan membantu mengidentifikasi bahwa proyek tersebut bukanlah investasi yang berharga. Tujuan sebenarnya dari sebuah kasus bisnis tidak harus mendapatkan persetujuan atas proposal Anda – ini adalah untuk memberikan cukup informasi bahwa panitia dapat membuat keputusan yang tepat. Tapi jangan hanya mengucapkan terima kasih dan pergi. Selalu bertanya “Mengapa?” Jika Anda tahu persis mengapa pengambil keputusan menolak kasus Anda, maka Anda akan dapat menindaklanjuti dengan tepat. Entah Anda bertanya dalam pertemuan atau di email berikutnya, jangan berkelahi atau mencoba mengubah hasilnya. Sebagai gantinya, usahakan memahami alasannya. Anda mungkin berkata, “Terima kasih telah memberi tahu saya tentang keputusan Anda. Saya ingin ada umpan balik tentang mengapa proyek ini tidak disetujui.”

 
Diadaptasi dari
HBR Guide to Building Your Business Case, by Amy Gallo

 

Sumber: Gallo, A. (2015). HBR Guide to Building Your Business Case. USA: HBR Ebook.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Dari artikel diatas sudah tercantum apa yang akan kita lakukan jika kasus bisnis kita gagal?. Memang kita akan mudah putus asa, tapi mulai sekarang kita hilangkan semua keputus asaan itu dengan sikap yang lebih gifih lagi dalam membenahi kasus kita yang gagal. Jangan hanya mencoba satu kali ketika gagal kita tidak mencobanya, melainkan kita coba terus kita tanya apa yang membuat kasus kita gagal.

  2. Betul sekali pak. Dengan kita terus bertanya maka kita juga akan bisa mengevaluasi diri sendiri dan tau apa yang harus di perbaiki lagi

  3. I think that asking for feedback should be done to any occasion, even if its not business related. or even if your business plan got accepted for that matter. because i think it is important to asses every plan or concept that you’ve made whether its a fail or a success. you can learn a thing or two about what goes right or wrong, and adjust your plan and concept accordingly.

    2201837365
    AO-LF21

  4. Kesuksesan bukan mendapatkan apa yang kita tuju, tetapi kesuksesan bagaimana proses itu berjalan dengan baik

    Dalam konteks ini, Kegagalan dalam memenangkan pendapat dalam bisnis bukan hal tidak biasa
    Pasti selalu saja ada yang tidak sejalan dengan pemikiran kita atau tidak setujuan dengan kita

    Tinggal kita saja bagaimana menyikapi hal tersebut

    Apakah kita akan menerima dengan lapang dada atau menerima dengan tangan tertutup

    Yang terpenting adalah jangan menyerah dalam mendapatkan apa yang kita mau jika itu baik

  5. Terima Kasih atas artikelnya.

  6. Betul sekali. Cara tersebut bisa untuk menjelaskan apa kekurangan dari proyek yang kita buat, agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

  7. Saya setuju, ketika proposal proyek yang diajukan tidak disetujui, kita harus bertanya alasan mengapa tidak disetujui. Agar jelas, dan agar kita bisa melakukan introspeksi.

  8. Saya sangat setuju dengan opini di atas. Biasanya saat seseorang mengusulkan sebuah kasus dan kasus tersebut di tolak serta mendapat kritikan. Orang tersebut akan marah atau menjadi pasif di kelomooknya. Seharusnya jika kasus yang kita berikan di tolak, kita harus bertanya dimana letak kesalahan yang sudah kita perbuat dan harus menerima kritik dan saran yang telah diberikan. Sehingga dengan cara itu kita dapat memperbaiki sehingga kasus yang sudah kita kerjakan dapat diterima oleh atasan kita ataupun perusahaan. Sekian & Terima kasih

  9. dalam berbisnis kita memang harus tau ada saat nya ditolak,mundur atau pun maju. karena itu pun kita harus semangat dalam menjalankan suatu bisnis walaupun sering mengalami kegagalan pasti dengan kerja keras akan berujung lebih baik asalkan tidka putus asa

  10. Bisnis yang gagal janganlah terlalu disesali sangat dalam. Anggap masalah ini sebagai pelajaran untuk bisa bangkit dan lebih baik kedepannya. Kalau kita terlalu meratapi masalah ini, kita akan semakin sulit untuk bangkit. Coba lupakan masalah ini dan fokus kedepan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

  11. menerima keputusan yang telah ditetapkan dengan tenang dan tetap sopan menghargai keputusan pihak-pihak yang membuat keputusan ,berarti dengan ini saya bisa belajar untuk meningkatkan lagi bisnis saya dan belajar dari kesalahan yang telah di perbuat sebelumnya agar kedepannya tidak melakukan kesalahan lagi dan menimbulkan kasus baru lagi.

