Pemimpin yang berpengaruh

By: Jeslyn Marcella (2001543326); Devi Andriani (2001542891)

 

Seperti yang kita ketahui, pemimpin mempengaruhi proses dan memberi contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Kualitas yang dimiliki pemimpin harus memiliki standar yang tinggi sehingga pemimpin itu sendiri memberikan contoh yang baik bagi pengikutnya. Pengikut atau pekerja secara individu juga harus memastikan bahwa mereka berfokus pada pengembangan keterampilan kepemimpinan dengan melatih membaca, menganalisis dan mengikuti contoh kepemimpinan yang baik dan dengan menilai, memantau dan meningkatkan kinerja mereka sendiri. Dengan pandangan pemimpin yang visioner dan realistis, maka kreatif dan imajinasi mengalir dan bekerja sendiri dalam tim. Dengan motivasi dan didorong oleh pencapaian, maka pemimpin bisa mengarahkan diri sendiri dan pengikutnya sehingga cukup cerdas mengetahui kebutuhan dalam perusahaan. Pemimpin harus mengetahui sifat yang dimiliki oleh pengikutnya atau secara individu dan tidak boleh hanya bergantung pada teori-teori atau asumsi umum.

Adakalanya suatu organisasi menjumpai suatu masalah dalam komunikasi. Pemimpin harus mempunyai jaringan komunikasi luas sehingga dapat memudahkan pengikutnya untuk memahami tujuan organisasi tersebut. Pemimpin juga harus bisa mendengarkan, dengan cara memberi kesempatan secara bijaksana untuk memperhatikan lawan bicara mereka. Pemimpin harus bisa membaca situasi yang tepat sehingga pemimpin bisa mengetahui tempat atau strategi apa yang akan digunakan untuk masalah tersebut.

 

Diadaptasi dari “The Jhon Adair handbook of MANAGEMENT and LEADERSHIP”

Sumber : Adair, J.(2004). The John Adair Handbook of Management and Leadership. Edited by Neil Thomas. From: https://zodml.org/sites/defauat/files/John_Adair_the_handbook_of_management_and_leadership.pdf , Retrieved on May 22,2018.

Jeslyn Marcella (2001543326); Devi Andriani (2001542891)
  1. pemimpin itu menjadi contoh dan panutan karyawannya jadi sebagai pemimpin haruslah memiliki kualitas dengan standard tinggi dalam memimpin dan pemimpin juga harus memiliki banyak jaringan untuk dapa mencapai tujuan perusahaan dengan mudah.

  2. Saya setuju dengan artikel tersebut, karena sebagai seorang pemimpin tentu sudah harus memiliki komunikasi yang luas serta dapat memberikan pengaruh terhadap perusahaan dan karyawannya.

  3. emang udh seharusnya seorang pemimpin bisa menadi panutan bagi semua orang termaksud bawahannya. menjadi seorang pemimpin bukan hanya untuk diri sendiri tetapi bagi semua orang, sehingga bisa mencapai/mewujudkan apa yang diinginkan.

  4. pemimpin yang berpengaruh itu dilihat dari Kualitas yang dimiliki pemimpin , harus memiliki standar yang tinggi sehingga pemimpin itu sendiri memberikan contoh yang baik bagi pengikutnya.

  5. saya setuju dengan artikel di atas karena pemimpin yg baik harus mempunyai kualitas yg baik juga

  6. Pengaruh adalah sesuatu yang penting untuk tiap orang ,terutama seorang pemimpin . Pengaruh akan memberikan keuntungan untuk seorang pemimpin dalam melakukan tugasnya . Seseorang dapat dikatakan sebagai pemimpin jika ia memiliki suatu pengaruh . Ia harus memiliki pengaruh kuat agar dapat bertahan sebagai “pemimpin” .

  7. sebagai seorang pemimpin kita harus memiliki kepribadian dan kualitas yang baik, terlebih jika kita memiliki peran dan pengaruh yang sangat penting di perusahaan. Dengan memiliki kepribadian dan kualitas yang baik tersebut maka pengaruh yang akan dirasakan oleh orang-orang di sekitar kitapun akan merdampak dengan baik.

  8. saya setuju dengan artikel di atas karena sebagai pemimpin yang berkualitas harus memiliki manner dan attitude sebagai pemimpin juga jangan sampai melanggar kode etik sebagai pemimpin