People Innovation Excellence

Kunci Menjadi Seorang Pemimpin Yang Hebat

by: Theophilus Kevin (2001551340); Vindy Liu (2001568820)

Sebagai seorang pemimpin, kita harus mampu mengenal sisi luar maupun dalam dari diri kita. Kita harus mampu menghargai diri sendiri terlebih dahulu agar mampu menghargai orang lain. Tentu semua tidak terjadi dalam satu malam. Tetapi untuk menjadi seorang pemimpin yang baik membutuhkan proses dan kemauan. Pemimpin yang baik juga tidak memaksa anak buahnya untuk melakukan apa yang ia mau, melainkan ia mau mendukung karyawannya maju untuk mencapai tujuan bersama sehingga menjadi seorang yang lebih baik juga. Pemimpin yang baik tentu berbeda dengan bos. Secara garis besar memang pemimpin dengan bos memiliki kekuasaan yang sama. Tetapi yang membedakan adalah seorang Pemimpin dapat membantu serta mendorog anak buahnya untuk mencapai tujuan bersama dan mendukung anak buahnya untuk berhasil. Tetapi jika Boss, dia akan memaksakan anak buahnya untuk mencapai tujuan yang ia mau tanpa melihat cara dan tidak memperdulikan kendala yang dialami anak buahnya. Seorang boss juga melihat masalah hanya dari satu perspektif, sedangkan seorang pemimpin melihat suatu masalah dari beberapa perspektif.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang dapat memberikan perintah serta mendapat kepercayaan dan rasa hormat dari anak buahnya. Mungkin ada banyak cara yang harus dilakukan seorang pemimpin dalam mengenbangkan diri hingga mampu menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik tidak terlahir begitu saja. Tetapi melalui proses yang sangat mendalam hingga pada satu saat dia dapat menjadi pemimpin yang baik. Ada beberapa langkah yang dapat membuat pemimpin menjadi lebih baik. Dimulai dari:

  1. Bertukar pikiran dengan orang lain yang ingin Anda pengaruhi. Dengan melakukan tukar pikiran dengan orang yang ingin kita pengaruhi, maka orang tersebut lama kelamaan akan menjadi sejalan pemikirannya dengan kita. Pemimpin yang baik, tentu juga melihat dari yang orang lain lihat.
  2. Berpikir untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. Dalam konteks tersebut, kita tentu harus memiliki gaya kepemimpinan yang baik juga. Bukan memilih sebagai pemimpin yang diktator melainkan memilih sikap kepemimpinan yang mampu disegani banyak orang. Dengan gaya kepemimpinan yang berdemokrasi maka kita dapat melihat masalah dari banyak segi perspektif.
  3. Berorientasi kedepan, percaya pada proses untuk maju dan memaksa untuk maju. Pemimpin yang baik mampu berorientasi kedepan, serta melihat masalah sebagai hal yang tidak menahan kemajuan. Serta seorang pemimpin percaya pada proses keberhasilan setiap orang. Pemimpin yang baik mendukung dan mensupport anak buahnya untuk berhasil.
  4. Mengevaluasi diri dan mengintropeksi diri untuk memahami kekuatan berpikir kita. Setiap pemimpin yang baik dan hebat tentu telah meluangkan waktunya untuk mengintropeksi kemampuannya dan memahami dirinya dengan baik, sehingga ia mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam memimpin sebagai pemimpin maupun sebagai teman.

 

Diadaptasi dari “Super Leader from Earth,” by Dewi Indra P

 

Sumber : Indra,Dewi P. (2017). Super Leader From Earth. Jakarta: Anak Hebat Indonesia

 


Published at :
Written By
Theophilus Kevin (2001551340); Vindy Liu (2001568820)
Students of BINUS Business School - Undergraduate Program | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint
  1. saya setuju dengan artikel diatas, kunci menjadi seorang pemimpin yang hebat sangat membantu dan memotivasi saya dan orang lain untuk memulai menjadi pemimpin yang baik pada waktu yang akan datang.

  2. saya setuju dengan artikel diatas, karena membantu dan memotivasi saya untuk menjadi pemimpin di waktu yang akan datang.

  3. setelah saya membaca artikel yang ada di atas saya sangat setuju dengan apa yang ada di artikel tersebut. karena, dengan memimpn diri kita sendiri terlebih dahulu akan lebih memahami apa yang orang lain butuhkan, serta bisa menjadikan motivasi bagi orang lain untuk bisa menjadi lebih baik untuk mencapai tujuan yang di inginkan.

  4. langkah-langkah yang disebutkan diatas bisa kita lakukan agar bisa menjadi yang semakin hebat

  5. saya setuju dengan langkah langkah tersebut yg membuat pemimpin jadi lebih baik

  6. Memahami diri terlebih dahulu memang penting ,baru belajar untuk mau mengerti orang lain . Pemimpin yang baik harus mampu melakukan kedua hal tersebut agar ia tidak bimbang dalam mengambil keputusan .

  7. Memahami diri sendiri dan orang lain merupakan hal yang penting untuk diri kita sendiri dan orang lain serta perusahaan. Jika memahami diri sendiri maka kita akan tau seberapa batas yang kita sanggup dan ditambah jika memahami orang lain maka keputusan yang akan dibuat akan menjadi keputusan yang tepat karena sesuai dengan semua orang.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close