People Innovation Excellence

Berhenti menunggu pekerjaan yang sempurna

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Banyak orang tidak maju dalam karir mereka karena mereka bertahan untuk pekerjaan yang sempurna itu. Tapi kesempurnaan adalah tujuan ganjil dalam memilih karir. Kita belajar untuk tidak membatasi diri kita untuk sempurna saat memilih pasangan dan rumah. Jadi mengapa kita terobsesi dengan gagasan tentang pekerjaan yang akan memenuhi semua fantasi kita tentang pekerjaan? Ketika kita memusatkan perhatian pada peran ideal, kita terjebak dalam perangkap yang sia-sia – memberi diri kita izin untuk tidak melakukan apa-apa. Memegang sarana sempurna berharap dan menunggu, tapi sedikit berbuat. Tapi aktif mengulurkan tangan untuk “cukup baik” bisa mengubah karir Anda. Temukan pekerjaan yang menginspirasi Anda dan dapat dicapai. Jika Anda memiliki gagasan tentang apa pekerjaan impian Anda, cari tahu bagaimana rasanya dari dalam. Jangan biarkan merekrut majikan atau penggambaran media membuat Anda menjadi mata-mata bermata bintang. Dapatkan informasi langsung dari mereka yang ada di lapangan.

 
Diadaptasi dari
“Stop Fantasizing About the Perfect Job,” by John Lees

 

Sumber: Lees, J. (2015). Stop Fantasizing About the Perfect Job. Harvard Business Review.  From: https://mail.google.com/mail/u/1/#label/Management+Tip+of+the+Day/14e9b0af18aea1f7.  Retrieved on July 17, 2015.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Menurut saya, pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kita memang di butuh kan, tapi apakah kita harus selalu berharap dengan keahlian itu saja? Tidak. Jika itu tidak membuahkan hasil apa apa kita harus bangkit dan tetap mempelajari banyak hal baru. Setidaknya, dengan mempelajari banyak hal itu, kita dapat mengetahui di mana minat dan bakat selain keahlian yang kita miliki. Sesuai pepatah, “Bermimpilah setinggi langit sehingga jika tidak mencapai langit kau akan jatuh di antara bintang”.

  2. Saya setuju, karena menurut saya setiap pekerjaan memiliki kekurangannya masing-masing yang berarti tidak ada pekerjaan yang sempurna. Jadi, tidak sebaiknya kita menunggu pekerjaan yang sempurna.

  3. Usaha menuju ideal merupakan suatu jalan, namun berbuat ke arah yang lebih baik itu merupakan hal yang penting, perubahan ke arah lebih baik harus selalu ada dalam perbuatan kita.

  4. Menunggu pekerjaan yang sempurna tidak akan pernah bisa didapat. Ketika kita sudah mendapatkan pekerjaan seperti yang kita ingin inginkan lalu melihat pekerjaan orang lain yang menurut kita lebih enak, kita akan menginginkan pekerjaan tersebut dan mulai merasa pekerjaan kita tidak sempurna. Untuk apa kita menunggu pekerjaan yang sempurna, jika kita bisa membuat pekerjaan kita menjadi sempurna.

  5. Terima kasih informasinya pak

  6. Thank you

  7. Nice Article sir

  8. Menurut pandangan saya, saya sangat setuju dengan pernyataan Bapak pada artikel ini. Kesuksesan itu tidak dapat diraih secara instan. Kita perlu melakukan usaha kecil dari 0 agar dapat sampai kepada sebuah kesuksesan. Jika kita terus menerus mencari pekerjaan yang sempurna, sudah pasti kita malah tidak akan mendapatkan pekerjaan apa-apa karena kita hanya sibuk mencari kesempurnaan tersebut. Maka yang harus kita lakukan adalah berusaha dan bekerja dengan tekun, sekecil apapun usaha kita jika kita melakukannya dengan rajin, giat, dan tekun niscaya akan mengantarkan kita kepada sebuah kesuksesan.

  9. Berhentilah menunggu pekerjaan yang sempurna, karena pekerjaan yang sempurna akan muncul dari awal kita mengerjakan sesuatu hal dengan baik. Jadi jangan sekali kali menunggu pekerjaan yang sempurna apabila kita tidak mencobanya dari 0. Pekerjaan yang sempurna tidaklah instan melainkan membutuhkan kegigihan yang kuat

  10. I’ve experienced this first-hand, since im that type of person who’d wait for the perfect moment in order to do almost anything. but i’ve been doing that for a long time, i’ve seen so many opportunity slipped pass me. those opportunity that i might be able to exploit if i just execute my concept to the best of my ability even if it means its not a perfect concept. because i know now that you can always adjust those imperfection after you got the opportunity in hand.

