Membuat Sebuah Perusahaan Menjadi Superior

by: CHRISTINE ABRAHAM (2001543944); GRASELA ALFEGA (2001579950); SESILIA VANESSA AUDELIA (2001542582)

  

Banyak perusahaan besar yang tetap berkembang, walaupun sudah bertahun-tahun dibangun dan tetap menjadi kepercayaan publik. Bagaimana bisa perusahaan tersebut terus bertahan? Adakah cara khusus untuk menjaga perusahaan agar tetap terus berkembang? Bagaimana dengan perusahaan besar tapi masih baru agar dapat berkembang?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus mengganggu Jim Collins sehingga ia berinisiatif untuk membuat sebuah penelitian. Penelitian ini dilakukan di beberapa perusahaan besar yang sudah terkenal seperti, Coca-cola, Intel, Merck dan General Electronic. Perusahaan tersebut berkembang dari baik menjadi hebat sehingga dapat disesuaikan dengan beberapa perusahaan baru yang telah berkembang tapi gagal dalam mendefinisikan hebat (good to great). Dalam kurun waktu lima tahun, Jim Collins bersama rekan lakukan penelitian dengan mengadakan wawancara dan pengumpulan data. Hasil dari penelitian yang dilakukan Jim dan rekannya membuktikan bahwa ada beberapa kunci sukses yang membuat perusahaan baik menjadi lebih hebat lagi.

 5 level karakteristik yang dibutuhkan seorang pemimpin untuk memimpin sebuah perusahaan :

  • Level yang pertama kepemimpinan menurut Jim Collins adalah adanya individual dengan kemampuan tinggi, sehingga dia bisa menjadi sangat produktif. Selain itu, orang tersebut mempunyai bakat, pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan kerja yang terampil, sehingga ia mempunyai hasil yang sangat bagus. Tapi dia hanya bagus secara individual tidak dengan tim ataupun kelompok dari divisinya.
  • Level yang kedua adalah contributing team member, di mana individual-individual tadi mempunyai kesempatan untuk bekerja sama di dalam satu grup atau tim yang memiliki tujuan sama, sehingga mereka dapat bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.
  • Level yang ketiga adalah competent manager, dimana sekumpulan orang yang diorganisasi dengan sangat baik, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan mereka. Tujuan sudah ditentukan dengan bantuan adanya manajer yang kompeten, maka keberhasilan untuk mencapai goals bisa dicapai dan berjalan secara efektif serta fisien.
  • Level yang keempat kepemimpinan adalah adanya effective leader. Karakteristik pemimpin disini memiliki komitmen serta tujuan yang jelas dan dengan adanya pemimpin tersebut maka terbentuklah standar luar biasa yang harus dicapai. Tidak hanya tujuan yang harus dicapai, tapi bawahannya juga tertarik untuk mengikuti pemimpin ini.
  • Level yang kelima kepemimpinan adalah pemimpin membangun kejayaaan dengan kombinasi (low profile high profit), yaitu kombinasi antara personal humility atau kesederhanaan secara pribadi dengan keinginan profesional yang sangat kuat.

Diadaptasi dari: “good to great,” by Jim Collins

Sumber: Collins, J. (2001). “Good to great”. Jakarta: penerbit Gramedia Pustaka Utama.

CHRISTINE ABRAHAM (2001543944); GRASELA ALFEGA (2001579950); SESILIA VANESSA AUDELIA (2001542582)
  1. Dari buku tersebut, saya banyak belajar bahwa yang sulit itu bukan menjadi perusahaan yang besar saja tetapi bagaimana kita mengelola perusahaan menjadi superior. Artinya bagaimana perusahaan tersebut agar tetap di ingat oleh orang, dibutuhkan & konsisten keberadaannya. Perusahaan besar belum tentu dapat bertahan dari waktu ke waktu.

  2. Saya sangat sepakat dengan 5 level karakteristik pemimpin untuk membuat perusahaan menjadi superior. Perusahaan harus minimal mempunyai pemimpin yang memiliki karakteristik tersebut termasuk pula sdm yang berkompeten.

  3. karakter dari pemimpin yang memimpin sebuah perusahaan dapat memengaruhi sampai kapan perusahaan tersebut akan bertahan berapa lama, jadi artikel tersebut sangat penting untuk membangun karakteristik pemimpin agar perusahaan dapat bertahan lama.

  4. setelah membaca buku ini saya menjadi semakin belajar bagaimana menjadi seorang manajer yang baik agar kualitas perusahaan tidak menjadi mundur tetani semakin maju bahkan menjadi besar.

  5. dari buku yang telah saya baca, saya belajar bahwa membangun sebuah perusahaan itu bukan untuk menjadi besar saja tetapi membuat bagaimana perusahaan itu menjadi superior. sehingga kita (perusahaan) tersebut bisa diingat oleh banyak orang, serta membuat perusahaan bisa terus maju dan berkembang, dengan kualitas/mutu perusahaan dan orang-orang yang ada didalam perusahaan tersebut terus meningkat dan berkompeten.

  6. pelajaran yang bisa saya ambil dari artikel diatas adalah bagaimana cara kita mengembangkan perusahaan kita dan bagaimana kita dapat menarik pelanggan baru dan menjadikan produk/jasa yang ditawarkan sebagai pilihan masyrakat yang telah dipercayai.5 level karakteristik diatas adalah tahap demi tahap yang harus kita lalui untuk memimpin perusahaan dan mengembangkannya.

  7. saya setuju setidaknya didalam suatu perusahaan pemimpin harus memiliki karakteristik yang disebutkan didalam artikel diatas .

  8. saya setuju dengan artikel diatas karena karakteristik diatas sangat penting bagi organisasi

  9. Yaaa . Perusahaan harus terus menemukan sesuatu yang baru dan mengikuti tren agar ia dapat terus bertahan dalam pasar . Komitmen dalam perusahaan juga penting karena mengarah kepada tujuan dari perusahaan tersebut .

  10. sebagai perusahaan yang ingin bertahan lama dan terus beroperasi, maka inovasi dan perubahan wajib untuk dilakukan. Perusahaan harus mengikuti perkembangan tren apa yang sedang terjadi sehingga hal tersebut tidak membuat perusahaan menjadi ketinggalan jaman dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang terus berkembang dan terus melakukan inovasi-inovasi sehingga terciptanya suapu hasil produk yang baru dan mendapatkan loyalitas dari para customernya. Hal tersebut dapat terlaksana jika pemimpin dari perusahaan tersebut memiliki 5 karakteristik yang ada pada artikel diatas.

  11. saya setuju dengan artikel tsb dan 5 level karakteristik tsb sangan menginspirasi dan saya akan mencba menerapkannya