  12. Kita harus tau detail nya bila mana proyek kita di tolak kita harus bertanya letak kesalahan nya dimana

  13. Setiap kegagalan adalah pelajaran yang mendorong pengusaha untuk mencoba pendekatan baru yang belum pemah dicoba sebelumnya. Bagi pengusaha sejati, “Berani Gagal” berarti “Berani Belajar”. Dengan gagal dan dengan belajar, pengusaha bertumbuh menjadi orang yang lebih baik dan belajar bagaimana menciptakan kekayaan sejati.

  14. Saya bersependapat dengan artikel ini karena dalam hal apa pun, kita tak boleh menyerah dan putus asa. Bila kita belum mendapatkan hasil yang kita ekspektasi, bisa saja kita dapatkan di lain hari dengan usaha keras dan ketekunan.

  15. Ya benar karena kegagalan itu bukan ahir dari segalanya jadi oleh sebab itu maka kita tidak boleh menyerah dan mempelajari dari kesalahan sebelum nya agar kedepan nya bisa menjadi yang lebih baik

  16. Menurut saya, jika sebuah kasus ditolak pasti pembuat keputusan sudah membuat keputusan yang dengan matang ia pertimbangkan. Jadi, pasti ada sesuatu hal yang tidak sependapat atau satu tujuan. Menanyakan hal apa yang membuat pembuat keputusan menolak adalah hal bisa anda lakukan untuk mengetahui pasti apa kekurangan anda. Jadi, saat kemudian anda bisa membenahi kekurangan anda dan membantu anda jauh lebih baik dari sebelumnya.

  17. Jika memang suatu pihak menolak proposal kita, itu artinya Pihak tersebut mungkin menemukan beberapa ketidakcocokan dalam proposal kita,dan alangkah baiknya kita tau Alasan mengapa proposal kita ditolak .

  18. artkel ini sangat inspiratif, sering kali orang yang ditolak pendapatnya akan berfikir dengan emosi sehingga sering kali terjadi perkelahian. semoga dengan artikel ini banyak orang yang sadar bahwa segala sesuatunya harus di fikirkan dengan kepala dingin

  19. Dari setiap hal yang gagal tentu diperlukan evaluasi, baik dari pihak yang mengajukan atau pun dari pihak lainnya, sehingga evaluasi tersebut bukan hanya evaluasi bayangan saja yang kurang didukung oleh fakta-fakta yang kuat. Evaluasi sangat diperlukan untuk meminimalisir kegagalan di kemudian hari, banyak orang yang menganggap remeh evaluasi dan menerima hasil dari apa yang sudah mereka lakukan baik sukses maupun gagal.

  20. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi.

  21. Saat proposal/plan bisnis ditolak oleh pemberi keputusan. Intinya jangan terbawa emosi karena kita sudah turut memberi informasi untuk mempertimbangkan keputusan, namun harus menjadi probadi yang kritis sehingga kita tahu kekurangan/kesalahan kita sehingga kita terus berbenah diri.

  22. Menurut saya ada sesuatu hal mengapa proyek tersebut tidak di setujui contoh nya seperti tidak sesuai kriteria mengenai proyek tersebut.harusnya pebisnis tersebut mengevaluaisi kesalahan nya kenapa tidak di approve dari pengalaman tersebut pebisnis jadi tau apa yang harus dilakukan jika ingin disetujui kerja samanya,intinya jangan pernah menyerah dan selalu bisa berinovasi

  23. Sangan memberi ilmu bagi saya

  24. Saya sangat setuju dengan artikel diatas, sangat memberi saran untuk kedepannya

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close