    2201837365
    AO-LF21

  11. betul sekali pak. terkadang kita juga sudah terlalu nyaman di zona nyaman kita. padahal sesungguhnya keluar dari zona nyaman tersebut adalah jalan yang baik agar kita bisa mengetahui hal-hal lain yang kita tidak ketahui yang bahkan memiliki manfaat positif dan membuat kita jauh lebih baik.

  12. NIM.2201825743 (LF21)

    Usaha menuju ideal merupakan suatu jalan, namun berbuat ke arah yang lebih baik itu merupakan hal yang penting, perubahan ke arah lebih baik harus selalu ada dalam perbuatan kita.

  13. Menurut saya, kita tidak perlu menunggu pekerjaan yang sempurna yang kita inginkan karna apabila kita hanya menunggu pekerjaan yang sesuai keinginan kita itu akan membutuhkan waktu yang lama sehingga pekerjaan yang ada tetapi tidak kita inginkan akan terlewat begitu saja. Selagi masih belum mendapat pekerjaan yang sesuai kita mau tidak ada salahnya kalau kita mencoba terjun ke dunia yang baru sambil menambah pengalaman dan menambah wawasan.

  14. Pekerjaan yang sempurna tidak akan kita dapatkan jika kita hanya menunggu. Pekerjaan yang sempurna akan kita dapatkan jika kita membuat pekerjaan kita menjadi pekerjaan yang sempurna. Setiap pekerjaan yang sempurna menurut kita, dibangun oleh orang orang yang memiliki semangat tinggi untuk memajukan pekerjaannya tersebut.

  15. bekerja tidak lah harus mendapat posis yang tinggi, tidak semua orang pada awal bekerja langsung menempati posisi yang terbilang strategis. kita harus berfikir bahwa tidak semua yang kita inginkan akan menjadi kenyataan, tetapi berusahalh agar menjadi kenyataan. bekerja sesuai dengan passion kita akan membuat kita nyaman dalam melakukan semua pekerjaan.

  16. betul apa yg ada didalam artikel ini , tetapi bisa saja kita sendiri memiliki gagasan

  17. Terima kasih atas informasi yang berharga ini pak

  18. Pekerjaan yang akan kita lakukan tidak harus sempurna. Karena lebih baik kita mengerjakan pekerjaan yang kita sukai, agar hasil yang akan kita dapat itu memuaskan

  19. setuju pak! karena sesungguhnya di dunia ini tidak ada semuanya yang instan, semua harus ada prosesnya. tidak harus pekerjaan yang sempurna asal halal dan kita tetap berusaha.

  20. Dalam Memilih pekerjaan tidak harus sempurna

    Konteks sempurna menurut saya tidak ada batasnya pak…

    Karena, jika kita sudah mendapatkan yang menurut kita sudah sempurna
    maka akan datang pekerjaan yang lebih sempurna lagi, lagi dan lagi

    Bekerja pada awalnya memang harus merintis dari bawah

    tidak ada Orang sukses yang bekerja langsung berada di atas gedung atau langsung memulai karir dari Lantai 30

    Semua orang bekerja harus berawal dari bawah dari lantai 1

    dan kita makin lama makin lama kita akan merasakan lantai – lantai berikutnya
    disitulah kita akan mendapatkan pembelajaran yang berguna untuk kita sendiri dan pekerjaan kita sendiri

  21. Menurut saya kesempurnaan dalam pekerjaan adalah ketika kita menemukan pekerjaan yang cocok untuk kita, seperti pekerjaan yang mampu membuat kita senang saat menjalaninya. Karena kesempurnaan dalam pekerjaan bukan dilihat dari seberapa besar gaji yang didapat, tapi dilihat dari seberapa senang dan enjoy kita menjalaninya.

