JADILAH SEORANG PENDENGAR YANG BAIK UNTUK MENJADI PEMIMPIN YANG EFEKTIF

Compiled by: Shania Anggia Maria (2001608862), Zoya Jeisa (2001565762), Cut Safira Nafitry (2001594182)

Manfaat positif menjadi pendengar yang baik jauh lebih berharga daripada kita sering mengenali. Berikut adalah beberapa ide tentang dampak dari mendengar dengan baik berkaitan dengan kepemimpinan:

  1. Memahami orang mendahului memimpin mereka. Kepemimpinan menemukan sumber dalam pemahaman. Untuk menjadi layak menerima tanggung jawab kepemimpinan, seseorang harus memiliki wawasan ke dalam hati manusia.
  2. Mendengarkan adalah cara terbaik untuk belajar. Bukan kebetulan bahwa kita memiliki satu mulut dan dua telinga. Ketika kita gagal untuk mendengarkan, kita mematikan banyak potensi pembelajaran kita.
  3. Mendengarkan dapat mencegah meningkatnya masalah.  Para pemimpin yang baik memperhatikan masalah kecil. Mereka memberikan perhatian untuk intuisi mereka. Mereka juga memperhatikan apa yang tidak dikatakan. Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, Anda perlu untuk membiarkan orang lain yang memberitahu Anda apa yang Anda butuhkan untuk mendengar, tidak selalu apa yang ingin Anda dengar.
  4. Mendengarkan memungkinkan kepercayaan. David Burns, seorang dokter dan profesor psikiatri, menunjukkan: “Apa yang paling diinginkan oleh kebanyakan orang adalah untuk didengarkan, dihormati dan dipahami. Saat orang-orang melihat bahwa mereka dipahami, mereka menjadi lebih termotivasi untuk memahami sudut pandang Anda.
  5. Mendengarkan dapat meningkatkan kinerja organisasi. Intinya adalah bahwa ketika pemimpin mendengarkan, organisasi menjadi lebih baik. Tidak ada yang bisa pergi ke tingkat tertinggi dan membawa organisasi mereka tanpa menjadi pendengar yang baik.

 

Diadaptasi dari Leadership Gold: Lessons I’ve Learned from a Lifetime of Leading” by John C Maxwell “

 

 

 

 

 

Sumber : Maxwell, J. C. (2008). Leadership Gold: Lessons I’ve Learned from a Lifetime of Leading. From: https://vuthedudotorg.files.wordpress.com/2015/04/leadership-gold.pdfRetrieved on May 31, 2018.

Shania Anggia Maria (2001608862), Zoya Jeisa (2001565762), Cut Safira Nafitry (2001594182)
  1. menjadi seorang pemimpin, haruslah dapat belajar menjadi pendengar yang baik pula untuk bawahannya, dari mendengarkan tersebut, kita dapat belajar pula agar lebih efektif dalam memimpin, saya setuju dengan artikel diatas.

  2. setelah membaca artikel diatas saya setuju bahwa jika ingin menjadi pemimpin yang baik dan efetif memang diperlukan menjadi pendengar yang baik untuk bisa menjadi panutan bagi bawahannya.

  3. Mendengarkan adalah cara terbaik untuk belajar, dengan menjadi pendengar yang baik kita bisa membangun hubungan yang baik .

  4. saya setuju dengan artikel diatas karena pemimpin yg baik juga harus mampu mendengarkan karyawan nya dengan baik agar suatu permasalahan yg terjadi di sebuah perusahaan dapat diselesaikan dengan benar

  5. Mendengarkan memang menjadi kunci dalam berkomunikasi . Agar organisasi dapat berjalan dengan baik ,komunikasi yang baik harus diutamakan . Mendengarkan satu sama lain akan sangat membantu hal tersebut . Jika pemimpin mau menampung “cerita” dari tiap bawahan nya ,pemimpin akan dianggap sangat menghargai orang-orang yang bekerja dengan nya .

  6. sebagai pemimpin yang baik pasti harus tau apa yang dipikirkan anggota perusahaannya. makanya sering diadakan yang namanya diskusi/rapat/meeting perusahaan. dari sini semua anggota perusahaan dapat memberikan pendapatnya kepada pemimpin perusahaan dan pemimpin perusahaan akan mensaring semua pendapat atau tanggapan yang telah didiskusikan selanjutnya pemimpin yang akan menentukan keputusan yg terbaik.

  7. Sebagai pemimpin yang baik, kita harus mendengarkan pendapat orang lain, karena dengan mendengarkan pendapat-pendapat tersebut akan menambah masukan dan bukan tidak mungkin bahwa masukan atau pendapat tersebut lebih baik dari apa yang kita pikirkan sebelumnya, oleh itu maka diadakannya meeting perushaan.

  8. saya setuju dengan artikel di atas karena pemimpin itu harus menjadi good listener bagi para bawahanya juga harus bisa mnampung pendapat bawahannya tersebut guna untuk malancarkan pekerjaan dan juga berdampak pada perusahaan tsb