Kenaikan Suku Bunga Acuan Langkah Tepat Bikin Rupiah Menguat

Bank Indonesia (BI) memutuskan kembali menaikkan tingkat suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis points (bps) dari 4,5% menjadi 4,75%. Hal ini diputuskan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan tambahan. Menanggapi hal itu, Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai bahwa kenaikan suku bunga ini akan kembali menguatkan rupiah dalam jangka pendek. Menurutnya kebijakan tersebut merupakan langkah yang tepat dalam menstabilkan rupiah. Karena bunga acuan yang naik akan direspons dengan kenaikan harga instrumen keuangan. Ini terlihat dari turunnya yield SBN tenor 10 tahun dari 7,75% ke 7,43%. Turunnya yield mengindikasikan harga SBN cenderung naik,” paparnya.
Sementara Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, selain kenaikan suku bunga BI 7-Day Repo Rate, bank sentral juga memutuskan menaikkan suku bunga deposit facility dan lending facility sebesar 25 bps. Keputusan ini berlaku efektif pada 31 Mei 2018.
Menurutnya, BI meyakini kondisi ekonomi Indonesia secara keseluruhan cukup baik dan kuat. Sementara, tekanan lebih datang dari faktor eksternal, khususnya tren kenaikan tingkat suku bunga AS, dan meningkatnya ketidakpastian global.

Sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/1310763/33/kenaikan-suku-bunga-acuan-langkah-tepat-bikin-rupiah-menguat-1527843377

Rumondang Puji Nur Suci, S.E., M.Sc.