People Innovation Excellence

Jika Anda Ingin Lebih Sadar, Berlatihlah

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Penelitian menunjukkan bahwa perhatian penuh memiliki segala macam manfaat. Namun kebanyakan dari kita berjuang untuk menemukan waktu untuk melakukan latihan mindfulness apapun. Lewati rintangan dengan menjalankan eksperimen. Berkomitmen untuk berlatih 10 menit latihan mindfulness setiap hari selama empat minggu. Anda dapat mendengarkan meditasi terpandu atau menggunakan aplikasi untuk membantu Anda. Selama empat minggu, cobalah untuk mempertahankan fokus Anda pada satu tugas sekaligus dan perhatikan saat Anda menemukan pikiran Anda melayang – pertanda bahwa otak Anda ingin melakukan multitask. Bila ini terjadi, matikan semua tugas yang berlebihan dengan pikiran Anda secara perlahan, sambil tetap fokus pada tugas yang ada. Multitasking membuat pikiran Anda tetap penuh, sibuk, dan di bawah tekanan – kebalikan dari apa yang Anda inginkan. Dan pastikan untuk menghindari gangguan pengecekan inbox Anda terlebih dahulu di pagi hari. Jika Anda membaca email Anda segera setelah Anda bangun, pikiran Anda akan teralihkan, dan Anda akan mulai meluncur untuk bersikap reaktif. Jadwalkan check-in dengan diri Anda sendiri setelah dua minggu untuk menilai bagaimana eksperimen berjalan.

 

Diadaptasi dari “Spending 10 Minutes a Day on Mindfulness Subtly Changes the Way You React to Everything,” by Rasmus Hougaard, Jacqueline Carter, and Gitte Dybkjaer

 

Sumber: Hougaard, R., Carter, J., and Dybkjaer, G. (2017). Spending 10 Minutes a Day on Mindfulness Subtly Changes the Way You React to Everything. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2017/01/spending-10-minutes-a-day-on-mindfulness-subtly-changes-the-way-you-react-to-everything?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=17133974&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1020097256&spReportId=MTAyMDA5NzI1NgS2.   Retrieved on May 02, 2017.

 


Published at :
Leave Your Footprint
  1. Dalam sebagian besar pekerjaan apalagi dengan posisi yang tinggi, pasti salah satu syarat kerja perusahaan ialah memiliki pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan. Karena perusahaan pasti mencari yang sudah matang ilmunya. Dengan banyaknya pengalaman, karyawan tidak kaget dengan tekanan atau rintangan kerja di kemudian hari sehingga tidak terciptanya masalah.

  2. Melatih merupakan bagian dari mengembangkan. Jika seseorang ingin terus berkembang maka mereka harus berlatih seperti apa yang artikel ini bahas.

  3. Dengan terus berlatih dalam membangun soft and hard skill sesuai bidang yang kita sukai, pastinya akan membuat kita semakin matang dengan pengalaman yang kita miliki ataupun pengalaman orang lain yang telah diberikan kepada kita.

  4. kesabaran merupakan kunci dari kesuksesan.
    jika ingin lebih berkembang kita bisa melakukan dengan cara yang ada di atas. segala sesuatu tidak terjadi secara cepat karena butuh proses.

  5. Latihan sangat diperlukan jika kita ingin sukses. Cobalah fokus jika mengerjakan sesuatu sehingga hasilnya dapat maksimal, dapat dikerjakan secara efektif dan efisien. Jika kita tidak berlatih, kita tidak dapat berkembang dan mengetahui kelemahan maupun kesalahan yang kita alami.

  6. Beberapa hal tentu sulit dilakukan jika tidak dilatih . Memikiki banyak pekerjaan yang harus dilakukan setelah bangun tidur memang terkadang akan membuat kita merasa lelah sebelum bertugas . Untuk itu ,kita harus berpikir tenang untuk beberapa waktu . Lalu ,satu persatu pikirkan mana yang harus kita kerjakan terlebih dahulu .

  7. Pelatihan memang penting untuk mengembangkan kemampuan seseorang dan produktivitas seseorang. Terkadang kita harus membiasakan diri kita terlatih dengan begitu diri kita akan bisa berproduktivitas dengan baik. Fokus memang menjadi kunci utama untuk mencapai sebuah harapan akan tujuan yang ingin kita tempuh. Jadi memang berlatih penting untuk mengembangkan kemampuan yang kita miliki.

  8. “practice make perfect”
    anda harus berlatih berulang kali bukan agar anda bisa meyelesaikan sebuah masalah, melainkan anda harus erlatih sampai anda tidak membuat sebuah kesalahan lagi. sudah bnyk orang” terkenal yang jatuh berkali kali tapi mreka tetap bangkit dan berlatih mengulang ulang lagi sampai mreka sukses dan tidak mengulang kesalahanya.