  22. Perfect job, menurut saya sebagian besar dari kita berpikir pekerjaan dengan gaji yang besar dan sesuai dengan lifestyle kita, merupakan pekerjaan yang sempurna untuk kita, sehingga sebagian besar dari kita terlalu terpaku mengejar pekerjaan seperti itu, tanpa memikirkan apakah kita sudah memiliki skill dan apakah sudah memiliki pengalaman? Padahal tidak ada salahnya kalau kita memulai dari tingkat terendah, karena seiring berjalannya waktu, saya yakin the perfect job akan datang menghampiri dengan sendirinya

  23. Menurut saya, pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kita memang dibutuhkan. Tapi apakah kita harus selalu berharap dengan keahlian itu saja? Tidak. Jika itu tidak membuahkan hasil apa apa kita harus bangkit dan harus mempelajari banyak hal baru. Setidaknya dengan mempelajari banyak hal baru itu, kita dapat mengetahui dimana minat dan bakat kita selain keahlian yang sudah kita miliki. Sesuai pepatah “Bermimpilah setinggi langit. Sehingga jika kau tidak sampai di langit, kau akan jatuh diantara para bintang.” Terima kasih

  24. Setuju!! Memilih pekerjaan harus dimulai dari passion yang kita miliki. Tidak perlu memaksakan hal besar atau sempurna untuk melekat di diri kita. Dari hal kecil pum bisa asal ada niat dan percaya diri because success is the result of your efforts

  25. Menurut saya, diam dan menunggu pekerjaan yang sempurna adalah hal yang sangat salah dan tak seharusnya dilakukan oleh orang orang. Mengapa harus diam dan menunggu jika dengan belajar bekerja dan mencari pengalaman adalah hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan yang sempurna. Menurut saya, pengalaman lah yang membuat kita menjadi besar. Jadi, belajar lah sebanyak banyaknya dan carilah pengalaman sebanyak banyaknya. Jika kita hanya diam dan menunggu menurut saya bukanlah hal yang pantas untuk dilakukan karena hal tersebut hanya akan membuat kita malas karena terlalu banyak berdiam.

  26. orang-orang yang menginginkan pekerjaaan yang sempurna adalah orang-orang yang sifafnya
    perfeksionis,semua yang dilakukannya harus terlihat sempurna ,tapi pada hakekatnya manusia diciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing menurut tanggapan saya tentang artikel ini tidak usah menunggu pekerjaan yang sempurna,karena jika mengharapkan pekerjaaan yang sempurna justru akan menghambat anda mendapatan pekerjaan dan menghambat kesuksesan anda sendiri,karna kesempurnaan tidak akan langsung di dapatkan semua pasti harus melalui proses,jika anda terus menunggu hal menjadi sempurna mungkin anda akan kehilangan semua hal baik yang justru berada tepat di hadapan anda.

  27. Dalam mencari pekerjaan kita jangan selalu melihat dari segi kesempurnaan melainkan kita harus melihat dari aspek pekerjaan dan kenyamanan kita dalam melakukan pekerjaan sehingga dalam menjalankan tugas kita dapat menyelesaikan dengan hasil yang memuaskan

  28. memang dalam hidup ini dari kecil kita ditanamkan cita-cita untuk di masa depan. karena keyakinan itu pun mereka ingin memiliki pekerjaan yang sempurna, seperti lulus kuliah.tapi untuk menggapai itu semua tidak akan langsung menjadi yang teratas. kita harus berjuang dari bawah agar mendapatkan pekerjaan yang baik bukan sempurna

  29. Menurut saya tak perlu berhenti menunggu pekerjaan yang sempurna.Yang penting dari awal sudah memiliki gagasan yang matang dalam memulai sebuah usaha.JIka memang belum sukses setialah untuk terus menjalankan.Sebab tidak ada usaha yang langsung lancar tetapi harus di mulai dari yang terkecil .Tapi memang harus memiliki kesabaran.

  30. Menurut saya artikel ini bagus karena saya juga berpendapat bahwa dalam mencari pekerjaan kita jangan selalu dari aspek kesempurnaan pekerjaan tersebut karena di setiap perkerjaan itu kita harus selalu merasa nyaman dalam melaksanakan pekerjaan itu karena jika tidak nyaman atau sungguh sungguh dengan begitu pekerjaan tersebut tidak akan selesai ataupun selesai dengan hasil yang tidak memuaskan

  31. saya sangat setuju dengan artikel ini. Akan tetapi masih banyak orang yang menunggu untuk hal yang sia sia daripada memulai yang pasti. hal itu sangat amat disayangkan semoga, dengan artikel ini akan banyak orang yang sadar bahwa lebih baik memulai daripada kita menunggu untuk pekerjaan yang sempurna tetapi hanya sia sia

  32. Menurut saya jangan terlalu terfokus untuk perkerjaan yg sempurna karena itu bisa menghambat karier kita

  33. Saya bersependapat dengan apa yang artikel ini sajikan. Banyak orang setelah lulus kuliah selalu berpikir untuk mendapatkan pekerjaan ideal yang mereka impikan. Namun beberapa dari mereka tidak mempunyai pengalaman dalam dunia kerja. Jadi menurut saya, harus memulai dari langkah kecil dahulu.

