Memahami diri sendiri dalam memimpin

by: Tiara Nabilah (2001598634); Camelia ( 2001625093)

Memahami diri sendiri merupakan hal yang penting untuk seorang pemimpin sebagai penentu keberhasilan suatu pimpinan. Untuk itu setiap pemimpin harus memahami apa saja yang dimiliki oleh dirinya baik kelebihan maupun kekurangannya sendiri. Setiap kelebihan yang dimilikinya mampu memberikan kemajuan didalam setiap perusahaan dan kekurangan yang dimilikinya menjadi bahan intropeksi untuk kedepannya sehingga seorang pemimpin dapat terus memperbaiki sikap dan perilakunya.

Ketika seorang pemimpin sudah memahami diri sendiri dapat menjadikan contoh bagi setiap bawahannya. Dengan memahami kepribadian diri sendiri maka akan memahami cara berkomunikasi, cara mengelola konflik dan memotivasi orang lain.

 

Di adaptasi dari Buku:

Dewi Indra P. (2017). “Super Leader From Earth” , Jakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia

Tiara Nabilah (2001598634); Camelia ( 2001625093)
  1. sebelum memahami serta menghakimi kepribadian orang lain, kita harus bisa memahami kepribadian diri kita sendiri sehingga kita akan dapat memahami bagaimana cara berkomunikasi, cara mengelola konflik dan memotivasi orang lain.

  2. Memahami diri sendiri penting bagi seorang pemimpin untuk dapat mengembangkan diri. Mengetahui kekurangan dan kelebihan agar dapat belajar bahwa setiap orang tidak sempurna dan dapat terus belajar dari kesalahan. Seorang pemimpin akan dapat memahami diri jika ia juga mau mendengarkan kritik dari orang lain.

  3. karena sebelum memimpin banyak orang kita haruslah dapat memahi diri sendiri terlebih dahulu, jika kita dapat memahami diri sedniri dengan baik, maka kita akan dapat memipin perusahaan dengan baik pula.

  4. Tentu sebagai pemimpin harus dapat memahami diri sendiri sebelum memahami permasalahan yang ada dan memahami kebutuhan orang lain. Disaat kita sebagai pemimpin yang baik maka kita dapat menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan perusahaan dengan baik

  5. saya setuju dengan artikel diatas pemimpin mampu memberikan kemajuan didalam setiap perusahaan dan kekurangan yang dimilikinya menjadi bahan intropeksi untuk kedepannya sehingga seorang pemimpin dapat terus memperbaiki sikap dan perilakunya.

  6. saya setuju dengan kalimat Ketika seorang pemimpin sudah memahami diri sendiri dapat menjadikan contoh bagi setiap bawahannya. karena seorang pemimpin merupakan pedoman bagi bawahannya

  7. Mengerti diri sendiri menjadi poin utama sebelum mengerti orang lain . Memahami diri terlebih dahulu ,barulah mencoba untuk memahami orang lain .

  8. dalam meminpin setiap orang memiliki gaya nya masing2 tidak bisa di samakan oleh setiap orang oleh karena itu kita harus bisa menguasai diri sendiri seperti di tulis pada artikel tersebut

  9. Selain memahami diri sendiri, seorang pemimpin harus mendengarkan masukan masukan dari orang disekitarnya. Orang terdekat dari kita pasti akan membantu kita untuk mengoreksi kekurangan kita. Jadi sebagai pemimpin, kita harus menerima kritikan kritikan dari orang lain.