KEPEMIMPINAN DALAM OLAH RAGA MODERN

by: Bimo Wicaksono (2001607834); Faiz Akshana Ikshan (2001621271)

 

            Kepemimpinan di era sekarang ini tidak hanya terjadi di perusahaan atau organisasi, Banyak paradigma yang tercipta di masyarakat ketika mendengar kata “Pemimpin” pastilah orang yang sangat pintar dan bijaksana, memiliki gelar yang banyak dan sebagainya. Kata-kata tadi tidaklah salah, tetapi perlu dibenarkan sedikit mindset-nya bahwa pemimpin bukanlah selalu orang yang memiliki banyak gelar, tetapi selama dia bisa bijaksana dan bersikap adil serta bisa membawa anggotanya menuju tujuan yang memang sudah ditetapkan dari awal pastinya cocok untuk menjadi seorang pemimpin.

            Di bidang olah raga sendiri perlu adanya kehadiran pemimpin. Pemimpin di sini berfungsi untuk membawa teman-temannya menuju goal yang sudah ditentukan, yaitu kemenangan. Selain itu pemimpin juga mempunyai kewajiban untuk menjaga mental teman-temannya agar tidak jatuh dan tidak bersemangat lagi. Olah raga pun di zaman seperti sekarang sudah beragam, banyak cabang olah raga baru yang sudah diakui oleh pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah E-Sport atau olah raga elektronik. Biasanya masyarakat lebih familiar dengan kata game online. Game online saat ini bukan hanya menjadi alat untuk bersenang-senang, tetapi bisa juga menghasilkan uang. Kehadiran pemimpin di game online juga sangat diperlukan bila ingin mencapai kemenangan.

              Tipe pemimpin dalam pertandingan game online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tipe pemimpin yang terjadi di cabang olah raga lain. Pemimpin juga tetap akan membawa rekan timnya menuju goal mereka yaitu memenangkan pertandingan. Menjadi seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab yang besar. Bagaimana tidak? Tanggung jawab yang dimilikinya mencakup keseluruhan 1 tim, jika pemimpinnya rusak, pasti tim tersebut akan rusak.

              Jenderal perang asal China pernah membuat sebuah kalimat yang cocok untuk menggambarkan hal tersebut, Sun Tzu bilang “Jika sebuah tentara sebuah Negara tidak baik, maka Negara tersebut akan menjadi tidak baik pula” hal ini di maksudkan oleh Sun Tzu bahwa tentara merupakan garis depan pertahanan yang dimiliki oleh sebuah Negara. Jadi, jika tentara itu tidak baik atau tidak terlatih dengan benar, maka Negara tersebut akan hancur diserang Negara lain.

              Sama seperti pemimpin dalam sebuah tim, pemimpin merupakan garis depan dalam sebuah tim. Pemimpin mencakup semua aspek yang ada di dalam tim, termasuk menjaga mental tim agar tim tersebut mau terus berjuang demi mencapai kemenangan. Jika pemimpinnya saja tidak mau atau tidak bisa membawa amanah tersebut, pastilah rusak timnya.        

               Kesimpulan yang dapat diambil adalah pemimpin yang baik bukan hanya seseorang yang memiliki gelar banyak atau pengalaman banyak, tetapi pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu bersikap bijaksana dan mampu merangkul anggotanya dalam keadaan nyaman dan membuat mereka bersemangat dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sejak awal tim tersebut terbentuk.

 

Sumber :

·         Giles, L. (1772). The Art of War: Sun Tzu. China. Jakarta: Gramedia.

Bimo Wicaksono (2001607834); Faiz Akshana Ikshan (2001621271)
  1. didalam olahraga kita juga memerlukan seorang pemimpin untuk menyemangati dan membimbing kita untuk menuju kemenangan, peran pemimpin dalam cabang ini juga sangat lah besar dan penting.

  2. pemimpin bukanlah hanya ada dilingkungan bisnis atau perusahaan. tetapi ada juga didalam olahraga. pemimpin dalam bidang olahraga juga sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan sekelompok/grup pemain. pemimpin olahraga berfungsi untuk memberikan arahan untuk mencapai tujuan/goal yang sama. contohnya: coach dalam grup basket atau sepakbola

  3. saya setuju bahwa “pemimpin yang baik bukan hanya seseorang yang memiliki gelar banyak atau pengalaman banyak, tetapi pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu bersikap bijaksana dan mampu merangkul anggotanya dalam keadaan nyaman dan membuat mereka bersemangat dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sejak awal tim tersebut terbentuk.

  4. saya setuju dengan kesimpulan diatas karena pemimpin yg baik bukan hanya yg memiliki gelar ataupun turunan dari keluarga yg sudah menjadi pemimpin

  5. Pemimpin memang harus bersama-sama membawa anggota nya untuk menang bersama . Bisa saja suatu kelompok kalah karena anggota yang tidak kompeten ,namun sudah tugas pemimpin untuk membuat orang tersebut menjadi lebih “kompeten” . Jika anggota tersebut sudah dititik terbaik mereka ,bukankah peminpin yang menjadi kunci kesuksesan kelompok tersebut ? Untuk itu ,pemimpin harus mampu membawa anggota nya untuk menang ,bersama-sama .

  6. saya setuju bahwa pemimpin yang baik tidak diukur berdasarkan memiliki gelar banyak atau pengalaman banyak, tetapi pemimpin yang baik itu adalah mereka yang mampu bersikap bijak dan mampu merangkul semua anggotanya agar semua anggotanya merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut dan dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik dantepat.

  7. saya setuju dengan artikel di atas pemimpin tidak hanya berada di perusahaan maupun memiliki gelar tinggi melainkan orang yang bijak sana saja bisa menjadi seorang pemimpin