  34. Sebaiknya kita tidak usah mencari cari pekerjaan yang sempurna, karena didunia ini tidak ada yang sempurna , kamu tidak akan menemukan banyak hal yang sangat kamu tidak sukai, jadi, berhenti mengejar karier atau pekerjaan yang sempurna

  35. Menurut saya pekerjaan umumnya membuat kita stuck dalam suaru posisiyang kebanyak orang nyaman maupun suntuk, normalnya kita pasti masih tidak puas dengan pekerjaan kita karna kita dituntut untuk memperluas wawasan dan mencoba hal baru.

  36. Ya saya sering dengar tentang ini karena rata rata mahasiswa maunya setelah lulus ingin ke pekerjaan yang mereka ingin kan atau yang bagus tetapi tidak melihat kemampuan nya jadi diharapkan mahasiswa ngambil pekerjaan yang pas atau sesuai kemampuan nya

  37. Untuk Menjadi orang yang sukses butuh motivasi yang sangat besar, Dan jika seseorang mudah puas terhadap sesuatu terutama pekerjaan maka mereka akan berhenti berkembang dan menetap di zona nyamannya, itulah mengapa Berusaha menjadi lebih baik itu sangat penting

  38. Menurut saya, boleh kita mencari pekerjaan yang sempurna menurut kita. Tapi apabila kita tidak mendapatkannya bukan berarti kita tidak bekerja. Tetap carilah pekerjaan. Apabila kita sudah mendapatkan pekerjaan nikmati dulu pekerjaan itu. Kalau kita sudah menikmati pekrjaan itu, otomatis pekerjaan itu kita rasa cocok dan sempurna.

  39. Sebenarnya pekerjaan yang sempurna itu bergantung pada pribadi masing-masing. Bagaimana setiap orang menilai pekerjaan mereka masing-masing. Jika mereka bisa mengadaptasikan pekerjaan dengan anggapan sempurna darinya, tentu saja pekerjaan tersebut akan sangat cocok baginya, setiap hal yang terjadi pasti ada pelajarannya, maka dari itu ambilah pelajaran tersebut.

  40. Masih sangat banyak orang yang tidak mendapat pekerjaan karena banyak orang yang mengeluh.

  41. Menurut saya pekerjaan itu diliah dari sesuai passion masing-masing karena jika seseorang mendapat pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion dan bidangnya,akan sulit berkembang karena seseorang tersebut tidak tahu tentang apa yang dia kerjakan.Masalah mengenai mencari pekerjaan yang sempura seseorang harus bisa merasakan bagaimana bekerja dari bawah supaya tau tentang proses yang dialami tidak boleh instan Sehingga orang tersebut dapat menerima suatu pekerjaan.

  42. Kesempurnaan hanya dimiliki tuhan semata. Dengan demikian kita tidak bisa memaksakan untuk menjadi orang yang sempurna, namun ada baiknya kita selalu menjadi lebih baik dengan selalu memperbaiki/instropeksi diri, belajarlah bagaimana orang lain bisa melakukan hal yang belum kita capai.

  43. Pekerjaan yang sempurna itu memang tidak ada, jadi kita harus memulai bekerja sekecil apapun itu (hitung2 pengalaman), jangan menunggu, karena waktu adalah hal terpenting di dunia ini.

  44. Saya jadi bersyukur apa yang saya dapat dengan kerja keras saya sendiri

  45. Menurut saya tidak ada pekerjaan yang sempurna, karena semua pekerjaan itu dijalani dengan kerja keras dan pengorbanan

  46. Artikel ini sangat inspiratif

  47. Menurut saya pekerjaan yang sempurna adalah pekerjaan yang sangat cocok untuk kita, karena pekerjaan yang cocok adalah pekerjaan yang sesuai dengan passion kita, dan pekerjaan yang sempurna untuk diri kita jangan ditunggu, tapi sebaiknya kita perjuangkan, menurut saya pekerjaan yang sempurna membuahkan hasil yang lebih baik ketimbang pekerjaan yang terpaksa.
    Nama: Rafi Maulana Muhammad
    Nim: 2201831203

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close