  9. melepas penat dengan pendapat di atas sangatlah baik untuk dicontoh, tapi menurut saya apabila kita dalam kondisi yang terlalu banyak pikiran tentang pekerjaan, lebih baik kita relax ambil waktu sejenak dengan melakukan hal-hal yang biasa kita lakukan, mungkin seperti main sesuai hobi kita. tapi, apabila kegiatan itu tidak bisa kita jalankan karena terlalu banyak pekerjaan, kita bisa relax juga dengan duduk santai dan meminum teh, dan coba memikirkan secara perlahan apa hal yang harus kita lakukan.

  10. mempertahankan fokus sangat penting untuk kita. karena jika kita kehilangan fokus kita akan sangat susah bagi kita untuk mengerjakan sesuatu dengan maksimal. oleh karena itu dibutuhkan latihan untuk mempertahankan fokus kita. ada banyak cara seperti yang tekah dijelaskan pada artikel ini. untuk latihan juga diperlukan adanya komitmen dan usaha agar kita bisa stabil dalam mengatur fokus kita

  11. Dengan melakukan sesuatu dengan multitasking dapat meningkatkan efisiensi kinerja kita. fokus adalah kunci utama. dalam mengerjakan tugas secara secara bersamaan berarti kita membagi fokus kita terhadap berbagai cabang. untuk melatih fokus itu sendiri dapat dilakukan seperti meditasi yang melalui proses sepeerti yang dipaparkan diatas.

  12. kesadaran membuat pekerjaan yang kita kerjakan menjadi lebih mudah. bagaimana kita dapat menyelesaikan pekerjaan apabila kita tidak sadar? namun kesadaran itu perlu dilatih dan tidak muncul dengan sendirinya

  13. Berlatih memang sangat dibutuhkan karena disaat kita sempatkan diri kita berlatih maka kita akan menjadi orang yang terlatih dan berkompeten.

  14. Untuk menjadi lebih profesional tidak dapat dengan begitunya. Tentu membutuhkan fase pelatihan. dengan melatih diri terus menerus maka kita akan semakin terbiasa dan menjadi suatu kemampuan pribadi yang dapat memberikan dampak yang lebih baik lagi kedepannya

  15. Multitasking bisa dilakukan selama seseorang masih kuat untuk melakukan beberapa kegiatan secara bersamaan. Tapi kalau ia sudah merasa kesulitan melakukan beberapa kegiatan secara bersamaan, itu bisa membuatnya tidak fokus dan menjadi stres. Oleh karena itu, dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan kita harus tau memilah waktu agar kita dapat menyelesaikannya dengan efektif dan efisien.

  16. Saya sangat setuju dengan artikel ini karena , Melatih merupakan bagian dari mengembangkan. Jika seseorang ingin terus berkembang maka mereka harus berlatih seperti apa yang artikel ini bahas.

  17. merlin claudya – 2001560036
    kelas: LA21
    dengan melakukan pelatihan terus menerus sesuai dengan artkel ini akan membantu seseorang mengembangkan skill nya .

  18. Pelatihan karyawan berhubungan erat terhadap hasil pekerjaan karyawan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah penilaian untuk mengukur kinerja karyawan . Pelatihan karyawan dilakukan dengan tujuan agar para karyawan memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mereka lakukan.Seseorang karyawan yang telah diberikan pelatihan karyawan yang tepat akan memiliki keterampilan yang lebih baik.

  19. setiap melakukan sesuatu agar mahir dalam melakukan nya tentu kita harus berlatih dengan giat karena agar lebih berkembang lagi, karena berlatih langkah awal untuk berkembang seperti bermain sepak bola jika ingin jago maka kita haru berlatih terus menerus agar skill yang kita miliki berkembang

  20. Mindfulness adalah memusatkan perhatian sedemikian rupa, menghayati apa yang sedang Anda lakukan, tanpa melakukan penilaian,” kata psikolog dan penulis Rewire Your Brain For Love, Marsha Lucas, Ph.D, dikutip Psych Central.

    Seperti yang saya kutip bahwasannya kita harus melatih mindfulness kita agar kita dapat menghindari rasa cemas atau stress dalam bekerja. Latihlah selama 10 menit setiap harinya.

  21. Multitasking terkadang membuat kita stres sendiri. Cobalah atur tugas mana yang lebih diprioritaskan. Apabila kita memaksakan diri untuk mengerjakan semuanya, hasilnya pun kurang maksimal. Lebih baik menyelesaikannya satu-satu tetapi hasilnya akan maksimal dan kita juga menjadi fokus. Tetapi perhitungkan waktu penyelesaiannya.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close